Fathanah Pernah Transfer Uang ke Politisi PKS Eks Anggota DPR

Written By Kome land on Monday, September 30, 2013 | 4:39 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa kasus dugaan suap pengaturan kuota impor daging sapi dan pencucian uang Ahmad Fathanah pernah mentransfer uang Rp 50 juta kepada mantan anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rama Pratama. Hal itu pun dibenarkan Rama saat bersaksi untuk Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (30/9/2013).

"Pernah Rp 50 juta," kata Rama.

Dia menjelaskan uang itu merupakan uang ganti dari mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq atas jamuan investor dari luar. Rama yang menjabat di Bidang Ekonomi DPP PKS, saat itu diminta Luthfi menjamu investor dan menyediakan fasilitas seperti penginapan, transportasi, dan makan.

"Saat itu saya gunakan kartu kredit untuk acara itu selama dua minggu untuk 10 orang di Hotel Le Meridien. Mereka (investor) diajak keliling ke perusahaan di sini," katanya.

Rama pun menggunakan kartu kreditnya dan menghabiskan lebih dari Rp 50 juta. Dia kemudian menyampaikan pada Luthfi pengeluarannya itu. Luthfi mengatakan uang itu akan diberikan Fathanah.

"Saya bilang ini pake kartu kredit saya. Pak Luthfi katakan, oke nanti ada (uang) dari Fathanah," terang Rama.

Rama mengatakan tak pernah ada lagi transaksi dengan Fathanah setelah itu. Rama mengaku kerap mengeluarkan uang untuk kegiatan partai ataupun kebutuhan Luthfi yang saat itu Presiden PKS.

"Saya biasa untuk menalangi beberapa kegiatan atau beberapa kebutuhan Pak LHI terkait kegiatan partai atau organisasi yang lain," katanya.

Dalam kasus ini, Fathanah didakwa melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Fathanah didakwa bersama-sama Luthfi menerima uang Rp 1,3 miliar dari PT Indoguna Utama terkait kepengurusan kuota impor daging sapi. Dia juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang dengan menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membayarkan, dan membelanjakan harta kekayaan yang nilainya mencapai Rp 34 miliar dan 89.321 dollar AS. Diduga, harta tersebut berasal dari tindak pidana korupsi.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


















Anda sedang membaca artikel tentang

Fathanah Pernah Transfer Uang ke Politisi PKS Eks Anggota DPR

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/09/fathanah-pernah-transfer-uang-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Fathanah Pernah Transfer Uang ke Politisi PKS Eks Anggota DPR

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Fathanah Pernah Transfer Uang ke Politisi PKS Eks Anggota DPR

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger