Powered by Blogger.

Popular Posts Today

David Gross Sejajarkan Telkom dengan Google Inc

Written By Unknown on Thursday, May 9, 2013 | 4:48 PM





David Gross Sejajarkan Telkom dengan Google Inc





Penulis : Dahlia Irawati | Kamis, 9 Mei 2013 | 13:11 WIB











JAKARTA, KOMPAS.com -  Program melengkapi 100 ribu sekolah di Indonesia dengan akses internet Indonesia wifi yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia, Tbk mendapat apresiasi dari David Gross, peraih nobel bidang Fisika tahun 2004. Program ini dianggap sebagai inisiatif menjadikan sekolah-sekolah di Indonesia melek digital.


Program IndiSchool yang diinisiasi oleh Telkom tersebut menurut David Gross, sama dengan yang dilakukan Google Inc. di India. "Di India, Google membantu masyarakat mengenal internet. Sedangkan di Indonesia, Telkom yang memelopori memasukkan internet ke sekolah-sekolah," ujar Gross.


Dalam siaran pers oleh PT Telkom yang dikirim Kamis (9/5/2013), dijelaskan David Gross mengunjungi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, pada Rabu (8/5/2013). Menurut Operation Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo, pertemuan David Gross dengan Direksi Telkom, dimaksudkan untuk memberikan dukungan terhadap kiprah Telkom memajukan pendidikan di Indonesia melalui penyediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang lebih terjangkau.


Menurut Arif Prabowo, David Gross memandang Telkom dan Google memiliki perhatian yang sama. Kedua perusahaan tersebut menurutnya sama-sama menaruh perhatian besar dalam pengembangan pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.


















4:48 PM | 0 komentar | Read More

Marquez, Muda dan Banyak Rekor



MotoGP


Marquez, Muda dan Banyak Rekor





Kamis, 9 Mei 2013 | 16:14 WIB













KOMPAS.com - Finis kedua secara dramatis di sirkuit Jerez pada balapan GP Spanyol, Minggu (5/5/2013), melahirkan rekor baru bagi Marc Marquez. Sejak naik kelas ke MotoGP, rekor memang langsung mengakrabi rider asal Spanyol tersebut.

Pada seri kedua di Austin, 21 April lalu, pemuda 20 tahun ini mematahkan rekor Freddie Spencer sebagai pembalap termuda yang start dari posisi terdepan sekaligus memenangi balapan di kelas premier.

Hasil ini membawanya naik sebagai pemuncak klasemen, tapi tidak sendiri. Dia dan Jorge Lorenzo bersama memimpin klasemen karena memiliki poin sama.

Setelah mengalahkan Lorenzo dalam “pertempuran” di tikungan terakhir Jerez demi bisa finis kedua, Marquez secara resmi menjadi pembalap termuda yang pernah memuncaki klasemen, dengan 61 poin.

Marquez menjadi pemuncak klasemen balapan yang dulu bernama 500cc ini, ketika berusia 20 tahun 77 hari, mematahkan rekor juara dunia empat kali, Mike Hailwood, yang melakukannya ketika berusia 21 tahun 75 hari pada 1961.
 
Marquez juga melewati  catatan juara dunia dua kali, Freddie Spencer, yang berusia 21 tahun 89 hari saat memuncaki klasemen pada 1983.

Di tiga seri yang sudah berjalan, Qatar, Austin, dan Jerez, Marquez berhasil menyelesaikan balapan dengan finis ketiga, pertama, dan kedua. Satu lagi rekor yang bisa dibanggakan rider Repsol Honda ini, dia adalah pembalap termuda yang pernah naik podium di tiga seri secara berturut-turut.

Berkaca dari fakta-fakta di atas, bukan mustahil Marquez akan mencatat rekor-rekor baru lainnya. Kita nantikan saja.







Editor :


Pipit Puspita Rini















4:46 PM | 0 komentar | Read More

Paul McCartney 'Diserang' Belalang di Atas Panggung


Brasil - Paul McCartney, salah satu personel Beatles yang tersisa, rupanya merasa terganggu dengan serangan belalang, saat manggung, Selasa (7/5).


Segerombolan serangga berwarna hijau tersebut hinggap di tubuh Paul yang sedang memainkan tuts piano di atas panggung, saat tampil di Goiania, Brasil. Segerombolan belalang lainnya tampak berputar-putar di atas panggung.


Namun, Paul mencoba untuk tetap tenang dan tersenyum meski awalnya ia sangat terkejut dengan keberadaan ribuan serangga pemakan daun tersebut.


Di bagian panggung yang disorot lampu, tampak 'invasi' belalang mengganas.


Meski demikian, konser tetap berjalan. Paul menyanyikan sejumlah lagu-lagu hits Beatles di hadapan para penggemarnya.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

KPK Akan Lebih Represif untuk Sita 5 Mobil PKS





KPK Akan Lebih Represif untuk Sita 5 Mobil PKS





Penulis : Sabrina Asril | Kamis, 9 Mei 2013 | 16:25 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad meminta pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk taat kepada hukum dan tak menghalangi penyitaan lima mobil di kantor DPP PKS.


Kelima mobil itu akan disita karena diduga terkait kasus tindak pidana pencucian uang perkara korupsi impor daging sapi. "Yang jelas, saya sangat yakin bahwa 1-2 hari ke depan dengan kesadaran hukum yang dipunyai parpol yang memahami hukum, PKS harus menghormati hukum," ujar Abraham di Hotel Borobudur, Kamis (9/5/2013).


Sebelumnya, KPK sudah dua kali berusaha menyita mobil-mobil yang terkait tersangka Luthfi Hasan Ishaaq itu. Namun, upaya KPK gagal lantaran dihalang-halangi sejumlah petugas keamanan di kantor partai bernapaskan Islam itu. Abraham memastikan akan kembali melakukan penyitaan dengan langkah yang represif jika PKS tak mau kooperatif dengan penyidik KPK.


Mantan advokat dan aktivis antikorupsi ini pun menyatakan KPK akan bekerja sama dengan aparat penegak hukum seperti kejaksaan dan kepolisian. "Tidak ada kompromi terhadap para pelaku kejahatan korupsi dan kita terus lakukan upaya-upaya untuk lakukan penyitaan penyegelannya. Inysa Allah ke depan akan dilakukan upaya yang lebih represif lagi," katanya.


Sebelumnya, penyidik KPK menyegel lima mobil di kantor DPP PKS dari Senin (6/5/2013) hingga Selasa (7/5/2013) malam. Kelima mobil itu adalah VW Carravelle, Mazda CX9, Fortuner B 544, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Navara. Awalnya, penyidik hendak menyita mobil-mobil itu, tetapi upaya itu akhirnya gagal. Penyidik hanya dapat menyegel mobil yang diduga terkait dengan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang terkait kasus impor daging sapi. Di dalam kasus impor daging sapi ini, KPK telah menetapkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka. Menurut rencana, untuk mengangkut mobil-mobil itu, KPK akan meminta bantuan polisi. KPK pun menegaskan bahwa penyidiknya kemarin sudah datang sesuai prosedur, yakni membawa surat tugas penyitaan.






Editor :


Bambang Priyo Jatmiko














4:39 PM | 0 komentar | Read More

Jokowi Tak Masalah Ada Monorel Menuju Bandara


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendukung rencana pemerintah pusat melalui PT Angkasa Pura II untuk membangun monorel di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memastikan bahwa monorel automated people mover (APM) rute Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, mulai beroperasi pada 2015.


"Bagus, bagus sekali. Monorelnya dari Bekasi-Jakarta-Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), bagus sekali itu," kata Jokowi di Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).


Menurut Jokowi, saat ini proyek monorel bandara itu tinggal menunggu keputusan Presiden (keppres). Setelah keppres sudah keluar, proyek itu baru akan diproses di Pemprov DKI dan Jokowi memastikan, DKI sangat mendukung berjalannya proyek monorel bandara itu.


"Sekarang masih diproses menunggu keputusan Presiden. Ya, karena memang penugasan, kan, menunggu keppres, setelah itu baru diproses ke kita. Kalau saya, sih, sudah enggak ada masalah," kata Jokowi.


Terkait pembangunan monorel Bandara Soekarno-Hatta, Wamenhub Bambang Susantono mengatakan bahwa pengoperasian monorel akan berjalan setelah pembangunan stasiun kereta api bandara selesai, yakni pada 2014. Kereta api bandara akan terintegrasi dengan monorel APM bandara. Bambang menyatakan, tidak tertutup kemungkinan APM nantinya bisa dioperasikan tanpa awak.


Untuk membangun APM rute bandara tersebut, diperlukan dana sebesar Rp 2,5 triliun yang dibiayai oleh konsorsium BUMN. Proyek monorel Bandara Soekarno-Hatta itu dikerjakan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Adhi Karya, PT INKA, PT Len Industri, dan PT Angkasa Pura II.


Ada tiga tahap yang dilalui dalam pembangunan kereta bandara, yakni jalur rel dari Jakarta hingga Tangerang yang telah selesai dibangun oleh pemerintah pada 2012. Tahap berikutnya adalah pembangunan jalur rel dari Batu Ceper menuju bandara yang akan dibangun PT KAI dan saat ini masih dalam proses tender.


Tahap terakhir adalah pembangunan stasiun bandara yang akan dikerjakan oleh Angkasa Pura II. Rute kereta api bandara akan melewati beberapa stasiun, yakni Manggarai, Dukuh Atas, Duri, Batu Ceper, lalu masuk ke bandara.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









4:23 PM | 0 komentar | Read More

e-KTP Dilarang Difotokopi, BI: Itu Wewenang Kemendagri

Written By Unknown on Wednesday, May 8, 2013 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) enggan berkomentar lebih lanjut soal himbauan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tidak melakukan fotokopi e-KTP lebih dari sekali, karena diklaim bisa merusak data yang ada.


Direktur Eksekutif Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI Difi A Johansyah mengatakan kewenangan e-KTP ada di wilayah Kemendagri, bukan di BI, meskipun BI memiliki hubungan kerjasama soal e-KTP tersebut.


"Soal e-KTP yang tidak boleh difotokopi lebih dari sekali, kami tidak tahu persis. Sebab itu wewenang Kemendagri yang tahu," kata Difi kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (8/5/2013).


Difi hanya menjelaskan bahwa pemanfaatan e-KTP dalam lingkup layanan Bank Indonesia diharapkan dapat mendukung program-program Bank Indonesia, antara lain Sistem Informasi Debitur, Daftar Hitam Nasional, serta dalam rangka menerapkan program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU/PPT).


"Dalam hal ini, e-KTP dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan verifikasi identitas nasabah atau calon nasabah," tambahnya.


Menurut Difi, aspek yang sangat penting bagi sistem informasi di perbankan Indonesia adalah data identitas nasabah yang akurat. Termasuk di dalamnya adalah identitas tunggal, yang mulai diimplementasikan secara nasional oleh pemerintah sejak tahun 2011. Informasi tersebut tercermin dalam Nomor Induk kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan e-KTP yang dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri.


Di sisi lain, NIK tersebut juga bermanfaat dalam meningkatkan jaminan otentifikasi identitas bagi pelayanan publik pemerintah maupun bagi penduduk dan bisnis dalam bertransaksi serta meminimalisir penipuan identitas.


Hal inilah yang menyebabkan pentingnya kerja sama antara Bank Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri. Sementara itu dalam rangka financial inclusion, Bank Indonesia berinisiatif untuk membuat sebuah penomoran identitas yang unik bernama Financial Identity Number (FIN) yang mengandung data pokok dan profil keuangan pemegang kartu FIN yang didasarkan pada data pokok pada e-KTP.


Dengan adanya satu identitas tunggal yang juga memuat profil keuangan ini, kata Difi, diharapkan dapat mengurangi proses administrasi yang repetitif untuk permintaan layanan yang berbeda.


"Sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan kesempatan masyarakat untuk memperoleh pinjaman (hingga nilai tertentu) dengan waktu yang sangat singkat," tambahnya.


Di tempat berbeda, Gubernur BI Darmin Nasution juga enggan berkomentar lebih lanjut soal himbauan tidak melakukan fotokopi e-KTP lebih dari sekali ini. "Saya akan cek dulu," jelas Darmin singkat. Dari sisi perbankan, bankir-bankir masih enggan berkomentar pula terkait hal ini.


Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo, Direktur Utama BCA Jahja Setiaadmadja, Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin hingga Direktur Utama BT Maryono enggan membalas pesan singkat dari Kompas.com.






Editor :


Bambang Priyo Jatmiko









4:48 PM | 0 komentar | Read More

Happ Terkapar karena Pukulan Jennings



Insiden Olahraga


Happ Terkapar karena Pukulan Jennings





Rabu, 8 Mei 2013 | 16:21 WIB












ST. PETERSBURG, KOMPAS.com - Pitcher Toronto Blue Jays, J.A. Happ, tersungkur setelah kepalanya terkena bola hasil pukulan keras Desmond Jennings dari Tampa Bay Rays. Peristiwa ini terjadi saat kedua tim bertemu di Tropicana Field, pada lanjutan kompetisi bisbol Amerika Serikat, Major League Baseball (MLB), Selasa (7/5/2013) malam waktu setempat.

Kecelakaan ini teradi pada inning kedua, saat Rays unggul sementara dengan 4-1. Happ tak punya waktu untuk bereaksi saat bola pukulan Jennings tepat mengarah kepadanya. Tentu saja Jennings tak bermaksud mengarahkan bola pada Happ dan menyakitinya.

Happ yang baru melempar 43 kali pada pertandingan ini jatuh tersungkur sambil memegang kepala bagian kiri yang berdarah. Meski tak bisa bangun, dia masih sadar dan merespon staf medis yang memeriksanya.

Happ segera dilarikan ke Bayfront Medical Center untuk menjalani CT scan dan evaluasi berikutnya.







Editor :


Pipit Puspita Rini















4:46 PM | 0 komentar | Read More

Nadine Alexandra, Tetap Cantik Meski Kedinginan


Jakarta - Lepas dari tanggungjawab sebagai Puteri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Dewi Ames kini merambah dunia akting. Kiprah sang Puteri Indonesia ini bisa dilihat dalam sinetron "Paris In Love" musim kedua, yang tayang di SCTV, mulai 13 Mei 2013.


Dalam sinetron yang mengisahkan tentang cinta segitiga itu Nadine mendapat peran sebagai Paris. Bukan hanya namanya saja yang Paris, dalam sinetron ini Nadine pun mendapat kesempatan untuk langsung syuting di negara berikon Menara Eiffel tersebut.


"Aku termasuk pemain yang beruntung. Baru pertama kali terlibat dalam 'Paris In Love', langsung diajak juga ke Paris. Padahal, selain aku, masih ada beberapa pemain yang senior. Namanya juga rezeki, jadi aku senang-senang saja diajak ke Paris," ungkap Nadine saat ditemui di akhir jumpa pers "Paris In Love" di SCTV Tower, Selasa (7/5).


Tidak hanya merasa beruntung karena mendapat kesempatan ke Paris, Nadine juga bahagia bisa bertemu dengan tim yang solid dan kekeluargaan. Selama tujuh minggu, Nadine selalu bersama menghabiskan waktu dengan kru dan pemain di Paris. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang malam, ia selalu ditemani oleh teman-teman artis.


Sementara itu selama proses syuting di Paris, Nadine pun tak lupa untuk selalu berpenampilan fashionable. Meskipun di Paris udara sangat ekstrem, Nadine selalu berusaha tampil cantik.


"Udara di Paris dingin banget. Tetapi aku harus konsisten untuk tampil cantik. Jadi, walaupun kedinginan, cantik itu wajib," lontar Nadine.


Ditambahkan Nadine, untuk penghayatan peran dalam sinetron terbarunya, ia pun banyak belajar dari pemain senior. Untungnya, para pemain senior seperti Amara dan Ira Wibowo sangat keibuan dalam mengajarkan Nadine. Jadi Nadine tidak mengalami kesulitan yang berarti selama proses syuting "Paris In Love" musim kedua.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

Tolak DPR Malas Jadi Caleg, Ruhut Minta BK Buka Absensi DPR


JAKARTA, KOMPAS.com - Politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, meminta partai-partai politik memberikan sanksi tegas kepada para anggota Dewan yang kerap membolos dengan tidak mencalonkan mereka kembali Pemilihan Umum 2014. Ruhut meminta Badan Kehormatan (BK) DPR untuk membuka absensi para anggota Dewan yang sebagian besar maju lagi sebagai caleg ini.


"Saya setuju, biar BK juga kelihatan fungsinya. Dibuka saja itu absensinya, supaya kelihatan yang tukang bolos siapa. Jangan sampai kita beli kucing dalam karung," ujar Ruhut di Kompleks Parlemen, Rabu (8/5/2013).


Ruhut menuturkan, partai juga jangan tinggal diam melihat kemalasan para anggotanya. Sebagai sanksi, partai politik seharusnya tidak lagi mencalonkan anggotanya yang pemalas. "Mencalonkan anggota DPR yang pemalas sama saja merugikan partai itu sendiri. Ini persoalan disiplin kita sebagai wakil rakyat," ujar Ruhut.


Ruhut menyatakan, anggota Dewan itu sebaiknya menyadari kemampuan dirinya sehingga tak perlu maju lagi. "Jangan sampai karena hanya satu orang, bisa merusak 500-an caleg lainnya. Bisa bahaya itu," kata advokat yang juga bintang film ini.


Politikus PDI Perjuangan, Sukur Nababan, kembali maju sebagai bakal calon anggota legislatif periode 2014-2019. Selama menjadi anggota DPR periode ini, Sukur kerap tak hadir dalam rapat komisi hingga rapat paripurna. Sukur pun sudah pernah dipanggil Badan Kehormatan DPR akibat ulahnya membolos itu.


Berdasarkan data bakal caleg yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sukur maju sebagai bakal caleg dari daerah pemilihan Jawa Barat VI dengan nomor urut nomor 1. Di daerah pemilihan itu, Sukur maju bersama bakal caleg lain dari PDI Perjuangan, seperti Riad Oscha Chalik (nomor urut 2), Aprileny (3), Romy Bareno (4), Noer Fajriensyah (5), dan Risa Mariska (6).


Pada periode 2009-2014 ini, Sukur juga tetap berada di daerah pemilihan yang sama. Namun, untuk pemilu mendatang, saingan Sukur dari partai lain cukup kuat. Daerah pemilihan Jawa Barat VI diisi tokoh-tokoh, antara lain Bendahara Umum Partai Keadilan Sejahtera Mahfudz Abdurrahman hingga kalangan artis, seperti Akri "Patrio" dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Derry Drajat (Partai Gerindra), dan Lucky Hakim (Partai Amanat Nasional).


Selama menjadi anggota DPR, Sukur jarang terlihat hadir dalam rapat komisi hingga rapat paripurna. Dia bahkan sudah enam kali berturut-turut tidak menghadiri rapat apa pun di DPR. Hal inilah yang membuat BK DPR akhirnya bertindak. Surat panggilan pun dilayangkan BK DPR kepada Sukur pada Februari lalu, tetapi dia tidak hadir dengan alasan sakit.












4:39 PM | 0 komentar | Read More

Edaran Larangan Fotokopi e-KTP Dinilai Terlambat


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat menilai larangan untuk memfotokopi e-KTP sangat terlambat. Seharusnya sosialisasi tersebut sudah diberikan sebelum e-KTP diproses perekaman datanya.


"Kenapa baru sekarang disosialisasikan? Harusnya kan sebelum e-KTP diproses kita sudah diberitahukan biar kita bisa melakukan sosialisasi dari awal," kata Ahmad Fauzi, Kasudin Dukcapil Jakarta Barat, di kantornya, Rabu (8/5/2013).


Fauzi mengaku sudah mengetahui informasi dari pemerintah pusat mengenai larangan memfotokopi e-KTP. Tetapi informasi tersebut baru diedarkan oleh Mendagri, padahal sebetulnya fotokopi KTP sangat dibutuhkan untuk proses administrasi.


Untuk itu, kata Fauzi, pihaknya akan berupaya mensosialisasikan larangan dari Mendagri tersebut. Kemungkinan langkah yang akan dilakukan dengan memanggil ketua RW, ketua RT, atau tokoh masyarakat dengan harapan mereka bisa mendistribusikan informasi tersebut kepada warganya. Mengenai subjek yang akan disosialisikan meliputi larangan men-staples e-KTP, memfotokopi lebih dari satu, serta men-scan e-KTP karena akan menyebabkan chip yang tertanam di dalam e-KTP menjadi rusak.


Menurut Fauzi, kalaupun nantinya masyarakat harus melampirkan fotokopi e-KTP, pemerintah berharap hanya dilakukan satu kali. Sedangkan jika ingin memperbanyak fotokopian tersebut bisa menggunakan lembar fotokopian yang sudah digandakan.


Mengenai jumlah e-KTP saat ini, Fauzi mengungkapkan, penduduk di Jakarta Barat sudah melakukan rekam data sebanyak 87 persen. Dari jumlah 87 persen tersebut, sudah 96 persen e-KTP yang telah didistribusikan kepada masyarakat.


Adapun penduduk yang tidak terjangkau dalam perekaman data ini, pihaknya sudah melakukan beberapa program. Di antaranya, setiap Sabtu, Sudin Dukcapil melakukan program jemput bola dengan mendatangi rumah-rumah warga korban banjir dan korban kebakaran.


"Mereka kan banyak yang surat-suratnya hangus terbakar atau hanyut saat banjir, makanya kita lakukan program jemput bola seperti ini," kata Fauzi.


Cara lain untuk menjemput bola perekaman data e-KTP ini, katanya, dengan menggunakan mobil e-KTP keliling untuk menjangkau para pelajar di sekolah-sekolah. Dengan begitu, mereka bisa melakukan perekaman data di sekolah masing-masing.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









4:23 PM | 0 komentar | Read More

Kecewa Dengan Boeing, Qatar Airways Lirik Airbus

Written By Unknown on Tuesday, May 7, 2013 | 4:48 PM





Kecewa Dengan Boeing, Qatar Airways Lirik Airbus





Selasa, 7 Mei 2013 | 16:23 WIB













ww.travelstart.co.za





TERKAIT:





DUBAI, KOMPAS.com - Qatar Airways memesan 15 unit pesawat A330 buatan Airbus, menyusul terjadinya keterlambatan dalam pengiriman Boeing 787 Dreamliner akibat masalah teknis yang mendera varian pesawat baru produksi pabrikan AS tersebut.


CEO Qatar Airways Akbar Al Baker mengungkapkan Airbus harus bisa merespons kondisi yang terjadi yang dialami maskapai tersebut. Maskapai ini kemungkinan juga akan mendapatkan diskon atas pesanan tersebut.


"Meskipun kami memesan Airbus, kami tidak membatalkan pesanan Dreamliner dari Boeing. Bahkan kami juga memiliki opsi untuk menambah jumlah pesanan," ujarnya Selasa (7/50/2013).


Maskapai ini berencana menggunakan A330 sebelum pesanan Dreamliner seluruhnya tiba. Harga per unit A330-300 dipatok sebesar 231 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun.


Selain memesan A330, Qatar Airways juga telah mengorder pesawat jumbo jet A380, dengan harga per unitnya mencapai 389,9 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun.


Masakapai ini sebelumnya telah mengumumkan bahwa terlambatnya pengiriman Dreamliner membuat perusahaan kehilangan kesempatan memperoleh pendapatan (potential loss) hingga Rp 2 triliun.







Editor :


Bambang Priyo Jatmiko















4:48 PM | 0 komentar | Read More

Perang Empat Besar Dimulai


MADRID, KOMPAS.com - Madrid Open merupakan turnamen Masters 1000 keempat musim ini. Tiga turnamen sebelumnya digelar di Indian Wells, Miami, dan Monte Carlo, yang masing-masing menghadirkan juara berdeda yakni Rafael  Nadal, Andy Murray, dan Novak Djokovic.

Tiga petenis tersebut punya peluang besar untuk menjuarai Madrid Masters, terutama Nadal yang memang punya spesialisasi di lapangan tanah liat. Di Monte Carlo, April lalu, Nadal harus mengakui keunggulan Djokovic yang memutus rantai delapan gelar beruntunnya di turnamen ini.

Satu lagi petenis yang tak boleh dilupakan dalam persaingan perburuan gelar di Madrid adalah Roger Federer, pemegang tiga gelar turnamen ini, termasuk tahun lalu saat pertandingan dilakukan di lapangan tanah liat biru.
 
Empat petenis ini biasa disebut Big Four. Dominasi mereka dalam beberapa tahun terakhir sulit ditembus petenis mana pun, termasuk David Ferrer yang kini menempati ranking empat dunia.

Madrid Masters merupakan turnamen kedua musim ini di mana Big Four turut ambil bagian, setelah Indian Wells. Di luar dua terunamen ini, pasti ada satu atau dua petenis yang absen. Mereka diprediksi akan saling berhadapan di semifinal, Djokovic bertemu Murray, sementara Nadal berhadapan dengan Federer.

Mereka mendapat bye di babak pertama dan akan turun di babak kedua hari ini, Selasa (7/5/2013), kecuali Nadal.

Djokovic yang diunggulkan di tempat pertama akan menghadapi petenis muda Bulgaria, Grigor Dimitrov.  Bagi mereka, laga ini akan jadi pertemuan ketiga. Pada dua pertandingan sebelumnya, Djokovic selalu keluar sebagai pemenang. Mereka terakhir bertemu di Indian Wells, Maret lalu.

Petenis nomor dua dunia, Federer, akan bertemu Radek Stepanek yang di babak pertama berhasil mengalahkan petenis muda Australia, Bernard Tomic, 6-3 6-2.

Sementara Murray akan ditantang Florian Mayer yang lolos ke babak kedua setelah mengalahkan wakil Australia lainnya, Marinko Matosevic.

Nadal yang sudah dua kali juara di Madrid, masih harus menunggu lawan yakni pemenang antara Joao Souza dan Benoit Paire.

Rekor Big Four pada 2013
Novak Djokovic
Juara: Australian Open, Dubai, Monte Carlo Masters
Final: -
Rafael nadal
Juara: Sao Paulo, Acapulco, Indian Wells Masters, Barcelona Open
Final: Vina del Mar, Monte Carlo Masters
Andy Murray
Juara: Brisbane, Miami Masters
Final: Australian Open
Roger Federer
Juara: -
Final: -







Editor :


Pipit Puspita Rini









4:46 PM | 0 komentar | Read More

Jelang Nikah, Ayu Ting-ting Sibuk Kejar Setoran


Jakarta - Mendekati waktu pernikahannya, kesibukan yang dialami oleh penyanyi Ayu Ting-ting semakin bertambah. Selain manggung, dirinya juga disibukkan oleh aktivitas promo single terbarunya.


Ayu sendiri mengaku, dirinya tengah mempersiapkan mental maupun materi untuk pernikahan tersebut.


Tak heran, jika dirinya saat ini semakin getol untuk mengejar setoran untuk membiayai pesta pernikahan bersama kekasihnya, Enji.


"Persiapan nikah masih setengahnya, karena saya kan masih sibuk promo juga. Doain saja biar lancar. Kejar setoran pasti, capek," ungkap Ayu saat ditemui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (7/5).


Pelantun lagu "Alamat Palsu" ini, sekarang tengah sibuk mempromosikan single terbarunya "Geregetan" sehingga banyak waktu
yang tersita akibat promo singlenya itu.


"AKu keluar kota terus mempromosikan single terbaruku. Persiapan semuanya sambil jalan aja. ya dibantu mamah sama keluarga juga," terangnya.


Ayu mengaku kesibukannya yang sangat luar biasa sangat dirasakan mengganggu bahkan sering merasa kesulitan membagi waktu sampai-sampai waktu istirahatnya pun dia korbankan.


"Akibat sering keluar kota, aku jadi agak kesulitan bagi waktu, kadang-kadang waktu istirahat saja susah, ya semuanya demi masa depan," tutup dara kelahiran Depok, itu.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

4.701 Berkas Bakal Caleg Tak Memenuhi Syarat


JAKARTA, KOMPAS.com - Dari hasil verifikasi tahap I yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 4.701 berkas bakal calon anggota legislatif (caleg) dinyatakan tak memenuhi syarat. KPU sendiri menerima 6.208 berkas. Dari jumlah ini, hanya 1.327 berkas bakal caleg yang memenuhi syarat.

"Hasil verifikasi KPU menunjukkan hanya 1.327 bakal caleg yang memenuhi semua persyaratan. Sebanyak 4.701 caleg tidak memenuhi syarat, dan 549 caleg tidak menyertakan berkas," kata Ketua KPU Husni Kamil Malik, dalam konferensi pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2013).

Komisioner KPU Hadar Navis Gumay mengatakan, bakal caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat memang cukup banyak. Namun, katanya, mayoritas syarat yang belum dipenuhi oleh bacaleg bukanlah syarat yang relatif berat.

"Karena KPU memperhatikan detail, misalnya ada satu tanda tangan yang kurang, atau salinan yang kurang. Maka jumlahnya mencapai 4.701. Tampaknya seram kan tapi tidak seperti itu lah," kata Hadar.

Sementara itu, dari ribuan berkas bakal caleg yang tidak memenuhi syarat, ada tiga partai politik yang semua berkas bakal caleg yang telah diserahkan kepada KPU tidak memenuhi syarat. Ketiga partai politik tersebut yaitu Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Ketua Badan Pemenang Pemilu PPP Fernita Darwis menyatakan, partainya dalam waktu dekat ini akan segera melengkapi berkas bakal caleg yang belum dipenuhi. Ia juga mengakui ada sejumlah kekurangan dalam berkas bakal caleg yang diserahkan.

"Kita rata-rata banyak caleg eksternal. Caleg eksternal itu kan memang pembuatan KTA-nya (kartu tanda anggota) pada saat dia menjadi caleg," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Abdul Harris Bobihoe juga mengakui adanya kekurangan pada berkas caleg yang telah diserahkan partainya kepada KPU.

"Kita akan segera lengkapi. Nanti tanggal 17 Mei kita serahkan kepada KPU," katanya.

Berita jelang Pemilu 2014 dapat diikuti dalam topik:
Geliat Politik Jelang 2014
Verifikasi DCS Pemilu 2014
Kabar dari KPU






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









4:39 PM | 0 komentar | Read More

Bila Terkait Kasus Perbudakan, Camat Siap Dicopot





Bila Terkait Kasus Perbudakan, Camat Siap Dicopot





Penulis : Indra Akuntono | Selasa, 7 Mei 2013 | 15:58 WIB













TANGERANG, KOMPAS.com - Kepala Camat Sepatan Timur, Achmad, siap dicopot dari jabatannya bila terbukti terlibat dalam kasus perbudakan 34 buruh di Kampung Bayur Opak RT 03 RW 06, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, Banten. Secara tegas dirinya menyatakan tak terlibat dalam kasus tersebut dan siap diperiksa lebih dalam.


"Saya tidak terlibat, silakan (pecat) kalau memang terbukti," kata Achmad, di Kampung Bayur Opak RT 03 RW 06, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, Banten, Selasa (7/5/2013).


Achmad mengakui dirinya pernah beberapa kali mendatangi sekitar lokasi untuk melakukan kontrol lingkungan. Berdasarkan informasi yang diperolehnya dari warga, tak pernah ada laporan mengenai praktik ilegal di lingkungan di tempat tersebut. Namun kesan aneh langsung mencuat. Pasalnya, Achmad juga mengetahui bahwa rumah yang dijadikan tempat industri pengolahan limbah menjadi bahan aluminium itu tidak mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).


Meski begitu, dirinya tak bersedia memberikan keterangan lebih jauh, dan memilih pergi meninggalkan lokasi. "Kata laporan masyarakat ada usaha kerajinan, dan memang ada, tapi tidak ada persoalan apa-apa," ujarnya.


Sebelumnya diberitakan, ratusan warga langsung tersulut emosinya begitu melihat Achmad dan Kepala Desa Lebak Wangi, Musran berada di rumah yang dijadikan tempat menyekap puluhan pekerjanya. Warga mencemooh, bahkan memaki, karena menduga keduanya terlibat dalam praktik perbudakan tersebut.

















4:23 PM | 0 komentar | Read More

IHSG Gagal Tembus 5.000

Written By Unknown on Monday, May 6, 2013 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (6/5/2013) ditutup menguat 66,39 poin (1,3 persen) ke 4.991,87. IHSG menguat seiring dengan penguatan mayoritas bursa regional hari ini.


IHSG sempat tercatat naik tertinggi di level 71 poin ke 4.996,45 dan hanya berada pada kenaikan terendahnya dengan naik 8 poin ke 4.933,51. Ada 189 saham naik, 225 saham turun, 93 saham stagnan dan 119 saham tidak diperdagangkan.


IHSG ditransaksikan sebanyak 164.417 kali transaksi, sebesar 3,447 miliar lembar saham dan senilai Rp 4,441 triliun. Asing tercatat net sell Rp 540 miliar. Semua mayoritas saham mengalami kenaikan yang dimotori oleh sektor saham konsumer 2,3 persen, agriculture 1,81 persen, keuangan 1,78 persen, manufaktur 1,21 persen, pertambangan 1,2 persen, properti 1 persen, infrastruktur 0,96 persen dan misc industry 0,67 persen.


Saham-saham yang menjadi penguat IHSG antara lain MAIN naik 6,4 persen, BMTR naik 5,8 persen, UNVR naik 4,2 persen, INCO naik 3,7 persen dan CPIN naik 3,6 persen. Saham-saham yang menjadi pemberat IHSG antara lain INTP turun 3,8 persen, AKRA turun 2,5 persen, MNCN turun 1,6 persen, ASRI turun 1 persen dan SMGR turun 0,8 persen.


Sementara itu, kondisi bursa regional beragam, namun mayoritas masih positif. Yang mengalami penurunan hanya bursa Tokyo turun 5,09 poin (0,44 persen) ke 1.153,28, bursa Nikkei turun 105,3 poin (0,76 persen) ke 13.694,04, bursa Korea Kospi turun 4,23 poin (0,22 persen) ke 1.961,48 dan bursa Thailand turun 10,24 poin (0,64 persen) ke 1.578,95.






Editor :


Bambang Priyo Jatmiko









4:48 PM | 0 komentar | Read More

Raikkonen Siap Tahan Vettel



Jelang GP Spanyol


Raikkonen Siap Tahan Vettel





Senin, 6 Mei 2013 | 15:31 WIB












BARCELONA, KOMPAS.com — Akhir pekan nanti, seri kelima adu balap Formula 1 akan hadir dari sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Kimi Raikkonen yang sudah dua kali juara di sirkuit ini, pada 2005 dan 2008, berharap bisa mengulang prestasi tersebut.

Dari hasil empat balapan sebelumnya, pebalap Finlandia ini sementara menempati peringkat dua klasemen dengan 67 poin, tertinggal 10 angka dari Sebastian Vettel di posisi puncak.

Pebalap Lotus ini sadar harus meraih poin sebanyak mungkin di setiap seri jika ingin menjaga peluang meraih gelar juara dunia keduanya setelah 2007. Tak hanya itu, dia juga harus bisa membuat Vettel tak meraih poin.

“Musim ini masih panjang dan terlalu dini untuk mengatakan kita bisa bersaing demi menjadi juara dunia di akhir musim. Tapi akan sangat sulit mengejar Sebastian (Vettel) kalau dia tetap meraih hasil bagus. Jadi kami harus meraih poin lebih besar dari dia. Kami akan terus melakukan perbaikan mobil.

“Bukan rahasia kalau kami sangat ingin menambah kecepatan mobil saat kualifikasi. Persaingan sangat ketat dan kami butuh memulai balapan dari dua baris terdepan hingga bisa bersaing untuk menang,” kata pebalap yang sempat turun di Kejuaraan Reli Dunia pada 2010 dan 2011.

Raikkonen membuka musim ini dengan menjuarai seri perdana di Australia. Setelah finis ketujuh pada seri kedua di Malaysia, pria 33 tahun ini finis sebagai runner-up di dua balapan terakhir, China dan Bahrain.

Tahun lalu di Spanyol, Raikkonen menutup balapan dengan finis di posisi tiga. Dia berharap akan bisa kembali naik podium pada balapan akhir pekan nanti.







Editor :


Pipit Puspita Rini















4:46 PM | 0 komentar | Read More

Camelia Malik Gugat Cerai Suaminya


Jakarta - Dunia hiburan kembali dihebohkan dengan perceraian selebriti senior. Kini prahara rumah tangga selebriti menghampiri artis dan pedangdut senior Camelia Malik dan suaminya Harry Capri. Diketahui Camelia Malik menggugat cerai sang suami ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 30 April 2013 lalu.


Gugatan cerai Camelia Malik tercatat dengan nomor perkara 1137/Pdt.G/2013/PA.JS yang terpampang jelas di situs resmi PA Jakarta selatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, di Kantor Pengadilan Agama Jakarta Selatan di kawasan Ragunan, Senin (6/5).


"Benar, pada tanggal 30 April 2013, melalui kuasa hukumnya Muhammad Assegaf, ibu Camelia Malik telah mendaftarkan gugatan cerainya terhadap suaminya Harry Capri ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan," ujar Ida Noorsaadah, Humas PA Jakarta Selatan.


Dijelaskan pula bahwa bahwa sidang perdana akan digelar 23 Mei 2013 mendatang.


"Masalah pokok perceraiannya kami tidak dapat sampaikan, yang jelas, sidang perdana akan digelar pada 23 Mei 2013, dengan agenda mediasi," lanjutnya.


Camelia Malik atau yang akrab disapa Mia itu menikah dengan Harry Capri pada Mei 1989. Bagi Mia sendiri, pernikahan dengan harry Capri adalah pernikahan kedua setelah pernikahan sebelumnya dengan Reynold Panggabean, salah satu personel Band The Mercy's harus berakhir pada 2 Maret 1989 setelah bertahan 12 tahun. Dari pernikahan keduanya dengan Harry membuahkan 2 orang anak.


Hingga kini belum jelas alasan kenapa pelantun lagu "Colak-colek" itu menggugat cerai sang suami yang sudah dinikahinya selama 25 tahun itu.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

Mengapa Inggris Izinkan OPM Berkantor di Oxford





Mengapa Inggris Izinkan OPM Berkantor di Oxford?





Penulis : Indra Akuntono | Senin, 6 Mei 2013 | 16:16 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Sikap pemerintah Inggris yang mengizinkan berdirinya kantor gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) dianggap melecehkan pemerintah Indonesia. Tapi terlepas semua itu, titik pangkal masalah ini adalah karena pemerintan Indonesia yang tak bisa menyelesaikan separatisme di tanah Papua.


Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq meminta pemerintah segera mengambil sikap tegas menanggapi permasalahan sensitif ini. Lebih jauh, dirinya juga mengimbau agar pemerintah Indonesia dapat mendesak pemerintah Inggris untuk tidak memberikan fasilitas dalam bentuk apapun kepada OPM.


"Sisi lainnya, kantor perwakilan (OPM) itu dibuka akibat lambannya pemerintah Indonesia melakukan solusi komprehensif dan tuntas soal Papua," kata Mahfudz saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Senin (6/5/2013).


Untuk penyelesaiannya, politisi PKS ini meminta pemerintah melakukan langkah-langkah diplomatis. Pasalnya, pemerintah adalah pihak yang paling mengerti duduk persoalan. "Ini tugas pemerintah, tegas mendesak pemerintah Inggris untuk tidak memfasilitasi dalam bentuk apapun. Fasilitasi itu bisa jadi bentuk dukungan gerakan separatis, dan ini bisa mengancam hubungan diplomatik," ujarnya.


Seperti diberitakan, pemerintah Inggris secara resmi telah membuka kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Oxford. Pembukaan kantor OPM ini bertujuan memenuhi tuntutan kampanye Papua Merdeka. Inggris berkomitmen untuk terus membantu gerakan OPM ini. DPR telah mengeluarkan sikap resminya. Pemerintah Inggris dianggap terlalu jauh mencampuri urusan dalam negeri Indonesia.

















4:39 PM | 0 komentar | Read More

Bergulat dengan Polisi, Bandar Heroin Tewas Ditembak





Bergulat dengan Polisi, Bandar Heroin Tewas Ditembak





Penulis : Kurnia Sari Aziza | Senin, 6 Mei 2013 | 16:04 WIB













Kompas.com/ERICSSEN


Ilustrasi Heroin





JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang bandar narkoba jenis heroin berinisial MY tewas ditembak aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Polisi terpaksa menembakkan timah panah karena tersangka melawan dan bergumul dengan petugas yang hendak menangkapnya di Jalan Hankam, Bambu Apus, Jakarta Timur, Sabtu (4/5/2013).


"Pada saat dilakukan penangkapan, tersangka melakukan perlawanan sehingga bergumul dengan anggota," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto melalui pesan singkatnya kepada Kompas.com, Senin (6/5/2013).


Ia mengatakan, polisi sebetulnya telah memberikan tembakan peringatan. Namun, hal itu tidak diindahkan pelaku yang kemudian malah merampas senjata yang dimiliki polisi. "Tersangka tetap melawan dan sudah merebut senjata api anggota sehingga ditembak dadanya dan akhirnya meninggal dunia," ujar Rikwanto.


Dari pelaku, petugas mengamankan barang bukti heroin seberat 8 gram. Saat ini jenazah warga Kembangan, Jakarta Barat, tersebut sudah berada di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

















4:23 PM | 0 komentar | Read More

Australia Hentikan Ekspor Sapi ke Mesir

Written By Unknown on Sunday, May 5, 2013 | 4:48 PM


CANBERRA, KOMPAS.com — Pemerintah Australia menghentikan ekspor sapi ke Mesir menyusul munculnya rekaman video yang menunjukkan aksi kekejaman ekstrem di salah satu rumah jagal di negara tersebut.


Dewan Eksportir Ternak Australia mengatakan, cuplikan dalam video yang dirilis kelompok pelindung hak hewan, Animal Australia, itu sangat mengerikan.


Animal Australia mengatakan, film tersebut diambil dari dua rumah jagal yang telah mendapat izin untuk memproses ternak yang dikirim dari Australia.


Langkah penghentian pengiriman ternak oleh Australia ke Mesir bukanlah hal baru. Sebelumnya pada tahun 2006 lalu, pemerintah negara itu juga telah menghentikan pengiriman dengan alasan yang sama.


Indonesia juga menjadi sasaran boikot ternak Australia setelah muncul video yang mirip dari dua rumah potong hewan di Jakarta.


Animal Australia saat ini tengah mendorong agar pemerintah negeri Kanguru itu menghentikan secara total pengiriman sapi ke Mesir.


Mereka menyebut, apa yang dilakukan pengelola dua rumah jagal di Mesir terhadap sapi-sapi asal Australia sebagai sesuatu yang "jahat, kejam, dan janggal."


Pastikan tidak berulang


"Bagaimana hewan-hewan itu diperlakukan sangat mengerikan," kata Juru Bicara Animal Australia, Gleny Oogjes.


Dalam suatu kasus, ia menggambarkan, ketika seekor sapi lari dari barisan yang akan diproses di rumah penjagalan, sapi itu akan dikejar sedemikian rupa hingga kakinya putus dan ditusuk sampai mati.


"Ini sangat mengerikan dan menunjukkan adanya problem sistemik di rumah-rumah jagal terhadap ternak kami," ungkap Oogjes.


Saat ini Dewan Eksportir Ternak Australia bersama dengan otoritas Mesir tengah bekerja sama untuk memastikan perlakuan yang baik terhadap sapi di fasilitas rumah penjagalan itu.


Sementara Departemen Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia dalam pernyataannya mengatakan, mereka senang dengan tingkat kerja sama yang ditunjukan otoritas Mesir. 







Editor :


Erlangga Djumena











4:48 PM | 0 komentar | Read More

Papua Siap Jadi Tuan Rumah PON 2020




Papua Siap Jadi Tuan Rumah PON 2020





Penulis : Alsadad Rudi | Minggu, 5 Mei 2013 | 16:05 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Papua siap menjadi tuan rumah PON 2020. Inilah yang diungkapkan Gubernur Papua Lukas Enemba, pada acara Soul of Papua, Pesta Emas 50 Tahun Papua dan soft launching Papua Menuju Tuan Rumah PON XX 2020 di Bundaran HI, Minggu (5/5/2013).


Lukas yakin dengan masyarakat yang bangga menjadi tuan rumah PON, masalah politik yang ada di bumi Cendrawasih akan pudar dengan sendirinya. "Masyarakat Papua adalah masyarakat olahraga. Dengan olahraga, mereka akan menunjukan semangat persatuan dalam keterlibatan sebagai penyelenggara even nasional. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi persoalan politk," papar Lukas.


Lukas juga  mengaku bangga karena Papua telah 50 tahun bergabung kembali dengan Indonesia. Dia berharap pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Papua dapat lebih bersinergi dalam membangun Papua.


Soul of Papua digelar di sisi tenggara Bundaran HI, tepat di sebelah Mandarin Hotel, dan dihadiri beberapa pesepakbola terbaik Papua, seperti Oktovianus Maniani, Gerard Pangkali, Yosua Pahabol, Stevie Bonsapia, dan Ruben Sanadi. Acara juga dimeriahkan dengan musik dan tari-tarian, di antaranya Yosim Pancar (Yospan) yang merupakan tari pergaulan dan keakraban tradisional Papua.






Editor :


Pipit Puspita Rini















4:46 PM | 0 komentar | Read More

Iron Man Lebih Hebat dari Thor dan Captain America


Jakarta – Film Iron Man 3 baru saja diluncurkan. Bagi pecinta superheroes, mungkin ada satu pertanyaan mengapa filmnya yang dibintangi Robert Downey Jr ini selalu ditunggu-tunggu sejak sekuel pertamanya. Mengapa seorang Iron Man lebih menarik ketimbang Marvel’s The Avengers yang mempertemukan banyak tokoh Marvel, seperti Thor dan Captain America.


Jawabannya, Iron Man punya karisma luar biasa, dan lebih manusiawi. Dalam Iron Man 3, hanya butuh dua menit untuk menjelaskan hal tersebut. Film dibuka dengan adegan Tony Stark yang ditampilkan sebagai sosok yang dikagumi dan dicari banyak orang. Bahkan hingga akhir film Tony digambarkan sebagai superhero yang dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Identitasnya tidak disembunykan. Iron Man pun merasakan jatuh cinta, hingga diminta komitmennya dalam menjalin hubungan. Hal yang sangat sulit dijalankan bagi seorang pria, apalagi superhero.


Bandingkan dengan Thor, atau Captain America yang tampil kaku dan sedikit dingin dalam menghadapi wanita. Keduanya dieksploitasi hanya sebagai penyelamat dunia, meninggalkan perannya sebagai manusia biasa dan hasrat untuk mencintai dan dicintai.



4:46 PM | 0 komentar | Read More

Jangan Cuma Jokowi, Buka Diri Capres Alternatif Lain


JAKARTA, KOMPAS.com - Partai politik dan media massa diminta membuka diri terhadap tokoh lain yang layak untuk diusung sebagai calon presiden atau wakil presiden di Pemilu 2014. Masih banyak tokoh, terutama di daerah, yang berpotensi menjadi pemimpin nasional selanjutnya. Namun, mereka kurang terangkat.


Hal itu terungkap dalam rilis Pol Tracking Intitute "Mencari Kandidat Alternatif 2014 : Figur Potensial dari Daerah" di Jakarta, Minggu (5/5/2013). Hadir Direktur Eksekutif Pol Tracking Institute Hanta Yuda, Pakar Psikologi Politik Hamdi Muluk, dan Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin.


Hasil riset Pol Tracking, ada 10 orang yang dianggap layak sebagai capres alternatif. Mereka, yakni Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi (skor 82,54), Walikota Surabaya Tri Rismaharini (skor 76,33), mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad (skor 70,38), Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (skor 70,31), Bupati Kutai Timur Isran Noor (skor 70,14),mantan Gubernur Sumatera Barat yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi (skor 70,01), Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang (skor 69,93), Walikota Yogyakarta Herry Zudianto (skor 69,78), Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang (skor 68,39), dan mantan Walikota Blitar Djarot Syaiful Hidayat (skor 68,38).


Irman mengatakan, parpol tidak perlu khawatir terhadap munculnya banyak figur alternatif. Pasalnya, hasil riset Pol Tracking Institute menunjukan mereka yang dianggap layak diusung di pilpres kebanyakan berasal parpol atau diusung parpol ketika Pilkada.


"Artinya, ayo dong parpol buka diri. Jangan mentang-mentang keluarga dia yang mendirikan paprol, kemudian saya yang tentukan 'menu' (capres) kita di 2014 . Ngapain harus takut," kata Irman.


Irman juga berharap media tidak hanya mengangkat kinerja Jokowi ke tingkat nasional, seolah-olah hanya Jokowi gubernur di Indonesia. Media diharapkan juga mengangkat prestasi kepala daerah lain sehingga semakin banyak pilihan calon pemimpin nasional bagi publik.


Hanta menambahkan, jika media gencar mengangkat tokoh lain yang berprestasi, parpol pasti akan melirik. Ia memberi contoh ketika media massa banyak memberitakan Jokowi. Kini, beberapa elit parpol tertarik untuk mengusung Jokowi sebagai cawapres.


Hanta mengatakan, publik sekarang ini cenderung melihat kinerja seseorang selama memimpin, bukan lagi popularitas. "Untuk itu, parpol harus cari orang terbaik dan dinominasikan. Kalau parpol tidak ada niat mengusung yang terbaik, yah kita paksakan," pungkasnya.


Seperti diberitakan, saat ini tinggal lima parpol yang belum menetapkan capres untuk Pilpres 2014 . Parpol tersebut, yakni Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Demokrat dan PPP akan memilih capres melalui konvensi.


Adapun parpol lain sudah menetapkan capres, yakni Partai Golkar (Aburizal Bakrie), Partai Gerindra (Prabowo Subianto), Partai Hanura (Wiranto), dan Partai Amanat Nasional (Hatta Rajasa).






Editor :


Erlangga Djumena









4:39 PM | 0 komentar | Read More

Tempat Penyekapan di Belakang Rumah Mewah


 TANGERANG, KOMPAS.com —Pabrik kuali milik tersangka Yuki Irawan (41) di Kampung Teluk Bayur Opak, Lebak Wangi, kini disegel Polres Metro Tangerang.


Bangunan terdiri dari tiga unit kelompok besar bangunan, di mana tempat penyekapan justru berada tepat di belakang rumah mewah Yuki.


Rumah milik tersangka Yuki terlihat sangat megah. Bangunan berarsitektur model klasik mediterania berdinding krem itu terdiri dari dua lantai.


Rumah dikelilingi pagar besi dengan tempa berulir berwarna tembaga. Di dalam, terdapat area taman dengan paving blok yang tampak digunakan untuk parkir mobil dan area anak bermain.


Sebuah sepeda anak tampak tergeletak di halaman taman tersebut. Siapa menduga, tepat di belakang rumah megah dan cantik tersebut, menempel sebuah bangunan kecil dengan dinding yang tidak diplester.


Bangunan tersebut adalah tempat penyekapan sekitar 30 lebih pekerja yang diperbudak oleh Yuki.


Bagian luar bangunan, ada bale-bale yang tampak digunakan untuk centeng berjaga. Lalu, sebelum pintu masuk ke dalam bangunan, terdapat area untuk memasak.


Namun, tidak terlihat perangkat untuk makan seperti sendok, garpu, apalagi piring. Masuk ke dalam bangunan tersebut, di sebelah kiri terdapat toilet berukuran 1 x 1,5 meter.


Toilet tersebut gelap; dinding tidak diplester; tidak ada bak penampung air kecuali sebuah ember kecil.


Di samping toilet jongkok terdapat satu bungkus sabun colek dan sebuah sikat gigi. Lalu ada selasar kecil yang menghubungkan area pintu masuk ke ruangan yang cukup besar yang tampak digunakan sebagai ruang tidur dan menyekap pekerja.


Ruang tidur itu luasnya sekitar 3 x 4 meter, tanpa jendela, hanya sejumlah lubang udara pada bagian atas tembok. Gelap dan pengap.


Tidak ada fasilitas yang berarti di dalamnya; hanya sebuah kipas, televisi tabung ukuran 14 inci, serta sejumlah tali dan paku untuk menggantung pakaian.


Di lantai semen tergeletak sejumlah tikar yang tampak lusuh. Tikar hanya menutupi bagian lantai yang bersudut pada dinding, sementara sebagian besar lainnya tak bertikar. Inilah ruangan tempat sekitar 30 pekerja tidur dan disekap.


Suasana kelam dan penuh penderitaan terasa pekat saat memasuki bangunan ini. Di salah satu tembok di selasar kecil yang menghubungkan toilet dan kamar terdapat tulisan "sekawan sehidup semati".


Sementara itu, di dalam kamar terdapat tulisan di dinding yang tak kalah menyedihkan. "Budak budak", "Mati Untuk Dikenang", dan "Disini tempatnya Lelaki Sejati".


Tulisan-tulisan yang menjadi gambaran bagaimana selama ini para pekerja hidup dalam penderitaan.


Sungguh merinding saya membaca tulisan-tulisan itu. Mengenaskan, sementara sang pemilik pabrik dan istrinya tepat tinggal di bangunan mewah di depannya.






Editor :


Tjahja Gunawan Diredja









4:23 PM | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger