Jokowi Pun Pernah Disuap...

Written By Kome land on Thursday, October 3, 2013 | 4:23 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah sorotan media massa terhadap kasus suap yang menimpa Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membuat pernyataan mengejutkan. Ia mengaku juga pernah disuap.

"Pernah, disuap istri saya, hehehehe, pas saya ulang tahun, saya disuapin," ujarnya di sela-sela blusukan ke Waduk Ria Rio,Kamis(3/10/2013).

Jokowi mengakui birokrasi di Indonesia memang tidak lepas dari praktik suap menyuap, termasuk di dalamnya praktik korupsi. Menurutnya, aksi itu bisa ditangkal melalui sistem yang baik dan benar.

Di Pemprov DKI Jakarta, tutur Jokowi, ia mulai menerapkan lima sistem yang dapat mencegah aksi korupsi, yakni E-budgeting, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, online pajak, Lelang Jabatan dan E-Katalog. Dua sistem, yakni E-Budgeting dan E-Katalog diketahui, masih tahap wacana.

"Ini kita sedang membangun sistem. Bagaimana sistem itu tak membuka peluang korupsi," ujarnya.

Apalagi, lanjut Jokowi, pemerintahannya sangat terbuka bagi penegak hukum untuk melakukan penyeldikan. Hal itu terbukti dari disambutnya KPK oleh Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama beberapa waktu lalu untuk menyelidiki beberapa pejabat.

Jika sistem yang rata-rata bersifat online itu tel ah mapan diterapkan di Pemprov DKI Jakarta, pihaknya tinggal memastikan bagaimana sistem itu tetap harus berjalan baik, bahkan diperbaharui.




Editor : Ana Shofiana Syatiri
















Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Pun Pernah Disuap...

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/10/jokowi-pun-pernah-disuap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Pun Pernah Disuap...

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Pun Pernah Disuap...

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger