Lelang Kepala Sekolah Disinergikan dengan Kemendikbud

Written By Unknown on Friday, July 12, 2013 | 4:24 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan akan membuka pendaftaran lelang kepala sekolah dengan online mulai Oktober 2013. Lelang kepala sekolah ini juga akan disinergikan dengan peraturan di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kita boleh melakukannya secara terbuka tapi di sana sudah ada ketentuan misalnya, sekarang ini sudah ada ketentuan lembaga yang juga berhak untuk mengakses seorang calon kepala sekolah. Ternyata, di Kementerian ada lembaganya. Nah, ini bagaimana kita mensinergikan. Saya ingin melihat secara sinerginya supaya bisa berjalan," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Menurut Taufik, seleksi kepala sekolah ini akan dilakukan secara terbuka bagi guru-guru yang ada di lingkup pendidikan, namun terbatas pada wilayah DKI Jakarta saja. Para calon kepala sekolah nantinya akan menjalani tes akademik, psikotes, wawancara dan paparan dan dilakukan dengan akuntabel dengan melibatkan lembaga seperti Dinas Pendidikan, Inspektorat, BKD dan lainnya.

Di DKI Jakarta, Taufik mengatakan terdapat 2.220 Sekolah Dasar Negeri. Sementara untuk tingkat sekolah menengah pertama, terdapat 289 sekolah. Pada tingkat sekolah menengah atas ada 117 sekolah negeri. Untuk sekolah menengah kejuruannya ada 63 sekolah.

"Dilihat dari jumlah komposisi ini, nanti akan dilakukan secara bertahap," lanjut Taufik.

Mengenai mekanisme, saat ini masih dalam penggodokan. Diharapkan, lelang jabatan kepala sekolah ini mampu mendapatkan kepala sekolah yang mempunyai nilai-nilai kepemimpinan yang lebih baik.

"Prinsipnya, ini suatu kesempatan mendapatkan kepala sekolah-kepala sekolah yang lebih baik. Walaupun yang sekarang saja sudah baik ya," ujar Taufik.




Editor : Ana Shofiana Syatiri


















Anda sedang membaca artikel tentang

Lelang Kepala Sekolah Disinergikan dengan Kemendikbud

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/07/lelang-kepala-sekolah-disinergikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lelang Kepala Sekolah Disinergikan dengan Kemendikbud

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lelang Kepala Sekolah Disinergikan dengan Kemendikbud

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger