5 Fakta Wajib Tahu Seputar Suku Betawi

Written By Kome land on Sunday, June 22, 2014 | 4:46 PM


Hari ini Jakarta berulang tahun ke-487. Meskipun Ibu Kota semakin mengarah pada perkembangan yang modern, nuansa budaya asli masih terus dijaga oleh banyak pihak banyak.


Dalam hal ini tentunya budaya suku Betawi, yang merupakan suku asli Jakarta. Suku ini tentu saja memiliki kekhasan yang tak dimiliki suku lain. Bagi Anda yang tinggal sejak lahir di Jakarta, wajib tahu lima fakta soal budaya suku Betawi. Burufly, merangkumnya untuk Anda, agar makin mengenal Jakarta dan Betawi.


Bahasa
Bahasa Betawi memiliki dasar Bahasa Indonesia pada umumnya, tetapi terdapat pencampuran baik dari daerah-daerah di Indonesia, maupun kebudayaan asing. Hal yang membuatnya unik adalah dialek pada bahasa Betawi tersebut. Terdapat dua jenis dialek berdasarkan daerah. Terdapat Betawi tengah yang memiliki dialek yang umumnya menggunakan huruf "E" dan Betawi Pinggir berdialek umumnya dengan huruf "A". Contohnya, jika ingin mengucapkan kaya mengapa, dialeknya menjadi “kenape” untuk Betawi Tengah dan Betawi Pinggir tetap “kenapa”.


Musik
Musik Betawi memiliki ciri khas yang unik, dan terdapat beberapa jenis musik yang berasal dari Suku Betawi, seperti Gambang Kromong yang berasal dari musik Tionghoa, tetapi ada juga Rebana yang berakar dari musik Arab. Terdapat pula Keroncong Tugu dan seni-seni lainnya, seperti Lenong dan Tanjidor. Terdapat pula lagu tradisional dari Suku Betawi yang sudah sangat dikenal, yaitu "Kicir-Kicir".


Seni tari dan drama
Suku Betawi memiliki keanekaragaman dalam bidang seni. Selain seni musik yang beragam, terdapat pula seni tari dan juga drama sebagai ciri khasnya. Tari Betawi terdapat beberapa macam, yaitu Topeng Betawi, Yapong yang dipengaruhi oleh tari Jaipong. Ciri khas dari Tari Betawi adalah gerakannya yang dinamis, dan ceria membuat orang yang menonton juga ikut bersemangat. Tidak berbeda jauh dengan budaya drama pada Suku Betawi. Drama yang sering dikenal adalah Lenong dan Tonil, yang menggambarkan kehidupan sehari-hari yang diangkat dengan humoris dan kaya akan pantun maupun lelucon khas Betawi, dipadukan dengan bahasa Betawi yang khas. Seringkali drama ini mengikutsertakan penonton untuk berinteraksi, menjadikan drama Betawi menjadi salah satu drama favorit nusantara.


Cerita rakyat
Suku Betawi juga memiliki cerita rakyat yang turun temurun diceritakan. Siapa pun pasti telah mengenal cerita rakyat dari tanah Betawi ini. Contohnya si Pitung, yang menceritakan tentang jagoan Betawi yang berani dan memerangi kejahatan penjajah dari Belanda. Cerita rakyat dari Betawi dikenal dengan kehidupannya yang keras dan tak kenal takut.


Sifat dan Kebiasaan
Kebanyakan masyarakat Betawi menganut agama Islam. Dikarenakan latar belakang keturunan penduduk lokal dan bangsa Portugis, suku Betawi memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan nilai-nilai keagamaan sangat dipegang teguh oleh masyarakat Betawi. Masyarakat Betawi juga mudah akrab dengan masyarakat lain ataupun pendatang dari luar Betawi. Selain berpegang teguh dengan agama, Suku Betawi juga masih selalu melaksanakan budayanya. Seperti ondel-ondel, dan seni-seni khas Betawi lainnya, sehingga akan terlihat kebanggaan.


Anda sedang membaca artikel tentang

5 Fakta Wajib Tahu Seputar Suku Betawi

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2014/06/5-fakta-wajib-tahu-seputar-suku-betawi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

5 Fakta Wajib Tahu Seputar Suku Betawi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

5 Fakta Wajib Tahu Seputar Suku Betawi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger