Kerajaan Matan Tanjungpura Gelar Festival Budaya

Written By Kome land on Sunday, October 19, 2014 | 4:46 PM


Pontianak - Kerajaan Matan Tanjungpura Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar Festival Budaya Keraton III di Istana Keraton Matan Tanjungpura yang diikuti 11 dari 12 kerajaan yang ada di Kalimantan Barat.


"Festival Keraton Matan Tanjungpura digelar bertujuan memperkenalkan adat istiadat dan budaya keraton Melayu di Ketapang kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda sekarang," kata Ketua Panita Festival Keraton Matan Tanjungpura Uti Mahmud saat dihubungi di Ketapang, Minggu (19/10).


Selain itu, menurut Uti, acara tersebut juga untuk melestarikan seni budaya Melayu yang ada sejak dahulu kala.


Dalam Festival Budaya Keraton Matan Tanjungpura III ini juga dimeriahkan oleh sejumlah perlombaan kesenian dan olah raga, seperti perlombaan tepung tawar, pangkak gasing, lomba sampan, hadrah, qasidah, sair gulung, dan lomba menombak.


Raja Matan Tanjungpura Pangeran Ratu Kertanegara Gusti Kamboja menyebutkan, ada tiga dimensi mengenai adat, yakni dimensi ketuhanan, kemanusian, dan alam sekitarnya.


Ia mengajak masyarakat Ketapang agar menjunjung adat karena memiliki kearifan lokal serta memiliki sistem nilai, seperti unsur-unsur kebaikan dan kepatutan sesama manusia, antara masyarakat yang satu dan lainnya.


"Festival budaya ini bertemakan adat dijunjung budaya disanjung. Dengan kegiatan ini, kami berharap budaya Melayu ke depannya makin dikenal oleh generasi mendatang," ujarnya.


Sekretaris Daerah Ketapang Mahyudin menyatakan, festival budaya itu harus tetap dilaksanakan setiap tahunnya karena selain memperkenalkan seni dan budaya kepada masyarakat Kalimantan Barat, juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat luar, baik tingkat nasional maupun dunia.


"Mudah-mudahan dengan acara ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk berkunjung ke Ketapang," ujarnya.


Festival Budaya Kerajaan Matan Tanjungpura dibuka, Sabtu (18/10) oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Mahyudin yang ditandai dengan penyulutan meriam pusaka Kerajaan Matan Tanjungpura Meriam Padam Pelita.


Pembukaan Fetival Budaya Kerajaan Matan Tanjungpura Ke-3 selain dihadiri 11 kerajaan dari 12 kerajaan yang ada di Kalimantan Barat, juga dihadiri Pangeran Mangkubumi Nooryakin dari Kesultanan Banjar, Kalimantan Selatan, Sultan Palembang Iskandar Mahmud Badaruddin dari Kesultanan Palembang Darussallam yang juga merupakan Ketua Umum Yayasan Raja Sultan Nusantara. Hadir juga sejumlah raja dari Kerajaan Malaysia yang dipimpin oleh Pangeran Huzaipah.



Anda sedang membaca artikel tentang

Kerajaan Matan Tanjungpura Gelar Festival Budaya

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2014/10/kerajaan-matan-tanjungpura-gelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kerajaan Matan Tanjungpura Gelar Festival Budaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kerajaan Matan Tanjungpura Gelar Festival Budaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger