Pawang: Monyet Enggak Disiksa, Minumnya Susu

Written By Kome land on Friday, October 25, 2013 | 4:23 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Dede Taryono (29), seorang pemilik topeng monyet di Jakarta, menolak disebut menyiksa binatang. Ia tidak pernah menyiksa monyet yang ia latih. Ia bahwa merawatnya dengan baik dan kasih sayang.


"Monyet dilatih itu harus penuh kesabaran. Enggak ada namanya penyiksaan, minumnya saja susu (formula). Yang di televisi rekayasa tuh," ujar Dede di rumahnya, Jumat (25/10/2013).


Dede menuturkan, selama dilatih, hewan primata tersebut digembleng selama sebulan. Selama latihan itu pul, monyet diberi makan dan minuman bergizi. Dede mengklaim sering berbagi makanan dengan monyet yang ia dilatih.


Sebagian besar monyet yang dilatih Dede berasal dari daerah Lampung. Menurut Dede, monyet-monyet itu akan "pensiun" setelah 7 tahun beratraksi untuk topeng monyet. Setelah itu, hewan itu akan dilepas ke hutan, misalnya di daerah Cirebon.


Menurut Dede, apa yang dilakukan oleh pawang monyet itu jauh lebih baik dibanding orang-orang yang mengonsumsi primata itu. "Mereka semua itu yang bikin monyet habis," ujar Dede.


Keberadaan topeng monyet di Jakarta akan dilarang mulai 2014. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, monyet-monyet itu akan dibeli dan dipelihara di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Selain membeli monyet-monyet tersebut, Pemprov DKI juga akan memberikan pembinaan kepada para pekerja topeng monyet.


Menurut Jokowi, permainan topeng monyet telah menyakiti fisik hewan primata itu. Selain itu, pelarangan topeng monyet juga dimaksudkan untuk menekan bahaya penyebaran penyakit dari hewan kepada manusia.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















Anda sedang membaca artikel tentang

Pawang: Monyet Enggak Disiksa, Minumnya Susu

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/10/pawang-monyet-enggak-disiksa-minumnya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pawang: Monyet Enggak Disiksa, Minumnya Susu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pawang: Monyet Enggak Disiksa, Minumnya Susu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger