Powered by Blogger.

Popular Posts Today

Ian Antono Luncurkan Album Solo

Written By Unknown on Saturday, May 24, 2014 | 4:47 PM


Jakarta - Gitaris kelompok musik rock legendaris God Bless, Ian Antono melahirkan proyek solo album bertajuk "Song Book". Diakuinya, selama berkarier di musik, ia tidak pernah mendokumentasikan karya cipta dalam bentuk apapun.


Ian pun mengalami kesulitan mengingat-ingat dan mengumpulkan karya ciptanya sendiri. Hal ini lalu membuatnya memutuskan untuk membuat dokumentasi karya  dalam sebuah album musik.


"Pada Song Book I ini berisi sepuluh judul lagu. Uniknya, setiap lagu dalam album ini dinyanyikan oleh vokalis berbeda. Album ini dibuat secara sederhana, karena tujuannya pun sederhana. Ini memang babak baru karena sudah terjadi revolusi bagi industri musik Indonesia bahkan dunia," kata Ian pada peluncuran album di Rolling Stone Cafe, Jakarta, Jumat (23/5).


Menurutnya, dengan perkembangan teknologi komputerisasi yang mempengaruhi industri musik karya musik bisa semakin tenggelam. Apalagi, musik elah diciptakan puluhan tahun bisa hilang begitu saja.


Guna membangkitkan semangat musik Tanah Air, musisi kelahiran Malang, Jawa Timur, 29 Oktober 1950 itu menggandeng penyanyi yang dinilai mampu menghidupkan lagu dan karakternya kuat. Misalnya saja mantan vokalis grup band Boomerang, Roy Jeconiah.


Roy dipercaya menyanyikan lagu "Kepala Dua" ciptaan Ian Antono (dari album Gong 2000) dan "Neraka Jahanam" yang liriknya ditulis Ahmad Albar. Ian mengaku memilih Roy karena karakter suaranya yang unik dan mampu menghidupkan lagu.


Penyanyi lainnya ada Syaharani yang menyanyikan lagu “Uang” selaku single perdana. Sebelumnya lagu ini sudah lebih dulu dinyanyikan Happy Pretty dan Nicky Astria dalam balutan musik rock.


“Saya suka dengan kekuatan interpretasi Rani (panggilan akrab Syaharani), membuat saya kagum dengan cara dia menyanyikannya,” puji Ian.


Ini karena adanya paduan napas jazz dan blues yang dibalut dengan aransemen rock. Penyanyi lainnya adalah Koming Surya yang ditemukan Ian di Seminyak, Bali, yang membawakan lagu "Gersang" dan "Saksi Gitar Tua". Lalu Anindimas dengan lagu "Lari", serta Rezi Pratomo dengan "Suara Cinta" dan "Tertipu Lagi".


Nantinya, penggarapan Song Book nantinya akan menjadi proyek yang berkelanjutan. Musisi berusia 63 tahun ini juga ingin mengajak personel God Bless untuk menyanyi di album berikutnya.


”Proyek ini akan terus berkelanjutan menjadi Ian Antono Song Book I, Song Book II, III dan seterusnya dalam rentang waktu tak terbatas. Hal ini memang sudah saya rencanakan," ujarnya.


4:47 PM | 0 komentar | Read More

Titiek Puspa: Ismail Marzuki Ubah Jalan Hidup Saya

Written By Unknown on Tuesday, May 20, 2014 | 4:46 PM


Jakarta -  Penyanyi dan pencipta lagu Titiek Puspa mengakui komposer nasional Ismail Marzuki telah mengubah jalan hidupnya.


Ia mendapat motivasi yang luar biasa dalam bermusik. Artis senior ini pun mengagumi kemampuan sosok pencipta yang hebat karena mampu menggubah lirik-lirik yang sangat mengena di hati banyak orang.


“Kalau dilihat dari liriknya, Pak Ismail sepertinya romantis. Berkat satu lagu yang saya nyanyikan dulu, itu sangat menginspirasi dan menetapkan saya menjadi penyanyi,” katanya saat peluncurkan buku berjudul Seabad Ismail Marzuki, Senandung Melintas Zaman di Hotel Santika Premiere Jakarta, Senin (19/5).


Baginya, lagu Ismail bisa dibilang patriotis, romantisme, dan visioner. Karena itu, ia menjadikan Ismail sebagai tokoh inspirasinya karena lagu-lagunya bisa dikenang.


Titiek menilai lagunya tidak hanya satu warna atau satu genre. Lagu yang heroik, cinta Tanah Air, dan percintaan. Dalam satu lagu terlihat sempurna, meskipun Ismail belajar bermusik secara otodidak. Hal ini sama seperti yang dialaminya tidak pernah mengenyam bersekolah khusus musik. Jadi antara Titiek dan Ismail memiliki kesamaan dalam bermusik.


"Meskipun Ismail Marzuki ada yang mencibirnya karena tidak memiliki latar belakang musik secara ilmiah, bagi saya beliau adalah dewa pencipta. Lagu-lagunya membuat saya jatuh cinta. Karena itulah saya memberikan sanjungan setinggi-tingginya kepada Ismail Marzuki," tegasnya yang mendapat kehidupan baru.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

Rizal "Armada" Belum Bisa Lepas dari Tongkat

Written By Unknown on Sunday, May 18, 2014 | 4:46 PM


Jakarta - Ada yang berbeda dari penampilan band Armada saat tampil di acara "Gebyar Asyiiik" di Subang, Jawa Barat. Rizal, sang vokalis terlihat mengenakan tongkat dan tak lagi atraktif melompat kesana-kemari seperti biasanya.


Sebulan lalu, lutut kaki kanan Rizal rupanya sempat terkilir saat bermain futsal. Kondisinya cukup parah, sehingga memaksa ia memakai tongkat untuk membatu berjalan.


"Saran dokter sebetulnya harus istirahat total dan nggak boleh ngapa-ngapain. Tapi saya nggak mau hanya gara-gara ini (terkilir), kontrak yang sudah ada harus dibatalin. Jadi, ya gerak di panggung diminimalisir saja," kata Rizal di Subang, Sabtu (17/5) malam.


Namun bila sudah berada di atas panggung, vokalis yang sedang diisukan dekat dengan dengan Rina Nose ini mengaku sering lupa diri. "Kadang memang masih suka lompat-mompat, suka lupa sakit kalau sudah di panggung. Palingan teman-teman yang ngingetin untuk lebih berhati-hati karena sekarang tumpuannya hanya kaki kiri," imbuhnya.


Untuk mempercepat proses penyembuhan, dua kali dalam sepekan Rizal menjalani terapi akupuntur. "Sakit ini sebetulnya akumulasi dari beberapa cedera yang pernah saya alami. Enam bulan yang lalu juga pernah terkilir saat manggung di Palembang. Lalu kejadian lagi tiga bulan lalu di Medan, dan terakhir waktu futsal bulan kemarin. Tapi Alhamdulillah, kata dokter kondisinya sudah mulai membaik walaupun masih harus pakai tongkat," pungkas Rizal.


4:46 PM | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger