Konvensi Capres Demokrat Tengah Meredup

Written By Kome land on Wednesday, October 30, 2013 | 4:39 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Komite Konvensi Partai Demokrat Rully Charis mengatakan bila hingar bingar konvensi tengah meredup. Pasalnya, para kandidat konvensi masih canggung melakukan aktivitas konvensi karena di saat bersamaan mayoritas kandidat masih mengemban tugas di jabatan lain.

Rully menyampaikan, dalam pengamatannya para kandidat konvensi masih menjunjung tinggi norma dan etika politk yang ada. Terlebih, saat publik menyoroti kinerja sebagian kandidat yang nyatanya masih menjabat sebagai penyelenggara negara.

"Dalam perjalanannya saya lihat mereka terlalu menjunjung tinggi norma dan etika politik sehingga membatasi ruang gerak mereka sendiri. Belum apa-apa sudah diributkan persoalan waktu yang dihabiskan untuk kampanye, asal dana, wajib mundur atau tidak, dan sebagainya," kata Rully saat dihubungi, Rabu (30/10/2013).

Menurut Rully, sorotan publik yang begitu besar pada konvensi capres Demokrat menimbulkan beban psikologis pada setiap kandidat. Khususnya bagi para kandidat yang saat ini masih menduduki jabatan publik.

"Disadari atau tidak, namun kita melihatnya dari kacamata positif saja, bahwa dari situasi ini akan lahir solusi yang lebih baik tanpa mencederai harapan publik akan capres yang bersih dan amanah," ujarnya.

Rully melanjutkan, pada pekan-pekan selanjutnya geliat konvensi akan kembali tumbuh karena masalah-masalah substansial yang ia sebutkan telah ditemukan jalan keluarnya. Ia sampaikan, Majelis Tinggi Partai Demokrat telah memberikan beberapa masukan pada semua kandidat dalam pertemuan khusus tertutup pada pekan lalu.

Setelah melalui tahap pra-konvensi, Konvensi Partai Demokrat secara resmi dimulai pada 15 September 2013 hingga akhir Desember 2013. Di dalam waktu tersebut akan dilakukan berbagai kegiatan, mulai dari pengenalan kandidat, wawancara media, dan dilakukan satu kali survei untuk semua kandidat konvensi yang dilakukan oleh tiga lembaga survei.

Di awal Januari sampai April 2014, pelaksanaan konvensi akan memasuki tahap baru. Kegiatan yang dilakukan adalah wawancara mendalam kepada para kandidat yang melibatkan komite dan tokoh lain sebagai pewawancaranya. Di periode itu juga akan digelar debat antarkandidat dan dilakukan lagi survei untuk menentukan hasil akhir.

Peran masyarakat dalam menentukan pemenang konvensi akan nampak dalam survei akhir tersebut. Seluruh dana terkait konvensi dijamin berasal dari sumber halal dan semua peserta konvensi wajib membuat rekening khusus sebagai wujud transparansi keuangan konvensi.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Konvensi Capres Demokrat Tengah Meredup

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/10/konvensi-capres-demokrat-tengah-meredup.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konvensi Capres Demokrat Tengah Meredup

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konvensi Capres Demokrat Tengah Meredup

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger