Basuki Jamin Tak Ada Calo CPNS DKI

Written By Kome land on Friday, September 6, 2013 | 4:24 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjamin pelaksanaan proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) DKI berlangsung secara transparan. Menurut Basuki, melalui sistem computer assessment test atau CAT dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) semakin membuat pelaksanaan proses penerimaan CPNS lebih baik.


"Orang dites enggak lagi cuma menunggu soal. Lagipula Jakarta itu transparan, jadi kemungkinan orang 'bermain' itu susah," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (6/9/2013).


Ia mengatakan, semua warga dapat melaporkan langsung, apabila ada oknum PNS DKI maupun oknum lain yang menjadi calo penerimaan CPNS. Selain itu, Basuki juga meminta para pelamar CPNS tidak percaya kepada calo yang menjanjikan posisi PNS di Pemprov DKI. Basuki menegaskan, ia akan memecat dan memidanakan oknum PNS DKI yang terbukti menjadi calo pegawai.


"Kalau ada yang mau bayar calo mah bodoh banget, sudah tahu kan DKI itu transparan," kata Basuki.


Menurut Basuki, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) telah menentang adanya praktik percaloan. Sejak ia menjadi anggota Komisi II DPR RI, Kemenpan dan RB telah berkomitmen untuk meniadakan suap-menyuap atau menyogok dalam proses penerimaan CPNS.


Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan alokasi 1.515 orang CPNS. Usulan formasi yang disampaikan ke Kemenpan dan RB telah disetujui, yakni 20 persen untuk tenaga pendidikan khususnya guru kelas SD, 35 persen untuk tenaga kesehatan (dokter, bidan, perawat, tenaga medis), dan 45 persen dari rumpun teknis dan administrasi.


Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, syarat umum untuk bisa mengikuti CPNS DKI adalah KTP, TOEFL Prediction minimal 400, IPK minimal 2,6 untuk S1, dan untuk SMK nilai rata-rata rapor 7.


Untuk usia, lulusan S1 harus berumur 18-33 tahun, lulusan D3 18-30 tahun, dan lulusan SMK 18-25 tahun. Untuk dapat mengikuti tes CPNS, pelamar dapat mendaftar melalui online maupun PO BOX. Mendaftar melalui jalur online di website resmi http://rekrutmen.jakarta.go.id hingga 20 September 2013.





Editor : Laksono Hari Wiwoho







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











Anda sedang membaca artikel tentang

Basuki Jamin Tak Ada Calo CPNS DKI

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/09/basuki-jamin-tak-ada-calo-cpns-dki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Basuki Jamin Tak Ada Calo CPNS DKI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Basuki Jamin Tak Ada Calo CPNS DKI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger