Jokowi Tak Masalah Ada Monorel Menuju Bandara

Written By Unknown on Thursday, May 9, 2013 | 4:23 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendukung rencana pemerintah pusat melalui PT Angkasa Pura II untuk membangun monorel di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memastikan bahwa monorel automated people mover (APM) rute Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, mulai beroperasi pada 2015.


"Bagus, bagus sekali. Monorelnya dari Bekasi-Jakarta-Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), bagus sekali itu," kata Jokowi di Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2013).


Menurut Jokowi, saat ini proyek monorel bandara itu tinggal menunggu keputusan Presiden (keppres). Setelah keppres sudah keluar, proyek itu baru akan diproses di Pemprov DKI dan Jokowi memastikan, DKI sangat mendukung berjalannya proyek monorel bandara itu.


"Sekarang masih diproses menunggu keputusan Presiden. Ya, karena memang penugasan, kan, menunggu keppres, setelah itu baru diproses ke kita. Kalau saya, sih, sudah enggak ada masalah," kata Jokowi.


Terkait pembangunan monorel Bandara Soekarno-Hatta, Wamenhub Bambang Susantono mengatakan bahwa pengoperasian monorel akan berjalan setelah pembangunan stasiun kereta api bandara selesai, yakni pada 2014. Kereta api bandara akan terintegrasi dengan monorel APM bandara. Bambang menyatakan, tidak tertutup kemungkinan APM nantinya bisa dioperasikan tanpa awak.


Untuk membangun APM rute bandara tersebut, diperlukan dana sebesar Rp 2,5 triliun yang dibiayai oleh konsorsium BUMN. Proyek monorel Bandara Soekarno-Hatta itu dikerjakan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Adhi Karya, PT INKA, PT Len Industri, dan PT Angkasa Pura II.


Ada tiga tahap yang dilalui dalam pembangunan kereta bandara, yakni jalur rel dari Jakarta hingga Tangerang yang telah selesai dibangun oleh pemerintah pada 2012. Tahap berikutnya adalah pembangunan jalur rel dari Batu Ceper menuju bandara yang akan dibangun PT KAI dan saat ini masih dalam proses tender.


Tahap terakhir adalah pembangunan stasiun bandara yang akan dikerjakan oleh Angkasa Pura II. Rute kereta api bandara akan melewati beberapa stasiun, yakni Manggarai, Dukuh Atas, Duri, Batu Ceper, lalu masuk ke bandara.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Tak Masalah Ada Monorel Menuju Bandara

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/05/jokowi-tak-masalah-ada-monorel-menuju.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Tak Masalah Ada Monorel Menuju Bandara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Tak Masalah Ada Monorel Menuju Bandara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger