Powered by Blogger.

Popular Posts Today

Dino: 6 Tahun di Kantor Presiden, Saya Tahu Banyak soal Kekuasaan

Written By Unknown on Saturday, August 24, 2013 | 4:39 PM






JAKARTA, KOMPAS.com — Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal mengaku tak mengincar kekuasaan ketika memutuskan ikut konvensi calon presiden Partai Demokrat. Dino mengaku selama enam tahun bekerja di kantor Presiden, dirinya sangat paham soal kekuasaan.

"Saya itu tidak berambisi mengejar kekuasaan. Saya enam tahun di kantor Presiden. Saya tahu sekali protokoler, fasilitas, gaji, dan kesibukannya. Jadi saya tahu apa itu kekuasaan, saya tidak silau akan kekuasaan," ujar Dino seusai menjalani sesi pra-konvensi di Wisma Kodel, Sabtu (24/8/2013).

Dino memastikan dia tidak silau pada kekuasaan. Menurutnya, ia hanya ingin membangun kekuatan bukan mengejar kekuasaan saat memutuskan ikut dalam konvensi capres Partai Demokrat.

"Kalau itu membuat saya dipercaya jadi capres dan presiden RI 2014. Kalau itu sudah menjadi suratan, maka kami akan terima. Kalau itu tidak terjadi, saya tetap puas karena misi saya membangun kekuatan," imbuh mantan juru bicara kepresidenan bidang luar negeri ini.

Dino mengatakan bahwa saat ini pun dia belum membentuk tim sukses. Tim sukses, lanjutnya, baru akan disiapkan setelah namanya masuk sebagai peserta konvensi.

Nama Dino mencuat dalam bursa konvensi calon presiden Partai Demokrat saat disebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sebuah pertemuan dengan pemimpin redaksi beberapa waktu lalu. Saat itu, SBY mengungkapkan bahwa Dino diajukan sebagai salah satu peserta konvensi.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf juga mengakui nama Dino didukung oleh kalangan komunitas duta besar Indonesia di seluruh dunia untuk maju dalam konvensi capres partainya.

Terkait perkembangan persiapan konvensi, Komite Konvensi Partai Demokrat telah mendapatkan 18 nama kandidat peserta konvensi. Namun, pihak Komite belum mengungkapkan nama-nama tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, di antara 18 nama tersebut adalah mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla, mantan wakil gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, Bupati Kutai Timur Isran Noor, Ketua DPR Marzuki Alie, dan CEO Lion Air Rusdi Kirana.

Ada pula nama Wakil Ketua DPD GKR Hemas. Menurut informasi yang sama, Hemas merupakan salah satu nama yang perlu direkonfirmasi kesediaannya.




Editor : Kistyarini


















4:39 PM | 0 komentar | Read More

TNI AD Akan Investigasi Jatuhnya Pintu Helikopter MI 17






JAKARTA, KOMPAS.com —
Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengatakan akan melakukan investigasi terkait jatuhnya pintu helikopter MI 17 milik pihak TNI AD. Hal ini untuk mengetahui penyebab pasti dari insiden yang terjadi pada Sabtu (24/8/2013) sekitar pukul 07.00 WIB itu di Penjaringan, Jakarta Utara itu.

"Dari TNI AD untuk itu, tentunya dari Pusat Penerbangan TNI AD (Angkatan Darat) akan melakukan investigasi pintu (helikopter) itu. Kenapa bisa copot dan bisa terjatuh," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI, Mayor Jenderal TNI Iskandar Sitompul, Sabtu siang.

Menurutnya, terdapat sekitar empat sampai lima prajurit di dalam helikopter itu saat insiden tersebut terjadi. Helikopter buatan Rusia itu sendiri tengah dipakai untuk melakukan latihan rutin biasa di kawasan tersebut ketika pintunya copot dan jatuh menimpa atap rumah warga.

"Kami harus menyadari, pasti ada kendala sampai terjadinya itu (pintu terjatuh)," ujar Iskandar.

Pintu helikopter itu sudah diamankan pihak Komando Rayon Militer (Koramil) Penjaringan, Jakarta Utara. TNI sudah melakukan pembicaraan dengan pemilik rumah dan kendaraan yang tertimpa pintu helikopter tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.




Editor : Egidius Patnistik
















4:24 PM | 0 komentar | Read More

Jorge Lorenzo Pimpin Sesi Latihan Bebas Pertama GP Ceko

Written By Unknown on Friday, August 23, 2013 | 4:48 PM





BRNO, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo mencatat waktu tercepat pada sesi latihan pertama di GP Ceko, Jumat (23/8/2013). Persaingan sesi ini sejak awal dikuasai lima pebalap, yakni Lorenzo, Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, Marc Marquez, dan Valentino Rossi.

Lorenzo memimpin di putaran awal, dan terus mempertajam waktunya di beberapa putaran berikutnya. Pada putaran ke-15 atau terakhirnya, pebalap Yamaha ini mencatat waktu 1 menit 56,698 detik.

Pedrosa mencatat waktu 1 menit 57,041 detik pada putaran kesembilan dan tak terlewati hingga akhir sesi, yang mengantarnya ke posisi dua pencatat waktu tercepat.

Crutchlow menyusul di posisi tiga berkat catatan waktu 1 menit 57,058 detik yang didapat setelah melakukan putaran ke-14.

Marquez yang tampil luar biasa di GP Indianapolis, pekan lalu, kali ini hanya bisa bertahan di posisi empat dengan catatan waktu 1 menit 57,120 detik. Rossi menyusul di urutan lima dengan 1 menit 57,243 detik.

Sesi latihan bebas dua akan digelar malam nanti, mulai pukul 19.05 WIB.

Hasil Sesi Latihan Pertama:
1. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 1m 56.698s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 57.041s
3. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 57.058s
4. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 57.120s
5. Valentino Rossi ITA Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 1m 57.243s
6. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 1m 57.610s
7. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 1m 57.694s
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP13) 1m 57.930s
9. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 57.947s
10. Nicky Hayden USA Ducati Team (GP13) 1m 58.030s
11. Andrea Iannone ITA Energy T.I. Pramac Racing (GP13) 1m 58.725s
12. Michele Pirro ITA Ignite Pramac Racing (GP13) 1m 59.019s
13. Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar (ART CRT) 1m 59.092s
14. Hiroshi Aoyama JPN Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)* 1m 59.178s
15. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)* 1m 59.416s
16. Hector Barbera ESP Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)* 1m 59.531s
17. Claudio Corti ITA NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)* 2m 0.293s
18. Yonny Hernandez COL Paul Bird Motorsport (ART CRT) 2m 0.307s
19. Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)* 2m 0.316s
20. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (ART CRT) 2m 1.213s
21. Randy De Puniet FRA Power Electronics Aspar (ART CRT) 2m 1.331s
22. Martin Bauer AUT Remus Racing Team (S&B Suter-BMW CRT) 2m 1.441s
23. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART CRT)* 2m 1.489s
24. Bryan Staring AUS Go&Fun Honda Gresini (FTR-Honda CRT) 2m 2.112s
25. Lukas Pesek CZE Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)* 2m 4.091s
* Standard ECU.

Official Brno MotoGP records:
Best lap: 
Jorge Lorenzo ESP Yamaha1m 55.799s (2012)
Fastest race lap:
Jorge Lorenzo ESP Yamaha1m 56.274s (2012)




Editor : Pipit Puspita Rini















4:48 PM | 0 komentar | Read More

5 Cerita Unik Vokalis Metallica


Jakarta - Penggila musik cadas tentunya tidak asing dengan nama James Hetfield. Ya, dia pentolan dan vokalis Metallica dengan trademark teriakannya "Yeah!" James adalah sedikit dari musisi rock yang punya kepribadian yang baik. Dikomunitas musik cadas dunia, ia menjadi sosok panutan.


Berikut ada catatan menarik tentang James yang merayakan ulang tahunnya ke 50, 19 hari lalu.


1. Alat musik pertama yang dikuasainya adalah piano.
Meskipun ia dikenal sebagai gitaris jempolan, namun alat musik yang dikuasai pertama kalinya adalah piano sejak umur sembilan tahun. Kemudian drum, dan akhirnya gitar pada usia 15 tahun.


2. "The God that Failed" lagu yang dipersembahkan James untuk ibunya.
10 lagu dalam album "The God That Failed" adalah hasil permenungan mendalam James tentang keadaan ibunya yang menderita kanker. Ibunya menolak pengobatan medis dan lebih menikmati sakitnya itu sebagai pepulih bagi orang lain. Situasi tersebut yang James tulis dalam sair lagu "The God That Failed".


3. James punya mobil modifikasi untuk segala macam bencana.
Salah satu hobi James adalah membeli mobil tua dan memodifikasinya. Salah satunya modifikasinya ia namakan The Beast, sebuah mobil Blazer dengan empat roda penggerak yang didesain untuk mengatasi bencana gempa bumi hingga bencana nuklir.


4. James tidak suka syair berbau politik.
Banyak musisi rock yang mengungkapkan pendapatnya soal politik atau kritik terhadap pemerintah dalam syair lagunya. Namun buat James, hal itu tidak berlaku. "Banyak selebiritis yang mengungkapkan pendapatnya soal politik dalam lagunya, dan banyak orang lebih mempercayainya karena dia seorang yang terkenal, tapi buat saya itu tidak berlaku," katanya.


5. James sukses menjual mobilnya di eBay untuk amal
Tahun 2003, sekelompk fans Metallica membelikan James sebuah mobil Chevy Camaro keluaran 1967. Kemudian ia menjualnya lagi di situs eBay dimana uangnya disumbangkan untuk sebuah sekolah musik dekat rumahnya.


4:47 PM | 0 komentar | Read More

Kapolri Ingatkan Agar Konvoi Ultah FPI Tak Ganggu Masyarakat






JAKARTA, KOMPAS.com
- Kepala Kepolisian RI Jenderal (Pol) Timur Pradopo mengatakan pihaknya sudah menerima laporan rencana pelaksanaan konvoi ulang tahun Front Pembela Islam (FPI) pada hari Minggu (25/8/2013). Timur meminta agar pelaksanaan kegiatan akbar itu tidak sampai menganggu kepentingan masyarakat.

"Supaya itu tidak menganggu dan berakibat misalnya kemacetan, dan sebagainya, saya kira itu," kata Timur ditemui sebelum rapat paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/8/2013).

Timur mengaku optimistis bahwa kegiatan ini akan berjalan sesuai dengan harapan. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, menurut Timur, Kepolisian telah menyiapkan pengamanan.

"Pasti setiap kegiatan masyarakat ada pengamanan," kata Timur.

Pihak kepolisian, lanjutnya, akan menurunkan personel keamanan yang jumlahnya disesuaikan dengan kegiatan tersebut.

"Saya kira (personel) Mabes juga ada, Polda juga ada, Polres juga ada," ujar Timur.

Sebelumnya diperkirakan, ribuan orang akan turun ke jalan untuk meramaikan Milad FPI pada Minggu nanti. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporan akan adanya konvoi ribuan anggota organisasi pimpinan Habib Rizieq Syihab itu.

Menurut Rikwanto, kegiatan ini akan diselenggarakan di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Acara akan berlangsung mulai pukul 04.45 pagi, diawali dengan salat subuh berjamaah serta zikir dan munajat bersama. Selain itu, rombongan berencana konvoi atau pawai kendaraan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Rute pawai atau konvoi milad ini di mulai dari Jalan Petamburan III - Jalan Ks Tubun - Slipi - Jalan Gatot Soebroto - Jalan MT Haryono - Jalan Otista - Jalan Matraman - Senen - Jalan Gunung Sahari - Mangga Besar - Hayam Wuruk - Harmoni - Duta Merlin - Rumah Sakit Tarakan - Tomang - S. Parman - Slipi dan kembali ke Petamburan III.




Editor : Caroline Damanik
















4:40 PM | 0 komentar | Read More

Tahun Ini Empat Rusun Senilai Rp 235 Miliar Dibangun di DKI




Warga Pisangan, Cakung, menghabiskan waktu senggang di tempat penampungan air di Rusun Jalan Komarudin, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (21/8/2013). Kondisi tata air di komplek ini kurang bagus, dan sering meluap. | ESTU SURYOWATI








JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perumahan dan Bangunan DKI Jakarta Yonathan Pasodung mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI akan membangun empat rumah susun pada tahun ini. Keempat rusun itu akan menghabiskan total anggaran sebesar Rp 235 miliar.


Kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2013), Yonathan menjelaskan, empat rusun itu meliputi dua blok di Jatinegara Kaum, dua blok di Cipinang Besar Selatan, dua blok di Pulogebang (Jakarta Timur), dan empat blok di Tambora, Jakarta Barat. "Semuanya masih dalam tahap lelang. Mudah-mudahan September 2013 ini dimulai dan semua selesai tahun 2014 mendatang," ujar Yonathan.


Yonathan melanjutkan, empat rusun tersebut memiliki jumlah hunian yang berbeda-beda. jika ditotal, menampung sekitar 1.150 KK (kepala keluarga). Rencananya, rusun tersebut telah diperuntukan bagi warga yang terkena relokasi.


"Rata-rata, luas hunian empat rusun ini berbeda dengan rusun yang lama. Kalau yang lama kan 24 meter persegi, kalau sekarang lebih manusiawi. Kita bangun 30 meter persegi," kata Yonathan.


Yonathan menampik ada kesan "membuang" warga yang notabene tingkat ekonomi menengah ke bawah ke dalam rusun. Menurutnya, lokasi yang dibangun rusun telah memiliki infrastruktur berupa jalan, akses kesehatan, serta fasilitas publik lain yang sudah cukup memadai.


"Rusun di Rawa Bebek, depannya kan sudah KBT (kanal banjir timur). Yang Daan Mogot itu kan belakang sedikit dekat stasiun, itu memang sudah dipersiapkan oleh kita," kata Yonathan.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















4:24 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Thursday, August 22, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

\"Vertical Running\", Lari hingga Puncak Menara





JAKARTA, KOMPAS.comVertical running adalah olahraga lari yang makin populer beberapa tahun belakangan. Olahraga ini menantang para peserta untuk berlari ke atas gedung atau menara tinggi melalui anak tangga sebagai medan lari.


Olahraga ini jelas memiliki kesulitan lebih tinggi dibanding lari pada umumnya. Dengan berlari melalui anak tangga, beban pada kaki akan menjadi dua kali lebih berat. Selain itu, risiko kekurangan oksigen sangat besar karena oksigen dalam gedung terbatas.


Vertical running cukup sukses diselenggarakan di beberapa benua, seperti Asia, Amerika, dan Eropa. Kali ini, Kompas Gramedia bekerja sama dengan Zinc Shampo dan BCA akan menggelar kompetisi vertical running untuk kali pertama di Indonesia.


Kompetisi ini akan berlangsung di Menara BCA yang memiliki total ketinggian 243,65 meter dengan 56 lantai pada 13 Oktober 2013, pukul 07.00-10.00 WIB.


"Biasanya lari dilakukan di bidang permukaan yang datar, seperti joging, sprint, estafet, dan maraton. Tapi kalau lari ke atas? Itu baru namanya 'lebih'," kata ketua penyelenggara dari Kompas TV, Ivan Faizal, saat jumpa pers di Senayan City, Kamis (22/8/2013).


Peserta yang ingin mengikuti kompetisi ini harus lolos tes fisik dan kesehatan terlebih dahulu. Ini adalah antisipasi panitia agar hal yang tak diinginkan tidak terjadi.


"Persiapannya lebih ke fisik dan fokus ke badan bagian bawah. Saya belum pernah ikut kompetisi lari sebelumnya, tapi penasaran sama yang ini karena beda dari yang lain," kata ambassador Zinc sekaligus pendaftar pertama kompetisi vertical running, Samuel Zylgwyn.





Editor : Pipit Puspita Rini















4:46 PM | 0 komentar | Read More

"Maha Cinta Rahwana", Tampilkan Sisi Romantis Sujiwo Tejo


Jakarta - Rahwana dalam kisah pewayangan banyak dikenal sebagai tokoh antagonis yang menyeramkan dan jahat. Namun menurut budayawan Sujiwo Tejo, sang raja Alengka itu adalah sosok yang romantis dan penuh cinta, khususnya di mata Shinta, perempuan yang justru diculik Rahwana dari Rama.


Sisi romantis Rahwana itulah yang akan dieksplorasi Sujiwo Tejo dalam konser musik bertajuk Maha Cinta Rahwana yang akan digelar pada 30 dan 31 Agustus di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.


"Melalui Maha Cinta Rahwana saya ingin orang mempunyai pandangan baru kalau Rahwana itu belum tentu melakukan kesalahan," kata Sujiwo Tejo dalam jumpa wartawan di di Graha Bakti Budaya, TIM, Jakarta, Kamis (22/8).


"Bisa saja Shinta yang sebenarnya ingin diculik oleh Rahwana. Karena yang saya tahu perempuan itu suka bosan bila suaminya lurus-lurus saja. Kehidupan seksnya juga jadi kurang bergairah. Dengan begitu, kalau ada konflik seperti cemburu pasti jadi lebih seru," imbuh dia.


Konser yang akan memainkan lagu-lagu ciptaan Sujiwo Tejo itu akan digelar selama dua jam. Konser itu juga akan melibatkan sejumlah seniman seperti Glenn Fredly, Anji, Syaharani, Butet Kataradjasa, Sruti Respati, Putri Ayu, Sitok Srengenge, Tya Subiakto, Joshua Pandelaki dan Trio GAM (Joned, Gareng, dan Wisben).


Sujiwo Tejo juga mengaku bahwa dia merasa tersanjung karena ide pertunjukan ini sebenarnya datang dari teman-temannya, termasuk Agus Noor yang merupakan sutradara konser Maha Cinta Rahwana.


"Saya sangat tersanjung ide ini datang dr pengamat musik, karena biasanya pengamat musik di Indonesia fokusnya labih ke barat. Biasanya kalo dihadapi musik saya yang berbahasa Jawa Kuno malah bingung", tambah Sujiwo Tejo.


Agus Noor sang sutradara ingin memberikan pengalaman berbeda kepada para penonton dengan menyajikan konser musik yang dipadukan dengan puisi, tarian, dan pengadeganan juga.


"Ini bukan drama musikal. Jadi, tidak ada siapa memerankan siapa. Semuanya menjadi satu. Pokoknya konser ini harus mewakili Mas Sujiwo Tejo", imbuh Agus Noor.


Agus juga menambahkan bahwa penonton dijamin akan mendengar lagu-lagu Sujiwo Tejo berbeda dari yang didengar di CD.


"Imaji-imaji mengenai cinta Rahwana pada Shinta akan dieksplorasi oleh Sujiwo Tejo dalam bentuk bercerita. Sujiwo Tejo yang ngawur akan lebih romantis di sini", lanjutnya.


Konser Maha Cinta Rahwana akan diiringi musik arahan Bintang Indrianto serta artistik karya Ong Harry Wahyu.


Pertunjukan yang akan mulai jam 8 malam pada 30 Agustus dan jam 2 siang serta jam 8 malam pada 31 Agustus, menyediakan tiket yang terbagi menjadi empat kelas yakni kelas Balkon senilai Rp 100.000, Wing Rp 200.000, VVIP Rp 300.000, dan Platinum sebesar Rp 500.000.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

Perusahaan Jepang Inisial M Diduga Terlibat Penyuapan ke Emir






JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menduga ada keterlibatan perusahaan besar asal Jepang berinisial M sebagai pihak yang menyuap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Emir Moeis terkait proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tarahan, Lampung. Adapun Emir kini ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengungkapkan, pihaknya tengah mengajukan mutual legal assistance (MLA) atau kerja sama hukum antarnegara untuk memeriksa saksi Emir di Jepang.

"Secara informal, pemerintah Jepang tidak keberatan, tapi tetap formalnya harus jelas karena menyangkut G to G (pemerintah ke pemerintah), menyangkut korporasi yang cukup besar di Jepang. Inisialnya M lah pokoknya," kata Bambang, di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Menurut Bambang, kasus Emir ini melibatkan kalangan internasional. Sebelumnya, KPK memeriksa saksi di Amerika Serikat terkait kasus Emir. Dari pemeriksaan saksi di AS tersebut, menurut Bambang, KPK memperoleh informasi adanya keterlibatan perusahaan Jepang berinisial M.

Saksi di Amerika tersebut pun, kata Bambang, sudah mengaku memberikan uang ke Emir. "Waktu kami memeriksa Sri Mulyani, kami juga memberangkatkan penyidik dan berkomunikasi dengan Departement of Justice di AS untuk memeriksa dua orang. Setelah itu, kami dapat informasi tambahan ternyata ini tidak hanya melibatkan lembaga di Amerika saja, tapi juga yang di Jepang," tutur Bambang.

Namun, lanjut Bambang, KPK belum dapat memeriksa saksi di Jepang karena MLA yang diajukan belum sepenuhnya disetujui. Butuh waktu cukup lama untuk proses pengajuan MLA tersebut.

"Tapi kan ini pemberi suapnya dari sana. Kalau itu enggak diperiksa, jadi susah. Ibaratnya gini, pemeriksaan KPK tergantung dengan proses yang ada di luar yang konfirmasi atau approvalnya (persetujuannya) tergantung di luar. Yang di Amerika sudah selesai, tinggal yang di Jepang," tutur Bambang.

Dalam kasus ini, Emir diduga menerima 300.000 dollar AS dari PT Alstom Indonesia yang merupakan perusahaan pemenang tender PLTU Tarahan. Sebelumnya, Emir melalui pengacara dia, Yanuar Wasesa, mengaku pernah menerima uang dari warga negara asing yang bernama Pirooz Sarafih. Namun, menurut Yanuar, uang yang diterima Emir dari Pirooz tersebut bukanlah uang suap yang berasal dari PT Alstom Indonesia terkait proyek PLTU Tarahan. Pihak Emir mengklaim, uang dari Pirooz tersebut diberikan dalam rangka kerja sama bisnis.

Pirooz merupakan kawan lama Emir yang dikenal sejak keduanya berkuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Meskipun membantah dapat uang dari PT Alstom, Yanuar mengakui Emir pernah dikenalkan dengan pihak PT Alstom oleh Pirooz.

Mereka pernah bertemu di Gedung DPR, tempat Emir bekerja sebagai anggota Dewan. Dalam pertemuan itu, menurut Yanuar, PT Alstom mempresentasikan produk mereka kepada Emir. Perusahaan asing itu menawarkan harga murah untuk proyek PLTU Tarahan.




Editor : Hindra Liauw


















4:39 PM | 0 komentar | Read More

Basuki: Minuman Keras Ilegal Diurus Satpol PP





JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, persoalan minuman keras (miras) ilegal di Ibu Kota melanggar Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Kasus-kasus yang berkaitan dengan miras ilegal, lanjut Basuki, menjadi tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Satpol PP itu nanti yang urusin," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Peraturan soal miras ilegal diatur pada Perda Nomor 8 Tahun 2007 Pasal 46, yang berbunyi: "Setiap orang atau badan dilarang mengedarkan, menyimpan dan menjual minuman beralkohol tanpa izin dari pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan."

Pada bagian penjelasan terhadap Pasal 46 itu, tertulis: "Yang dimaksud dengan minuman beralkohol adalah minuman beralkohol golongan A (kadar ethanol kurang dari 5% (lima persen), golongan B (kadar ethanol lebih dari 5% (lima persen) sampai dengan 20% (dua puluh persen) dan golongan C (kadar ethanol lebih dari 20% (dua puluh persen) sampai dengan 55% (lima puluh lima persen)."

Pelanggaran terhadap pasal 46 itu,"dikenakan ancaman pidana kurungan paling singkat 20 (dua puluh) hari dan paling, lama 90 (sembilan puluh) hari atau denda paling sedikit Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) dan paling banyak Rp. 30.000.000,- (Tiga Puluh Juta Rupiah)."

Hal tersebut berkaitan dengan kasus sejumlah pemuda yang tewas akibat menenggak minuman keras oplosan pada Minggu (18/8/2013), buatan seorang pedagang jamu bernama Rendy. Miras tersebut  merupakan oplosan dari alkohol berkadar 96 persen, air (diberi nama ginseng), yang bisa ditambah susu, beras kencur, dan atau anggur.

Polisi menetapkan Rendy sebagai tersangka dan menahannya di Mapolres Metro Jakarta Pusat terhitung mulai hari Rabu (21/8/2013). Rendy dijerat dengan Pasal 146 ayat 2 Jo Pasal 140 Jo Pasal 86 ayat (2) subsider Pasal 136 Jo Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.




Editor : Tjatur Wiharyo
















4:23 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Wednesday, August 21, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Delapan Atlet China Gagal Tes Doping





CHINA, KOMPAS.com — Delapan atlet China dinyatakan positif melakukan doping, jelang National Games tahun ini. Pernyataan ini dikeluarkan badan antidoping China, Rabu (21/8/2013). Dua kuarter tahun ini berjalan, sudah ada 12 kasus atlet China yang terbukti memakai doping, sama dengan total sepanjang tahun lalu.

"Jumlah kasus atlet positif doping, meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini jadi peringatan buat kami," kata He Zhenwen, ketua antidoping China, kepada Xinhua. Demi membela provinsi dan mendapat hadiah, beberapa atlet rela melakukan kecurangan dengan memakai doping untuk memacu performa.

"Selalu ada orang yang mengambil risiko memakai doping untuk manfaat yang tidak fair, jika hasilnya menguntungkan," tambah He. "Sejarah mengajarkan kami bahwa National Games bisa jadi alasan yang bagus untuk melakukan kecurangan."

Juara lari 100 meter National Games 2009, Wang Jing, dikenai sanksi seumur hidup setelah terbukti memakai zat pemacu metabolisme epitestoterone dan testoterone.

Pada 2005, Sung Yingjie, mantan peraih medali perunggu kejuaraan dunia, terbukti positif memakai doping setelah finis kedua pada nomor lari 10.000 meter, hanya sehari setelah menjuarai Beijing Marathon.

National Games tahun ini akan berlangsung di Shenyang, ibu kota provinsi Liaoning, 31 Agustus-12 September.




Editor : Pipit Puspita Rini















4:47 PM | 0 komentar | Read More

Girl's Generation Pastikan Konser di Indonesia 14 September 2013


Jakarta - Girlband tersohor asal Korea Selatan SNSD atau juga dikenal sebagai Girl's Generation akan kembali mengadakan konser di Indonesia dalam rangka 2013 Girl's Generation World Tour Girls & Peace. Konser yang akan dihelat pada 14 September 2013, merupakan konser kedua di hadapan para Sone, sebutan untuk penggemar SNSD Indonesia.


Konser pertama SNSD di Indonesia digelar 22 September 2012 lalu di Gelora Bung Karno (GBK), yang dipadati sekitar 50.000 Sone. Untuk tahun ini, SNSD akan menggelar konsernya di MEIS (Mata Elang International Stadium), Jakarta.


Jika tahun lalu SNSD tampil bersama dengan band-band lain di bawah naungan agensi SM Entertainment, kali ini mereka akan menggelar konser solo. Ini adalah konser solo pertama mereka setelah terakhir melakukannya pada bulan Juli 2011.


"Patut dibanggakan, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi di Asia Tenggara. Kami sangat senang dapat menghadirkan kembali Girl's Generation di Indonesia dan menghibur jutaan Sone Indonesia dan internasional," ujar Febrina Sibuea,Senior Project Manager Dyandra Entertainment selaku promotor konser. Selain Dyandra Entertainment, 7 Kings Entertainment juga menjadi promotor konser ini.


"Tur kali ini akan menjadi tur penting bagi Sone Indonesia maupun internasional, karena mereka sudah lama menantikannya," kata Alfred Agus, CEO Alfred Agus, pada acara konferensi pers di Senayan City, Rabu (21/8).


Bank Mandiri, sebagai sponsor utama konser ini memberi kelebihan dan kemudahan bagi Sone yang menjadi nasabahnya. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui kartu debit, Mandiri Click Pay, dan juga menukarkan Mandiri Fiestapoin. Selain itu pembelian dengan Debit Mandiri di RajaKarcis.com akan diberikan diskon sebesar Rp 250.000 untuk kategori Pink A & B.


Sementara tiket umum telah tersedia di Rajakarcis.com, Tiket.com, dan Gasoo Galore dengan beberapa kategori sebagai berikut :


Green A, B, C : Rp 600.000
Purple : Rp 1 juta
Yellow A, B, C : Rp 1,5 juta
Pink A, B : Rp 1,75 juta
Red : Rp 2,2 juta
Premium Red : Rp 2,5 juta



4:46 PM | 0 komentar | Read More

Ralat Keterangan, Simon Bilang Uang 700.000 Dollar AS Titipan Deviardi






JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris PT Kernel Oil Private Limited (KOPL) Simon G Tanjaya meralat keterangan tentang uang senilai 700.000 dollar AS. Melalui kuasa hukumnya, Junimart Girsang, Simon menyatakan bahwa uang tersebut adalah titipan dari seorang pelatih golf, Deviardi alias Ardi.

"Informasi terbaru ternyata ini saya klarifikasi ya, ternyata uang yang 700.000 dollar AS adalah titipan dari Deviardi di Singapura kepada Pak Widodo, orangnya Kernel Singapura," kata Junimart di Gedung KPK RI, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Junimart menjelaskan, Deviardi menitipkan uang tersebut dalam bentuk dollar AS karena mengaku sulit membawa uang tersebut masuk ke Indonesia. Widodo pun menyetujui dan meminta tolong pada Simon untuk menyerahkannya ke Deviardi.

"Pak Widodo mengatakan, 'Oke tapi akan saya transfer ke you nantinya atau melalui orang saya (Simon)'. Kesepakatan itu terjadi tanggal 20 juli 2013. Lima hari sebelum lebaran Deviardi telepon Pak Widodo meminta agar uang tersebut ditransfer ke Jakarta," tutur Junimart.



Widodo kemudian telepon Simon dan memerintahkan memberikan uang titipan Deviardi. Simon mengaku sempat menolak perintah Widodo.

"Yang pasti 700.000 dollar AS itu uang Deviardi yang dititipkan ke Widodo dengan alasan bahwa Deviardi tidak mungkin atau sulit membawa uang sebanyak itu ke indonesia. Dia (Simon) sempat menolak," kata Junimart.

Sebelumnya, Simon, juga melalui Junimart, mengaku menyerahkan uang sebesar 700.000 dollar AS pada Deviardi alias Ardi. Uang itu diberikan kepada Ardi karena Simon menganggap Ardi sebagai Sekretaris SKK Migas. Simon mengaku tak tahu bahwa uang itu kemudian diberikan Ardi pada Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini.

Menurutnya, PT Kernel Oil ingin berekspansi ke kegiatan hulu minyak dan gas karena selama ini hanya bergelut dalam bisnis solar. PT Kernel juga belum pernah mengikuti tender di SKK Migas.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Rudi sebagai tersangka atas dugaan menerima suap dari petinggi PT KOPL Simon terkait kegiatan hulu minyak dan gas. Selain Rudi dan Simon, KPK juga menetapkan Deviardi sebagai tersangka. Sama halnya dengan Rudi, Deviardi diduga menerima uang dari Simon.

Beberapa hari lalu, Deviardi dan Rudi tertangkap tangan penyidik KPK di kediaman Rudi dengan barang bukti uang senilai 400.000 dollar AS, 90.000 dollar AS dan 127.000 dollar Singapura, serta motor berkapasitas mesin besar bermerek BMW. Tim penyidik juga menyita uang tunai 200.000 dollar AS dari kediaman Ardi.

Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah menggeledah ruang kerja Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karyo. Dari penggeledahan tersebut, KPK menyita uang 200.000 dollar AS yang dibungkus dalam tas hitam. Selain menggeledah ruangan Sekjen ESDM, KPK menggeledah kantor SKK Migas sejak Rabu (14/8/2013) malam, hingga Kamis (15/8/2013) sore.

Dari penggeledahan tersebut, KPK menyita sejumlah uang dan emas di ruangan Rudi. Nilai uang yang ditemukan sekitar 60.000 dollar Singapura, 2.000 dollar AS, dan kepingan emas seberat 180 gram. KPK juga menyita uang dalam deposit box yang berada di Bank Mandiri, Jakarta, senilai total 350.000 dollar AS.




Editor : Caroline Damanik


















4:39 PM | 0 komentar | Read More

10 Korban Bus Giri Indah Dirawat di RS Sentra Medika, Cibinong, Bogor





BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 10 korban kecelakaan bus Giri Indah bernomor polisi, B 7297 BI,  di Kampung Persit RT 1/1, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), dirawat di RS Sentra Medika, di Jalan Mayor Oking Jaya Atmaja nomor 9, Cibinong, Bogor.

Ke 10 nama korban yang tertera di papan putih rumah sakit tersebut adalah ;

01. Herman (28) beralamat di Kampung Maduhur, Cibereum, Cisarua Bogor (warga).

02. Koimun (41), Karang Jengkol, Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah (awak bus).

03. Martina (80), Panculah Selatan, Krawang Selatan, Jabar (penumpang).

04. Louise (60), Warakas, Jakarta Utara/Jakut (penumpang).

05. Meliana (30), Condet Batu Ampar, Jakarta Timur/Jaktim (penumpang).

06. Yuliani (54), Gang Listrik, Jakarta Pusat/Jakpus (penumpang).

07. Murniati Ginting (50), Warakas, Tanjung Priok, Jakut (penumpang).

08. Nyonya Ciing (60), Kelapa Gading, Jakut (penumpang).

09. Mardiana (59), Galur Selatan, Jakpus (penumpang).

10. Vivi Novianti (51), Pratama Regency, Cileungsi, Bogor.

Mereka masih di rawat di Intensive Care Unit (ICU) RS Sentra Medika. Belum diketahui rincian luka dan kondisi korban.

Belasan keluarga korban diminta masuk ruang ICU bergantian untuk mengenali sosok anggota keluarga mereka yang menjadi korban.

Salah satu keluarga korban, Noce Banare mengatakan, ia mendapat informasi tentang kecelakaan tersebut pada pukul 11.00. "Yang mengabari, pengurus gereja. Dia memberi tahu, bus yang ditumpangi Louise, ibu mertua saya, dan Nita Patintingan (25), adik sepupu saya, celaka," tutur Noce.

"Kata dokter, kedua anggota keluarga kami itu, sadar," lanjutnya. Louise di rawat di RS Sentra Medika, sedang Nita dirawat di rumah sakit di Cisarua.




Editor : Heru Margianto


















4:24 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Tuesday, August 20, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Ciuman Yang Dianggap Sebagai Bentuk Perlawanan





MOSKWA, Kompas.com - Peraih medali emas kejuaraan dunia atletik asal Rusia dituduh sengaja berciuman di depan publik sebagai bentuk perlawanan terhadap undang-undang anti gay di Rusia.

Ksenia Ryzhova dan Yulia Guschina yang merupakan anggota kuartet peraih medali emas nomor 4x400 meter sengaja berciuman di podium usai menerima penghargaan di stadion Luzhniki, Moskwa.

Aktivis hak asasi manusia memaknai peristiwa itu sebagai bentuk perlawanan terhadap keputusan pemerintah Presiden Vladimir Putin yang tetap mensahkan undang-undang anti gay. Isu ini memang menghantui selama berlangsungnya kejuaraan dunia lalu.

Namun Ryzhova membantah tudingan tersebut dengan menunjukkan fakta dirinya telah menikah dan menyebut dirinya sudah terlalu bahagia berkaitan adanya tuduhan ia memiliki hubungan khusus dengan Guschina.

"Kemarin saya dihubungi 20 orang melalui telepon dari berbagai penerbitan yang bertanya tentang masalah ini,"kata Ryzhova. "Saya dan Yulia (Guschina) sama-sama telah menikah dan kami tidak memiliki hubungan pribadi. Kami hanya berteman baik setelah berlatih  bersama selama delapan tahun."

"Kami hanya terbawa emosi setelah kemenangan. Dan saat itu kami saling mencium," katanya.

Putin meloloskan undang-undang anti-gay pada Juni lalu. Keputusan ini telah menimbulkan gelombang protes dari para pendukung gerakan gay sedunia yang melontarkan gagasan unbtuk memboikot Olimpiade musim dingin di Sochi pada 2014 mendatang.




Editor : Tjahjo Sasongko















4:47 PM | 0 komentar | Read More

Ayu Dewi Takut Salah Beri Makan Anaknya


Jakarta - Presenter Ayu Dewi rupanya mengaku tengah bingung. Pasalnya putri pertama Ayu yang diberi nama Aqila Dewi dianjurkan mengonsumsi Makanan Pendukung ASI (MPASI) setelah enam bulan diberi ASI ekslusif.


"Banyak yang bilang kalau salah memberikan MPASI, bisa-bisa berat badan anak jadi turun. Itu juga yang bikin aku takut. Jadi memang harus memilih jenis makanan yang tepat," ucap Ayu saat ditemui di Jakarta, Selasa (20/8).


Karena itu, lanjut Ayu, ia akan segera berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi. "Katanya kan kalau dikasih bubur instant juga nggak bagus, jadi masih cari tahu terus nih jenis makanan apa yang paling baik. Masih deg-degan karena takut salah ngasih makanan," ucap istri Regi Datau itu.


Menurut Ayu, putrinya yang lahir pada 11 Maret 2013 lalu itu juga sudah mulai aktif bergerak. "Dia sekarang senang bolak-balik badan dan ketawa. Anak kecil kan cepat bosan ya, makanya saya sering joget sendiri supaya dianya ketawa terus," kata Ayu yang berencana memberikan ASI hingga buah hatinya berusaha dua tahun.


"Karena menyusui, berat badan saya juga cepat turunnya. Waktu hamil saya naik sampai 11,5 kg dari berat awal 50 kg. Sekarang sih sudah 53 kg, tapi masih kekurusan, maunya sekitar 55 kg," pungkas Ayu yang juga mengaku rajin pilates untuk menjaga kebugaran tubuhnya.


Diakui Ayu, saat hamil ia justru merasa lebih cantik. Kulitnya terasa lebih kencang dan bercahaya. "Tapi setelah melahirkan, saya juga sempat mengalami baby blues syndrome. Kalau lihat suami main play station, bawaannya bete dan marah-marah sendiri. Walaupun cuma dua minggu, tapi saya sempat nangis sampai dua kali," curhat Ayu.



4:46 PM | 0 komentar | Read More

Jumhur Hidayat Tunggu Undangan Konvensi Capres Demokrat






BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat, mengaku masih menunggu undangan untuk mengikuti pemilihan calon presiden internal Partai Demokrat melalui jalur konvensi. Menurut Jumhur, ia belum tentu diundang, meski dukungan yang diraihnya cukup besar.

"Kita tunggu saja kabarnya. Nama-nama siapa yang sesungguhnya bisa ikut dalam konvensi akan diumumkan. Jadi, saya belum tentu. Bisa jadi saya enggak dipertimbangkan (Partai Demokrat)," kata Jumhur, di Sasana Budaya Ganesha Jalan Tamansari Kota Bandung, Selasa (20/8/2013).

Jumhur mengaku, hingga saat ini ia belum mendapat kabar akan diundang dalam konvensi capres Demokrat. "Undangan belum ada," ujarnya.

Menurut Jumhur, hingga saat ini belum ada kandidat yang diundang oleh Partai Demokrat untuk ikut dalam konvensi. "Katanya sih minggu-minggu ini diumumkan. Tapi, saya sendiri belum tentu masuk di situ. Kita tunggu perkembangannya," kata dia.

Nama Jumhur merupakan salah satu yang disebut-sebut akan mengikuti konvensi capres Demokrat. Nama lainnya, di antaranya Mahfud MD, Hayono Isman, Ahmad Mubarok, Irman Gusman, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, dan Marzuki Alie.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











4:40 PM | 0 komentar | Read More

Jokowi Ingin Semua Blok Pasar Tanah Abang Terhubung





JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menginginkan seluruh blok di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, terkoneksi menggunakan jembatan penghubung. "Kita ingin semua blok terkoneksi," ujar Jokowi saat mengunjungi kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2013) siang.


Kedatangan Jokowi itu untuk melihat kondisi lapangan apakah jembatan penghubung itu memungkinkan untuk dibangun dalam waktu dekat atau tidak. Jika memungkinkan, pembangunan jembatan itu akan dimulai pada Desember 2013.


Jokowi mengatakan, PD Pasar Jaya telah memiliki desain umum jembatan penghubung antarblok di Tanah Abang. "Tapi, ini masih maunya, kita lihat ke depannya. Mudah-mudahan bisa terlaksana," ujarnya.


Jokowi menjelaskan, Pasar Tanah Abang adalah kawasan grosir terbesar se-Asia Tenggara. Jika tak didukung dengan fasilitas yang memadai, daya tarik pengunjung ke sana kurang. Ia berharap blok-blok di Pasar Tanah Abang itu ramai pengunjung. "Terutama Blok G," kata Jokowi.


Ada empat blok pasar di Tanah Abang, yakni Blok A, Blok B, Blok F, dan Blok G. Saat ini, hanya Blok A dan Blok B yang terhubung oleh sebuah jembatan. Blok-blok lain masih berdiri secara terpisah dan tak terkoneksi.





Editor : Laksono Hari Wiwoho







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











4:24 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Monday, August 19, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Atlet Berkuda Tewas Terjatuh





LONDON, Kompas.com — Seorang atlet penunggang serasi asal Selandia Baru, Tom Gadsby, tewas setelah terjatuh dari kudanya saat perlombaan di Congleton, Cheshire, Inggris, Minggu (18/8).

Akibat kematian atlet berusia 25 tahun ini, lomba yang bertajuk Somerford Park International ini langsung dihentikan. Lomba yang berlangsung sejak Jumat ini diikuti beberapa atlet peserta Olimpiade London 2012 lalu.

Dalam pernyataan resmi, panitia menyebut Gadsby meninggal dunia akibat cedera yang dialaminya. "Seorang penunggang hari ini mengalami cedera di Somerford Park International," demikian pernyataan tertulis panitia.

Peristiwa ini juga dibenarkan oleh federasi ekuestrian (ESNZ) Selandia Baru. "Ini merupakan hari yang tragis dan menyedihkan buat komunitas ekuestrian Selandia Baru. Kami bersama keluarga joki di masa-masa menyedihkan ini," kata Jim Ellis dari ESNZ.




Editor : Tjahjo Sasongko















4:47 PM | 0 komentar | Read More

Yuke Sampurna Kini Jualan Beras


Jakarta - Ternyata bukan hanya bahan pangan yang bisa dilakukan diversifikasi atau penganekaragaman. Profesi pun bisa. Setidaknya hal itulah yang dilakukan bassist Dewa, Yuke Sampurna (45). Ia menganekaragamkan profesinya dari seorang pembetot bass, menjadi penjual beras dan pemilik restoran khas daging domba bernama Dombrut Café.


“Zaman sekarang orang harus kreatif. Meskipun nama Yuke sudah dikenal sebagai pemain bas band Dewa, bukan berarti saya tidak bisa menjalani profesi lain. Sekarang saya lebih dikenal sebagai penjual beras Garut dan daging domba. Dari seorang bassist saya mencoba mengalihkan profesi menjadi pedagang,” kata Yuke saat ditemui di Dombrut Café, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).


Profesi Yuke sebagai penjual beras asli Garut, Jawa Barat, sudah dimulai sejak Juli 2013. Hebatnya, baru satu bulan menjadi pedagang, beras Garut bermerek Sampurna ini sudah terjual sebanyak 1,5 ton. Beras Sampurna kebanyakan dibeli oleh teman dekat Yuke, dan kekasihnya Teges Prita Soraya.


Keistimewaan dari beras Sampurna, dikatakan Yuke, tidak menggunakan pemutih dan obat-obatan kimia. Beras yang diambil dari 200 petani di Garut ini sudah didaftarkan di Departemen Kesehatan. Jadi, dipastikan beras Sampurna halal dan pastinya lebih enak dari beras lainnya.


Sementara untuk merek beras, Yuke sengaja mencantumkan nama belakangnya. Sampurna, artinya juga tanpa cela. Harapan Yuke, bisnis berasnya ini bisa terus tanpa cela dan berkembang.


“Saya jualan beras supaya uangnya terkumpul untuk yang lain (nikah). Untuk menikah juga butuh beras kan?,” canda Yuke sambil melirik kekasihnya.


Terlepas dari alih profesi yang Yuke jalani, bukan berarti ia lupa pada talentanya mengendalikan senar bas. Rencananya, pada September mendatang Yuke akan menggelar konser reuni bersama dengan Ahmad Dhani, Andra, dan Ari Lasso di Melbourne, Sydney.


Khusus untuk persiapan konser mendatang, Yuke dan teman-teman mantan band Dewa ternyata belum sempat latihan. Bisa jadi latihan tertunda karena kesibukan masing-masing.


“Kami belum latihan. Lagipula sejak dulu Dewa memang jarang latihan. Tahu-tahu tampil saja. Mungkin untuk konser di Sydney, kami kembali mengulang kebiasaan lama,” tambahnya.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

DPR Lacak Rekam Jejak Moeldoko di KPK






JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin (19/8/2013). Kedatangan mereka untuk meminta informasi kepada KPK seputar calon tunggal panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Moeldoko.

"Untuk mendapatkan informasi di mana informasi itu akan menjadi bahan bagi kami dalam fit and proper test calon Panglima TNI pada 21 Agustus yang akan datang," kata Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin.

Hadir pula anggota Komisi I DPR Nurul Arifin dan Helmy Fauzy. Menurut Hasanuddin, pihaknya akan meminta informasi kepada KPK mengenai kemungkinan adanya masalah korupsi yang berkaitan dengan Moeldoko.

"Informasi apakah ada indikasi masalah-masalah KPK atau apa dan sebagainya. Saya tidak tahu nih nanti apa penjelasan dari KPK, misalnya enggak ada masalah, ya sudah ya tidak ada masalah," katanya.

Hasanuddin juga mengatakan, berdasarkan peraturan undang-undang, Presiden berhak mengajukan satu calon panglima TNI. Calon tersebut kemudian akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Adapun Moeldoko sudah diajukan Presiden sebagai calon panglima TNI menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang masa baktinya berakhir akhir bulan ini. Surat yang berisi nama calon panglima tersebut diterima DPR dari Presiden pada 23 Juli 2013.

Sebelumnya, Jenderal Moeldoko dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang pensiun sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Moeldoko dilantik pada tanggal 22 Mei lalu.

Sebelum menjadi KSAD, Moeldoko adalah Wakil KSAD. Ia juga sempat menjadi Kasdam Jaya (2008), Pangdivif 1/Kostrad (2010), Pangdam XII/Tanjungpura (2010), Pangdam III/Siliwangi (2010), dan Wakil Gubernur Lemhannas (2011).




Editor : Hindra Liauw
















4:39 PM | 0 komentar | Read More

1.200 Buruh di JIEP Pulogadung Dipecat





JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 1.200 buruh di Jakarta Industrial Estate Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, terpaksa dipecat. Pemutusan hubungan kerja itu terjadi karena perusahaan yang mempekerjakan mereka tak sanggup menggaji pekerja sesuai upah minimum provinsi.


"Ada sekitar 1.200 buruh dari sekitar 60 perusahaan yang terpaksa dirumahkan," kata Ketua Hubungan Industrial Dewan Pengurus Kota Apindo Jakarta Timur Bambang Adam kepada wartawan, Senin (19/8/2013) siang.


Bambang mengatakan, perusahaan-perusahaan itu tak sanggup memenuhi upah minimum provinsi (UMP) yang dianggap terlalu tinggi. Alasan lainnya, order ke perusahaan itu kian bulan semakin menurun. "Perusahaan kesulitan melakukan pengupahan kepada buruh itu, makanya dirumahkan," ujarnya.


Menurut Bambang, PHK merupakan kebijakan yang paling rasional bagi perusahaan untuk dapat melanjutkan roda perusahaannya. Ia mengatakan, para buruh itu akan di-PHK secara bertahap mulai Agustus 2013. Ia menyebutkan, ada perusahaan yang terpaksa memecat 200 buruh, ada pula yang merumahkan 40 atau 60 buruh.


Di kawasan industri Pulogadung tersebut, terdapat sekitar 300 pabrik yang memproduksi berbagai kebutuhan, mulai dari garmen, farmasi, elektronik, hingga kertas. Berdasarkan keputusan Dewan Pengupahan DKI Jakarta, perusahaan-perusahaan itu wajib membayarkan upah sesuai UMP DKI 2013 sebesar Rp 2.216.243,68. Angka itu lebih rendah dibanding tuntutan buruh Rp 2.799.067.


Angka tersebut didapat setelah sebelumnya digelar rapat beberapa perwakilan buruh yang menyerahkan rekomendasi UMP DKI 2013 sebesar Rp 2.799.067 atau 141,45 persen dari kebutuhan hidup layak (KHL) yang telah ditetapkan nilainya sebesar Rp 1.978.789. Tuntutan tinggi para buruh dilandasi karena selama kurun waktu lebih dari lima tahun, nilai UMP DKI kerap di bawah dari hasil survei KHL pekerja lajang.





Editor : Laksono Hari Wiwoho
















4:24 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Sunday, August 18, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Survei: Pemerintah Jangan Ikut Campur Penetapan Awal Ramadhan






JAKARTA, KOMPAS.com — Mayoritas masyarakat menginginkan pemerintah tak ikut campur dalam penetapan awal Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Hal itu terungkap dalam hasil survei yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 13-14 Agustus 2013 lalu.

Peneliti LSI Rully Akbar membeberkan, sebanyak 51,08 persen masyarakat responden menyatakan pemerintah tak perlu lagi terlibat dalam sidang Isbat penentuan awal puasa atau Lebaran. Sebaliknya, hanya 36,50 persen masyarakat responden yang tetap menginginkan pemerintah menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan dan 1 Syawal, sedangkan 12,42 persen responden lainnya tak memberikan jawaban.

Rully menyebutkan, tingginya jumlah masyarakat responden yang meminta pemerintah tak ikut campur dalam penentuan awal puasa dan Lebaran adalah karena hari raya merupakan kepercayaan setiap warga negara yang tak dapat diintervensi.

Ia mengimbau, pemerintah memberikan kebebasan kepada warganya untuk menentukan sendiri hhari raya sesuai dengan keyakinannya.

Kalaupun pemerintah ingin ikut campur dalam penentuan awal puasa atau Lebaran, Rully berpendapat, porsinya harus dibatasi dan konsisten pada apa yang telah ditetapkan kalender yang telah dikeluarkan setiap pergantian tahun. Pasalnya, pemerintah telah menentukan hari libur Lebaran dalam kalender yang dikeluarkan setiap pergantian tahun.

"Sidang Isbat sebaiknya dilakukan organ masyarakat yang menyetujuinya saja tanpa dana APBN. Apalagi hasil isbat tak mengikat pada warga yang tak menyetujuinya," kata Rully saat menggelar jumpa pers di Kantor LSI, Jakarta, Minggu (18/8/2013).

Sekedar informasi saja, LSI mengadakan survei khusus mengenai penentuan awal Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Survei ini dilakukan melalui quick poll pada 13-14 Agustus 2013 menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin error sekitar 2,9 persen.

Survei dilakukan di 33 provinsi di Indonesia untuk memperkuat data dan analisis, LSI juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dan metode analisis media, focus group discussion, serta wawancara mendalam.

LSI mengadakan survei ini lantaran merasa publik perlu diketahui keinginannya terkait penentuan awal Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Pasalnya, selama ini hal itu hanya menjadi perdebatan antar-ormas dan ulama tanpa pernah mengekplorasi persepsi mayoritas publik Indonesia mengenai polemik awal puasa dan Lebaran.




Editor : Erlangga Djumena
















4:40 PM | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger