Pesan Menakertrans untuk TKW

Written By Unknown on Monday, November 12, 2012 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar memberikan pesan ke tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri. Ini dilakukan agar tenaga kerja asal Indonesia tidak dilecehkan di luar negeri.


"Yang lebih penting adalah para TKW ini harus waspada. Ini dilakukan agar kita punya harga diri di mata Malaysia," kata Muhaimin saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Senin (12/11/2012).


Menurut Muhaimin, para TKW ini harus memiliki daya tahan dan persiapan khususnya dokumen biar tidak dimainkan orang. Selain itu, dia minta agar TKW tidak berangkat dari perusahaan jasa TKI secara ilegal. Dia juga meminta kepada tenaga kerja yang berangkat ke luar negeri khususnya Malaysia harus memiliki identitas lengkap dan jelas.


Hal itu akan membuat masyarakat di luar negeri tidak terkesan meremehkan orang asal Indonesia. "Akan lebih baik warga negara kita tidak berangkat ke sana (Malaysia) daripada hak-haknya tidak dipenuhi," jawabnya.


Sekadar catatan, seorang tenaga kerja Indonesia perempuan mengadu kepada biro pengaduan masyarakat partai Persatuan China Malaysia bahwa dia diperkosa tiga polisi di kantor polisi Bukit Mertajam, Malaysia. Pejabat Konsulat Jenderal RI langsung mengevakuasi korban.


Minister Counsellor KBRI Kuala Lumpur Suryana Sastradiredja di Kuala Lumpur yang dihubungi melalui telepon dari Jakarta, Minggu (11/11), mengatakan, ketiga polisi yang diduga memerkosa telah ditahan sementara. Pemerintah Malaysia telah membentuk tim khusus untuk menangani masalah ini. "Biasanya mereka ditahan 14 hari untuk investigasi. Kami minta Pemerintah Malaysia untuk mengusut dan menindak sesuai hukum yang berlaku," kata Suryana.


Korban, SM (25), sudah dievakuasi ke penampungan KJRI untuk perlindungan dan menyiapkan pengacara hukum Malaysia menjadi negara tujuan penempatan TKI terbesar karena faktor geografis dan kemiripan bahasa.


Ada 2,5 juta TKI menjadi pekerja rumah tangga, buruh konstruksi, perkebunan, dan pekerja pabrik di sana.  






Editor :


Erlangga Djumena









Anda sedang membaca artikel tentang

Pesan Menakertrans untuk TKW

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2012/11/pesan-menakertrans-untuk-tkw.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pesan Menakertrans untuk TKW

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pesan Menakertrans untuk TKW

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger