Tembakau Rokok Sebagai Ancaman Dunia

Written By Kome land on Thursday, April 4, 2013 | 4:39 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Tembakau yang digunakan sebagai bahan produk rokok merupakan ancaman bagi umat manusia di seluruh dunia. Dari 192 negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 176 negara menyatakan tembakau sebagai ancaman global.




Menurut ilmu Farmakologi Klinis, nikotin itu bahan adiksi terkuat. Yang paling ringan itu kopi. Yang lebih berat sedikit dari kopi itu mariyuana. Level di atasnya itu alkohol disusul heroin, morfin, dan nikotin.


-- Hakim Sorimuda Pohan




"Menurut ilmu Farmakologi Klinis, nikotin itu bahan adiksi terkuat. Yang paling ringan itu kopi. Yang lebih berat sedikit dari kopi itu mariyuana. Level di atasnya itu alkohol disusul heroin, morfin, dan nikotin. Artinya, lebih banyak orang mampu lepas dari kecanduan mariyuana daripada rokok. Jelas mengapa hampir 100 persen anggota WHO bersikap demikian," papar Dr Hakim Sorimuda Pohan, S Pog dalam diskusi RUU Pertembakauan di Jakarta, Kamis (4/4/2013).


Data Kementerian Kesehatan mengatakan, pada tahun 1995, sebesar 53,9 persen orang dewasa Indonesia merokok. Tahun 2012 meningkat tajam menjadi 70 persen. Untuk itu, Hakim Sorimuda melihat urgensi dibuatnya peringatan bergambar tentang bahaya rokok, pembatasan wilayah tanpa rokok, peningkatan harga jual rokok, serta penyediaan klinik konsultasi.


Di China, misalnya, sudah dilarang mengiklankan bahan candu nikotin di tempat umum. Di India, sejak tahun 1994, larangan pengiklanan sejenis dilarang. Di Singapura, rokok sudah mencantumkan gambar peringatan kesehatan. Di banyak negara di luar negeri, anak berusia di bawah 18 tahun dilarang membeli rokok.


Sebaliknya, Pemerintah Indonesia belum menunjukkan keberpihakannya pada orang yang rentan terkena dampak negatif rokok seperti anak di bawah umur.


"Gangguan kesehatan karena merokok yang berdampak hingga kematian ini tergolong jenis kematian yang dapat dicegah (preventable death). Maka, perlu sikap tegas pemerintah jika tidak ingin anak kecil penerus bangsa ini diracuni dan sakit," tutup Hakim. 












Anda sedang membaca artikel tentang

Tembakau Rokok Sebagai Ancaman Dunia

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/04/tembakau-rokok-sebagai-ancaman-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tembakau Rokok Sebagai Ancaman Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tembakau Rokok Sebagai Ancaman Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger