Apresiasi Film Indonesia 2013 Hadirkan Kategori Penghargaan Baru

Written By Kome land on Thursday, October 17, 2013 | 4:46 PM


Jakarta - Ada yang berbeda dan berubah dari Pagelaran Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2013. Tahun ini akan ada 18 kategori penghargaan baru yang sudah dirombak dan diperbaharui dari tahun sebelumnya yang hanya melombakan 14 kategori.


"Dari segi penghargaan yang ada sudah banyak yang kami ubah karena pada pagelaran tahun ini akan lebih menekankan kepada suatu film yang dipandang sebagai sebuah karya yang utuh, oleh karena itu ada beberapa kategori yang kita hilangkan juga ada tambahan beberapa kategori lainnya," ujar Ichwan Persada, Ketua Tim AFI 2013, pada acara Konferensi Pers Apresiasi Film Indonesia di Kantor Kemendikbud Jakarta, Kamis (17/10).


Pada AFI 2013 akan dikenalkan beberapa kategori penghargaan baru seperti Apresiasi Festival FIlm, Apresiasi Komunitas, Apresiasi Sutradara Perdana, dan Apresiasi Film Independen Kategori Pelajar dan Mahasiswa.


"AFI merupakan ajang penghargaan yang sarat dengan misi pembinaan dan pendidikan. Untuk itu, AFI juga akan memberikan apresiasi kepada lembaga pendidikan dan film-film independen karya pelajar maupun mahasiswa agar generasi muda terus berpacu untuk berkarya menciptakan sesuatu yang positif bagi masyarakat," ucap Kacung Marijan, Direktur Jenderal Kebudayaan, di saat yang sama.


Ichwan mengaku bahkan kategori penghargaan yang ada pada AFI ini tidak ada pada ajang-ajang penghargaan film yang lain. Ia menegaskan hal ini sejalan dengan niatan AFI sendiri untuk menjadi sebuah ajang penghargaan film Indonesia yang mampu memberikan penilaian berbeda.


"Kalau kita lihat pada kategori Apresiasi Komunitas ini didasarkan kepada banyak komunitas-komunitas baik film maupun non-film yang terus membuat sebuah karya film yang bagus dan mendidik," tambah Ichwan.


Kemendikbud mendesain Apresiasi Film Indonesia 2013 dengan menempatkan film, beserta seluruh unsur yang melingkupinya, sebagai satu kesatuan. Dengan kata lain, AFI 2013 tidak hanya mengapresiasi film sebagai karya, namun juga memberikan penghargaan khusus kepada elemen-elemen yang sudah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan dunia perfilman nasional.


Anda sedang membaca artikel tentang

Apresiasi Film Indonesia 2013 Hadirkan Kategori Penghargaan Baru

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/10/apresiasi-film-indonesia-2013-hadirkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Apresiasi Film Indonesia 2013 Hadirkan Kategori Penghargaan Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Apresiasi Film Indonesia 2013 Hadirkan Kategori Penghargaan Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger