Dewan Kesenian Jakarta Gagas Program "Kota yang Tenggelam"

Written By Kome land on Tuesday, December 30, 2014 | 4:46 PM


Jakarta - Fenomena penurunan tanah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan semakin mengkhawatirkan di DKI Jakarta. Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menilai hal ini sebagai salah satu persoalan yang berpengaruh secara luar biasa pada kehidupan warga kota.


Kota Jakarta sendiri disinyalir sebagai salah satu kota di Asia yang sedang berada dalam proses tenggelam. Jika tidak dilakukan langkah-langkah penanggulangan, Jakarta diperkirakan akan tenggelam pada 2030.


Bagi Komite Teater DKJ, kesenian selalu berasal dari kehidupan sehari-hari yang nyata dan sangat dekat dengan pelaku serta penontonnya. Isu penting inilah yang menarik Komite Teater DKJ untuk menggagas program "Kota yang Tenggelam".


Pada tahap pertama program "Kota yang Tenggelam”, DKJ menggandeng Teater Kubur dan Lab Teater Ciputat dalam serangkaian diskusi dan riset lapangan. Menurut Ketua Komite Teater DKJ, Dewi Noviani, riset ini penting karena merupakan bagian tak terpisahkan dalam berkesenian.


Pada tahap yang digelar sejak Oktober sampai Desember 2013 lalu ini, para seniman mendiskusikan masalah tersebut dengan pemerhati masalah perkotaan Marco Kusumawijaya, aktivis Urban Poor Consortium Wardah Hafidz, dan Peneliti AMRTA Institute Irfan Zamzami.


“Bagi Komite Teater DKJ, riset adalah bagian yang tak terpisahkan dari sebuah proses berkesenian,” ungkap Ketua Komite Teater DKJ, Dewi Noviani.


Dilanjutkannya, hasil dari riset dan diskusi tadi akan diwujudkan dalam bentuk pertunjukan teater yang secara partisipatif melibatkan warga.


“Kami ingin dengan pelibatan warga dalam program ini mereka bisa saling mengetahui masalah di sekitarnya dan terbentuk rasa kebersamaan,” lanjut Dewi.


Ada pun rangkaian acara “Kota yang Tenggelam” akan diadakan dan dibagi menjadi dua agenda. Agenda pertama Pentas Pendampingan Masyarakat Kapuk Teko oleh Teater Kubur yang akan diadakan pada Selasa, 30 Desember 2014 di Kapuk Teko RW 01, Kelurahan Kapuk, Cengkareng Jakarta Barat mulai pukul 15.30 WIB.


Agenda kedua adalah Sedekah Sungai oleh Lab Teater Ciputat dan Warga Sangga Buana & Pondok Pinang yang akan diadakan pada Rabu, 31 Desember 2014 di Hutan Kota Sangga Buana-Karang Tengah Lebak Bulus Jakarta Selatan mulai pukul 13.00 WIB.


Penulis: Kharina Triananda/JAS


Sumber:PR


Anda sedang membaca artikel tentang

Dewan Kesenian Jakarta Gagas Program "Kota yang Tenggelam"

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2014/12/dewan-kesenian-jakarta-gagas-program.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dewan Kesenian Jakarta Gagas Program "Kota yang Tenggelam"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dewan Kesenian Jakarta Gagas Program "Kota yang Tenggelam"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger