Waduk Tomang Barat Dikelilingi Rumah Permanen

Written By Kome land on Thursday, September 26, 2013 | 4:24 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio yang dikelilingi rumah semipermanen, Waduk Tomang Barat di Tanjung Duren, Jakarta Barat, dikelilingi oleh rumah-rumah permanen yang tertata rapi.


Waduk Tomang Barat berbentuk seperti huruf u dengan luas enam hektar. Waduk dan rumah-rumah warga di sekitarnya dipisahkan oleh jalan selebar sekitar empat meter. Lingkungan di sekitar waduk bisa dibilang bersih. Tidak tampak kekumuhan seperti di waduk-waduk yang telah ditata oleh Pemerintah Provinsi DKI. Banyak warga berinteraksi satu sama lain di depan rumah di sana. Anak-anak kecil berlari bermain di jalan sekitar perumahan.


Waduk Tomang Barat mempunyai kedalaman sekitar lima sampai tujuh meter. Namun, permukaan waduk dipenuhi eceng gondok dan lumpur. Endapan lumpur ini ditaksir sekitar dua meter dari permukaan waduk.


Agus Sumpeno selaku penanggung jawab Waduk Tomang Barat mengatakan, waduk tersebut melayani sekitar 200 hektar daerah aliran air dari perumahan di sekitarnya. Ia menuturkan, sejak pengelolaan waduk dialihkan dari Dinas Pekerjaan Umum ke Dinas Kebersihan, waduk ini sudah tidak terurus lagi. "Makanya sekarang banyak eceng gondok. Sebelumnya, eceng gondok tidak ada," ujarnya, Kamis (26/9/2013).


Agus menambahkan, dengan adanya eceng gondok tersebut, nyamuk-nyamuk berkeliaran hingga ke rumah-rumah warga. Selain itu aliran air dari rumah warga ke waduk pun tersumbat. Sebelum adanya eceng gondok, Agus mengatakan, banyak orang yang memancing di waduk itu.


"Masalahnya selain eceng gondok, banyak sekali lumpur. Soalnya (fungsi waduk) untuk menampung air hujan, kalau dangkal bagaimana?" ujarnya.


Agus berharap, setelah Waduk Tomang Barat ditata, waduk itu bisa kembali bersih dari eceng gondok dan lumpur. Pemerintah Provinsi DKI berencana menata Waduk Tomang Barat setelah penataan Waduk Pluit di Jakarta Utara dan Waduk Ria Rio di Jakarta Timur selesai.





Editor : Laksono Hari Wiwoho
















Anda sedang membaca artikel tentang

Waduk Tomang Barat Dikelilingi Rumah Permanen

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/09/waduk-tomang-barat-dikelilingi-rumah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waduk Tomang Barat Dikelilingi Rumah Permanen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waduk Tomang Barat Dikelilingi Rumah Permanen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger