Powered by Blogger.

Popular Posts Today

Ketertutupan Siswa soal Seks, Latar Belakang Kuesioner \"Alat Vital\"

Written By Unknown on Saturday, September 7, 2013 | 4:39 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan mengatakan munculnya kuesioner yang salah satu poinnya adalah menanyakan alat vital dilatarbelakangi sikap remaja yang tertutup dalam masalah seks maupun kesehatan alat reproduksi mereka.

Hal itu disampaikan Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Elizabeth Jane di Jakarta, Sabtu (7/9/2013).

"Usia remaja itu kan mereka tertutup sekali soal seks. Kalau alat reproduksi mereka bermasalah mau cerita sama siapa?" kata Jane dalam konferensi pers yang diselenggarakan Kemenkes untuk menanggapi isu miring mengenai survei yang menimbulkan kontroversi tersebut.

Jika akhirnya mau terbuka, menurut Jane, mereka hanya menceritakan masalah itu pada teman sebaya, yang tidak mampu memberi solusi. "Mereka kan biasanya hanya cerita dengan teman sebaya, jangankan ke dokter, cerita sama orangtuanya saja nggak, kata Jane.

Kondisi itulah yang melatarbelakangi munculnya kuesioner "alat vital" yang dibagikan di sebuah SMP di Sabang, Aceh, beberapa hari lalu. Dari sederet pernyataan yang diajukan pada siswa, terdapat pertanyaan yang disertai gambar dan menanyakan tentang ukuran alat vital.

"Disini yang sudah orangtua, bisa nggak memberi pendidikan seksual yg baik untuk anaknya? Dulu pas remaja dapat nggak pendidikan dari orang tua?" kata Jane.

Dari data yang didapat dari kuesioner tersebut, jelas Jane, Kemenkes berharap bisa membantu para remaja yang mengalami masalah, terutama dalam kesehatan alat reproduksinya.




Editor : Kistyarini
















4:39 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Friday, September 6, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Bintangi Film "Fury", Brad Pitt Latihan Kendarai "Tank"


Jakarta - Untuk menjiwai perannya dalam sebuah film layar lebar dengan latar belakang Perang Dunia (PD) II, aktor Hollywood Brad Pitt mau tak mau harus belajar mengendarai kendaraan lapis baja atau "tank". Film barunya itu berjudul "Fury" yang saat ini sedang dalam penggarapan, dan rencananya dirilis pada November 2014. Aktor lainnya yang terlibat dalam film tersebut adalah Shia LaBeouf (Transformers), Michael Pena (The Lincoln Lawyer ), Logan Lerman, dan Jon Berthnal.


"Fury" menceritakan sejumlah tentara Amerika Serikat (AS) yang sedang melakukan misi penyelamatan di daerah yang dikuasai oleh Nazi menjelang PD II berakhir.


Aktor kelahiran 1963 ini sebelumnya pernah membintangi film bergenre perang dengan latar belakang PD II "Inglourious Basterds" tahun 2009.


4:47 PM | 0 komentar | Read More

Mega Sebut Jokowi sebagai Pemimpin Muda Potensial






JAKARTA, KOMPAS.com
- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) terus mendapat pujian dari Dalam pidato politiknya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Mega menilai sosok Jokowi sebagai pemimpin muda potensial.

"Kami boleh berbangga karena kerja keras dan konsistensi kami mulai membuahkan hasil. Dari rahim cinta-kasih PDI Perjuangan, kini banyak lahir deretan pemimpin muda potensial, seperti Jokowi," ujar Megawati dalam pidato politiknya di rapat kerja nasional (rakernas) PDI Perjuangan, Jumat (6/9/2013).

Megawati mendengar sudah banyak keluh kesah akan calon pemimpin mendatang. Namun, Mega mengaku dirinya dan PDI Perjuangan tak mau berkeluh kesah dan tak resah akan kondisi itu. Ia yakin dengan persiapan selama 10 tahun, PDI Perjuangan bisa menghasilkan calon pemimpin bangsa berkualitas. Salah satunya yang disebut Mega adalah Jokowi.



Megawati berkeyakinan di tangan pemimpin muda kelak, Indonesia akan lebih baik. Megawati pun menyatakan partainya terus menerus melakukan regenerasi dalam mencetak pemimpin bangsa ke depan.

"Mereka harus terus digembleng dan menghadapi ujian sejarah. Sebab tidaklah ringan tantangan yang akan mereka hadapi," ucap Megawati.

Belajar dari sejarah, Presiden kelima RI itu berpandangan Indonesia membutuhkan kepemimpinan yang mampu memenuhi panggilan sejarah dan memiliki kapasitas dalam menjawab tantangan bangsa.

"Pelajaran sejarah kedua adalah bahwa kita tidak ingin terjerembab ke dalam wishful thinking, seakan-akan persoalan ini sudah selesai," ucapnya.

Mega mengingatkan seorang capres juga mutlak hukumnya memenuhi syarat konstitusional. Artinya, partai politik juga harus memenuhi presidensial threshold.

"Tidak akan pernah ada calon presiden PDI Perjuangan kecuali kami bisa mengamankan 20% kursi atau 25% suara di DPR RI. Inilah prioritas kami saat sekarang," kata Mega.

Dalam pidato politiknya selama 45 menit di pembukaan Rakernas III PDI-P, Mega kerap menyebut nama Jokowi. Bahkan Mega menyebut mantan Walikota Solo itu memiliki getaran seperti Presiden pertama RI, Soekarno.




Editor : Caroline Damanik







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











4:39 PM | 0 komentar | Read More

Basuki Jamin Tak Ada Calo CPNS DKI





JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjamin pelaksanaan proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) DKI berlangsung secara transparan. Menurut Basuki, melalui sistem computer assessment test atau CAT dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) semakin membuat pelaksanaan proses penerimaan CPNS lebih baik.


"Orang dites enggak lagi cuma menunggu soal. Lagipula Jakarta itu transparan, jadi kemungkinan orang 'bermain' itu susah," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (6/9/2013).


Ia mengatakan, semua warga dapat melaporkan langsung, apabila ada oknum PNS DKI maupun oknum lain yang menjadi calo penerimaan CPNS. Selain itu, Basuki juga meminta para pelamar CPNS tidak percaya kepada calo yang menjanjikan posisi PNS di Pemprov DKI. Basuki menegaskan, ia akan memecat dan memidanakan oknum PNS DKI yang terbukti menjadi calo pegawai.


"Kalau ada yang mau bayar calo mah bodoh banget, sudah tahu kan DKI itu transparan," kata Basuki.


Menurut Basuki, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) telah menentang adanya praktik percaloan. Sejak ia menjadi anggota Komisi II DPR RI, Kemenpan dan RB telah berkomitmen untuk meniadakan suap-menyuap atau menyogok dalam proses penerimaan CPNS.


Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan alokasi 1.515 orang CPNS. Usulan formasi yang disampaikan ke Kemenpan dan RB telah disetujui, yakni 20 persen untuk tenaga pendidikan khususnya guru kelas SD, 35 persen untuk tenaga kesehatan (dokter, bidan, perawat, tenaga medis), dan 45 persen dari rumpun teknis dan administrasi.


Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, syarat umum untuk bisa mengikuti CPNS DKI adalah KTP, TOEFL Prediction minimal 400, IPK minimal 2,6 untuk S1, dan untuk SMK nilai rata-rata rapor 7.


Untuk usia, lulusan S1 harus berumur 18-33 tahun, lulusan D3 18-30 tahun, dan lulusan SMK 18-25 tahun. Untuk dapat mengikuti tes CPNS, pelamar dapat mendaftar melalui online maupun PO BOX. Mendaftar melalui jalur online di website resmi http://rekrutmen.jakarta.go.id hingga 20 September 2013.





Editor : Laksono Hari Wiwoho







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











4:24 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Wednesday, September 4, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Delapan Petenis Berusia 30 Sekian di Perempat Final US Open





NEW YORK, KOMPAS.com — Salah satu fakta menarik di babak perempat final US Open (AS Terbuka) 2013 nomor tunggal putra dan putri adalah delapan dari 16 pemain di babak ini telah berusia 30 tahun lebih.

Lima dari delapan pemain tersebut datang dari sektor tunggal putri. Percaya atau tidak, Serena Williams adalah yang tertua, dengan usia 31 tahun 11 bulan. Williams akan genap berusia 32 tahun pada 26 September mendatang.

Williams sudah memastikan satu tempat di semifinal, setelah mengalahkan petenis Spanyol, Carla Suarez Navarro, dengan angka sempurna, 6-0, 6-0. Lawan yang akan dihadapi Williams di semifinal adalah Li Na yang juga sudah berusia 30 tahun lebih, tepatnya 31 tahun 6 bulan.

Satu lagi petenis 30 tahun lebih yang akan hadir di semifinal, yakni antara Flavia Penneta dan Roberta Vinci. Mereka saling berhadapan di perempat final, yang akan berlangsung pada Rabu (4/9/2013) siang waktu setempat, atau malam WIB.

Satu pemain lagi adalah Daniela Hantuchova. Dia akan melengkapi semifinal para petenis 30 tahun ke atas, jika mampu melewati Victoria Azarenka. Mereka akan berhadapan di perempat final, Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi WIB.

Di bagian putra, tiga petenis dengan kategori senior yang berhasil menapaki perempat final adalah Mikhail Youzhny, David Ferer, dan Tommy Robredo. Ketiganya akan bertemu lawan berat dan berusia lebih muda beberapa tahun di perempat final.

Ferrer, yang adalah unggulan keempat, akan menghadapi Richard Gasquet (27 tahun 2 bulan) setelah pertandingan antara Vinci dan Pennetta selesai. Sementara itu, Robredo, yang membuat kejutan dengan mengalahkan Roger Federer di babak keempat, akan bertamu unggulan kedua dan calon kuat juara, Rafael Nadal (27 tahun 3 bulan).

Robredo dan Nadal akan bertanding setelah Hantuchova dan Azarenka menyelesaikan pertandingan. Empat laga ini akan berlangsung di lapangan utama, Arthur Ashe Stadium.

Sementara itu, Youzhny akan bertemu unggulan pertama asal Serbia, Novak Djokovic (26 tahun 3 bulan), di perempat final, yang akan berlangsung pada Kamis (5/9/2013) waktu setempat.

Berikut daftar pemain tunggal di perempat final US Open, yang berusia 30 tahun ke atas:
Putri
Serena Williams (Amerika Serikat): 31 tahun 11 bulan
Li Na (China): 31 tahun 6 bulan
Flavia Pennetta (Italia): 31 tahun 6 bulan
Roberta Vinci (Italia): 30 tahun 6 bulan
Daniela Hantuchova (Slowakia): 30 tahun 4 bulan
Putra
David Ferrer (Spanyol): 31 tahun 5 bulan
Tommy Robredo (Spanyol): 31 tahun 4 bulan
Mikhail Youzhny (Rusia): 31 tahun 2 bulan




Editor : Pipit Puspita Rini















4:47 PM | 0 komentar | Read More

Vicky Prasetyo Diizinkan Nikahi Zaskia Gotik Dengan Syarat


Jakarta - Meski kecewa dan sedih karena suaminya menghianati pernikahannya dengan melamar artis Zaskia Gotik. Namun Rama Nuraini, istri Vicky Prasetyo, mengaku rela bila sang suami menikahi Zaskia, asalkan suaminya menceraikannya terlebih dahulu sebelum menikahi Zaskia. Hal itu diungkapkannya saat menggelar jumpa pers di Hotel Acacia, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (4/9).


"Saya minta Vicky menyelesaikan ini baik-baik. Ke depannya nanti biar secara personal saja," tutur Rama Nurani.


Lebih lanjut, meski merasa ditipu dan dikhianati sang suami, namun Rama enggan melaporkan tindakan yang dilakukan sang suami meski dirinya mengaku sakit hati.


"Saya juga gak akan melaporkan Vicky ke polisi, lagi pula dia sudah besar dan tidak perlu dijagain terus kemana-mana. Biarlah meski sakit saya ikhlas bila Vicky seperti ini," ungkapnya.


Namun begitu, meski rela sang suami menikahi Zaskia, Rama mengakui bahwa dirinya enggan bila harus dimadu oleh suaminya itu.


"Kalau itu jodoh dia, saya angkat tangan. Dimadu? Ya nggak lah. Ceraikan saya dulu," tuturnya.


Dengan angkat bicaranya, Istri Vicky yang bernama asli Hendrianto itu makin memperjelas siapa jati diri calon suami Zaskia Gotik. Karena sebelumnya, beberapa artis dangdut membeberkan cerita karena telah merasa ditipu oleh Vicky Prasetyo usai mengetahui Vicky melamar Zaskia Gotik. Bahkan ada pula yang menceritakan bahwa dirinya sempat diperdaya hingga melakukan hubungan badan dengan calon suami Zaskia itu.


4:46 PM | 0 komentar | Read More

Akbar: Saya Khawatir Ical Membebani Partai






JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung khawatir pengusungan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical sebagai calon presiden (capres) justru menjadi beban bagi partai. 

“Itu (Ical jadi beban partai) yang saya khawatir. Kalau itu terjadi, tentu kami tidak ingin. Kami ingin memperkuat institusi partai. Kalau institusi partai lemah bagaimana perjuangan partai memberikan kesejahteraan rakyat, menghasilkan pemimpin-pemimpin. Itu akan berpengaruh,” ujar Akbar, seusai diskusi bertajuk Konsep Nusantara dalam Semangat Kemerdekaan NKRI di kantor Forum Dialog Nusantara (FDN), Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Akbar juga mengaku khawatir elektabilitas Ical justru membuat elektabilitas Partai Golkar anjlok. Padahal, partai itu memasang target perolehan suara hingga 30 persen pada Pemilu legislatif 2014 mendatang.

“Dari berbagai survei kita ketahui elektabilitasnya (Ical) masih di bawah 10 persen. Sedangkan proyeksi partai kita sampai 30 persen. Yang kami khawatirkan jangan sampai (Ical) nanti memengaruhi elektabiliitas partai. Padahal Golkar sudah bertekad mencapai 30 persen,” katanya.

Dia mengatakan, jika Ical memang berpengaruh negatif pada elektabilitas Golkar, partainya akan menganalisis penyebab itu. Menurut Akbar, setelah mengetahui penyebabnya, Golkar akan mengevaluasi pencapresan Ical. 

“Dari analisis itu bukan tidak mungkin kita sampai pada suatu kesimpulan ada yang perlu kita evaluasi,” ujar Akbar.

Sebelumnya, Akbar mengaku heran dengan rendahnya tingkat keterpilihan Ical dalam beberapa survei akhir-akhir ini. Padahal, ia sering beriklan di televisi. “Meski elektabilitasnya rendah, kami tetap optimistis majunya Ical sebagai capres akan membuahkan hasil maksimal,” ujarnya.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











4:39 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Tuesday, September 3, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Divonis 10 Tahun, Djoko Susilo Segera Ajukan Banding






JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI, Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo divonis 10 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, dalam kasus korupsi dan pencucian uang proyek simulator ujian surat izin mengemudi (SIM). Djoko menyatakan akan banding terhadap vonis yang dibacakan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (3/9/2013), di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, itu.

"Setelah kami berunding dengan klien kami, terhitung sejak dibacakan putusan ini kami mengajukan banding terhadap putusan ini," ungkapnya setelah berdiskusi dengan Djoko dan tim penasehat hukum lainnya.

Sementara itu, tim jaksa menyatakan akan pikir-pikir terlebih dahulu terhadap putusan tersebut.

Dituntut 18 tahun penjara

Sebelumnya, tim jaksa penuntut umum KPK menuntut Djoko dihukum 18 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan. Djoko juga dituntut membayar uang pengganti kerugian negara sebesar keuntungan yang diperolehnya dari proyek simulator SIM, yakni Rp 32 miliar.

Selain menuntut hukuman pidana, jaksa KPK meminta agar dalam putusannya majelis hakim Tipikor menambah hukuman berupa pencabutan hak politik Djoko untuk memilih atau dipilih. Dalam tuntutannya, jaksa KPK menilai Djoko terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang untuk periode 2003-2010 dan 2010-2012 saat menduduki sejumlah posisi penting di kepolisian.

Djoko dinilai terbukti menyamarkan hartanya yang diduga berasal dari hasil tindak pidana korupsi dalam bentuk investasi bisnis, kendaraan, dan tempat tinggal dengan mengatasnamakan para istrinya dan keluarganya. Kepemilikan harta Djoko dianggap tidak sesuai dengan profilnya sebagai pejabat kepolisian.

Untuk periode 2003-2010, Djoko memiliki total aset senilai Rp 54,6 miliar dan 60.000 dollar AS. Padahal, total penghasilan yang diperolehnya sebagai pejabat Polri ketika itu hanya Rp 407 juta dan penghasilan lainnya sekitar Rp 1,2 miliar. Dalam periode itu Djoko pernah menjabat sebagai Kapolres Bekasi, Kapolres Metro Jakarta Utara, Dirlantas Polda Metro Jaya, Wadirlantas Babinkam Polri, Dirlantas Babinkam Polri, dan Kakorlantas.

Kemudian dalam periode 2010-2012, penghasilan Djoko sebagai pejabat Polri hanya sekitar Rp 235,7 juta ditambah penghasilan lainnya senilai Rp 1,2 miliar. Namun, dalam periode itu Djoko telah membeli aset sekitar Rp 63,7 miliar. Dalam periode ini, Djoko menjabat sebagai Dirlantas Babinkam Polri, Kakorlantas, dan Gubernur Akpol.

Selain dianggap jaksa terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang, Djoko dianggap terbukti melakukan tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan kewenangannya untuk menguntungkan diri sendiri, pihak lain, atau suatu korporasi. Dia dianggap terbukti menunjuk PT Citra Mandiri Metalindo Abadi sebagai pelaksana proyek roda dua dan roda empat simulator SIM dan menggelembungkan harga alat simulator SIM. Dari perbuatannya ini, Djoko memperoleh keuntungan Rp 32 miliar.

Sementara itu, saat membacakan pembelaannya pekan lalu, Djoko membantah semua tuduhan jaksa KPK. Djoko mengaku hanya lalai dalam mengawasi dan menyerahkan pengerjaan proyek sepenuhnya kepada anak buahnya.




Editor : Caroline Damanik


















4:39 PM | 0 komentar | Read More

BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Membaik

Written By Unknown on Monday, September 2, 2013 | 4:48 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah sudah menguat beberapa hari belakangan. Data per hari ini, nilai tukar berada di posisi Rp 9.929. Bank Indonesia (BI) yakin, rupiah terus akan menguat seiring dengan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS).

"Meski ketidakpastian global masih tinggi, namun diperkirakan tekanan pada nilai tukar akan berkurang seiring dengan perbaikan ekonomi AS," jelas Direktur Departemen Komunikasi, Peter Jacobs, Jumat, (28/6/2013).

BI berharap, tingkat ekspor akan meningkat seiring perbaikan di negeri Paman Sam. Namun, untuk sementara ini, memang tekanan terhadap rupiah masih ada.

Oleh sebab itu, BI akan mementingkan langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, moneter, dan makro ekonomi nasional. Namun, BI tidak akan menetapkan angka nilai tukar rupiah untuk bertahan di level nominal tertentu.

BI pun akan mengorbankan cadangan devisa untuk menjaga posisi nilai tukar. Peter bilang, BI tak akan menetapkan angka psikologis cadangan devisa sebesar US$ 100 miliar. Namun ia mengaku tak tahu berapa posisi cadev akhir bulan ini. Pada Mei kemarin, cadev Indonesia sudah menurun ke posisi US$ 105,149 miliar dari sebelumnya US$ 107,269 miliar di bulan April.

Menurut BI, posisi cadev saat ini masih cukup untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. "Karena jauh di atas kebutuhan standar internasional," sebut Peter.

Kemudian, bank sentral ini melihat adanya total outflow yang terjadi sebagai uang panas. Ini pun menurutnya lazim, melihat situasi perekonomian yang tidak pasti. Peter menyatakan posisi outflow sekarang cenderung menurun dan membuat nilai tukar Rupiah relatif stabil.

Untuk itu, BI juga berusaha untuk mengantisipasi kebutuhan likuiditas di pasar. Terlebih, adanya peningkatan kebutuhan valas untuk pembayaran utang luar negeri dan repatriasi keuntungan korporasi. Peningkatan ini umum terjadi di periode akhir bulan dan akhir semester.(Annisa Aninditya Wibawa)




Editor : Bambang Priyo Jatmiko













4:48 PM | 0 komentar | Read More

Planes, Kisah Pesawat Pembasmi Hama Menuju Balapan Tingkat Dunia

Written By Unknown on Sunday, September 1, 2013 | 4:47 PM


Jakarta - Disney akhirnya mengeluarkan spin off dari film kartun Cars (2006) yakni Planes, berkisah mengenai pesawat kecil pembasmi hama dan cita-citanya untuk menjadi pembalap.


Dusty Crophopper adalah pesawat kecil pembasmi hama yang takut ketinggian namun sangat ingin menjadi pembalap dan mengikuti Wings Across The World (Balapan Melintasi Dunia). Atas saran dari sahabatnya si truk Chug, Dusty meminta Skipper Riley, pesawat veteran angkatan laut Amerika Serikat untuk menjadi mentornya, namun Skipper menolak.


Dusty tetap tidak patah semangat, ia tetap mengikuti kualifikasi Wings Across The World di AS, sayangnya Dusty menempati posisi ke enam. Namun keberuntungan ada di pihak Dusty saat peringkat kelima kualifikasi dinyatakan gugur karena melakukan kecurangan sehingga Dusty bisa naik ke posisi lima dan ikut mewakili AS sebagai salah satu kontestan di Wings Across the World.


Paginya, Skipper mendatangi Dusty dan akhirnya setuju melatih saat Dusty meyakinkan dirinya bahwa ia ingin membuktikan dirinya bisa menjadi pembalap, tidak hanya sekedar pesawat pembasmi hama di ladang jagung.


Setelah latihan dari Skipper selesai, Dusty menuju tempat pertandingan di mana ia bertemu dengan para kontestan lain dari berbagai negara, seperti El Chupacabra dari Meksiko, Rochelle dari Kanada, Ishani dari India, serta sang juara bertahan sekaligus rival Dusty, Ripslinger yang curang dan arogan. Dimulailah kisah Dusty membuktikan dirinya di antara para pesawat pembalap profesional serta usahanya meraih juara Wings Across the World


Sebagai sebuah spin off Cars, film Planes bersetting di dunia yang sama dengan Cars. Bahkan di film ini penonton dapat melihat kembali berbagai mobil "hidup" sebagaimana di Cars, selain tentunya beraneka macam pesawat yang memiliki mata dan bisa berbicara.


Sayangnya, Planes tidak menghadirkan suguhan yang baru. Film ini memiliki formula cerita yang sama dengan Cars, di mana ada mobil (atau kini diganti menjadi pesawat) yang sangat ingin menjadi juara dunia balapan walaupun diremehkan sekitarnya.


Secara keseluruhan film ini tetap cocok ditonton bersama keluarga. Humor-humor yang ditampilkan cukup membuat tertawa satu bioskop. Apalagi dengan adanya format 3D yang menghadirkan keseruan lain saat melihat para pesawat adu kecepatan di angkasa.


Planes disutradarai oleh Klay Hall yang juga menyutradarai King of the Hill dan The Simpsons. Planes dibintangi oleh Dane Cook sebagai Dusty, Stacey Keach sebagai Skipper, Brad Garrett sebagai Chug, Roger Craig Smith sebagai Ripslinger, dan Priyanka Chopra sebagai Ishani. Film berdurasi 1 jam 31 menit ini akan segera hadir di bioskop di Indonesia.


4:47 PM | 0 komentar | Read More

Ajak Warga Sadar Hak Pilih, KPU DKI Turun ke Jalan






JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta turun ke jalan untuk memastikan warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih telah terdaftar dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP). KPU mengajak warga aktif memastikan hak pilihnya dapat digunakan.

“Kami menjemput bola. Ini harus kami lakukan, karena kita punya waktu seminggu lagi untuk menetapkan DPT, maka kami mengajak masyarakat untuk mengecek namanya sudah masuk atau belum, karena itu terkait hak politik warga negara,” ujar Komisioner KPU Jakarta Betty Epsilon Idroos saat ditemui di lokasi sosialisasi di Bunderan HI, Minggu (1/9/2013).

Komisioner KPU Jakarta Mohammad Sidik menambahkan, selain melakukan sosialisasi melalui spanduk dan situs KPU, pihaknya juga mendatangi masyarakat dengan membawa perlengkapan untuk memeriksa nama-nama masyarakat seperti komputer jingjing dan modem internet.

Ia mengungkapkan, dalam kegiatan itu ada setidaknya 27 orang calon pemilih yang namanya belum terdaftar. Menurut Sidik, pihaknya akan menindaklanjuti temuan tersebut kepada KPU kabupaten/kota yang bersangkutan.

“Banyak yang antusias dalam mengecek nama-nama di laptop yang disediakan KPU, dan ada pula yang melapor nama2nya belum terdaftar ada 27 sampai saat ini ya. Yang melapor KTP nya luar Jakarta nanti akan disampaikan ke KPU terkait oleh KPU jakarta,” terang Sidik.




Editor : Hindra Liauw


















4:39 PM | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger