TVRI: Siaran Konvensi Demokrat, Hasil Rapat di DPR

Written By Kome land on Wednesday, September 18, 2013 | 4:39 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi Republik Indonesia (TVRI) mengaku telah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI untuk menjadi media Pemilihan Umum (Pemilu). Setelah RDP tersebut, TVRI menayangkan acara Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat selama sekitar 3 jam.


"TVRI sudah menjadi media pemilu. Kita sudah RDP (rapat dengar pendapat) dengan Komisi I," ujar Direktur Utama TVRI Farhat Syukri di kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Jakarta, Rabu (18/9/2013).


Farhat mengatakan, RDP tersebut dilakukan pada 10 September 2013 sehingga setelah tanggal tersebut TVRI mulai menayangkan siaran terkait partai peserta Pemilu. RDP ini menjadi alasan mengapa sebelumnya TVRI tidak pernah menayangkan acara partai seperti itu. Farhat mengaku akan memberi kesempatan dan porsi yang sama pada partai lain.

"Jadi kita mulai menindaklanjuti, memberikan kesempatan yang sama pada semua parpol untuk tampil di TVRI," terangnya.

Dia membantah ada perintah dari pihak istana untuk menayangkan acara partai berlambang mercy itu. Farhat menegaskan, tayangan itu berdasarkan inisiatif dari TVRI.

Seperti diberitakan, KPI memanggil pihak TVRI untuk klarifikasi siaran tunda Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. Hal ini menyusul kritikan DPR atas penayangan acara Konvensi Demokrat di TVRI selama sekitar 3 jam pada Minggu (15/9/2013) malam.

Penayangan ini diduga melanggar Undang-Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002. Tayangan konvensi dinilai tidak dalam konteks berita publik melainkan kelompok tertentu. Tayangan selama itu di televisi milik negara dianggap telah merampas kepentingan rakyat.

Koalisi Masyarakat Peduli Netralitas Media juga melaporkan TVRI ke KPI. Mereka menilai siaran tunda Konvensi Partai Demokrat di TVRI telah merusak citra independensi TVRI dan memperlihatkan adanya intervensi kekuasaan terhadap media publik.





Editor : Hindra Liauw


















Anda sedang membaca artikel tentang

TVRI: Siaran Konvensi Demokrat, Hasil Rapat di DPR

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/09/tvri-siaran-konvensi-demokrat-hasil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

TVRI: Siaran Konvensi Demokrat, Hasil Rapat di DPR

namun jangan lupa untuk meletakkan link

TVRI: Siaran Konvensi Demokrat, Hasil Rapat di DPR

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger