Harga Kakao Anjlok Hingga 50 Persen

Written By Kome land on Wednesday, May 1, 2013 | 4:48 PM





Harga Kakao Anjlok Hingga 50 Persen





Penulis : Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan | Rabu, 1 Mei 2013 | 16:23 WIB













Kompas.Com/DESI SAFNITA SAIFANa


Seorang perempuan di Kecamatan Gandapura, tengah menjemur biji kakao sebelum dijual kepada agen yang datang. (DESI)




TERKAIT:





BIREUEN, KOMPAS.com — Harga kakao dilaporkan anjlok hingga hampir 50 persen dalam sebulan terakhir ini, yakni Rp 13 ribu per kilogram dari harga sebelumnya sempat lama bertahan di kisaran Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per kilogram.


Sejumlah petani komoditas ini mengeluhkan penurunan harga tersebut. seperti yang diungkapkan Zakaria, seorang pedagang pengumpul di Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, harga kakao saat ini turun drastis, dan berbanding terbalik dengan masa kejayaan kakao pascakonflik Aceh beberapa tahun silam.


"Penurunan harga kali ini memang tidak tanggung-tanggung, kalau di kecamatan yang tidak terlalu jauh dengan Kota Bireuen masih seragam di atas Rp14 ribu per kilogram, tapi kalau di kecamatan pedalaman bisa di bawah itu," kata Zakaria, Rabu (1/5/2013).


Hal senada dikeluhkan Munir Adli, seorang petani dan pekebun di Kecamatan Gandapura. Diakuinya, kakao merupakan komoditas perkebunan unggul di Bireuen. "Otomatis penjualan jenis komoditas itu lancar dari petani ke agen, sehingga disayangkan kalau harganya anjlok seperti ini," sebut Munir pelan.


Ia berharap, pihak terkait dapat mengupayakan kestabilan harga jual berbagai macam komoditas perkebunan, terutama harga kakao yang cukup membantu perekonomian masyarakat. Begitu pun antusias pemilik kebun melemah dipengaruhi turunnya harga. Banyak warga membiarkan kakaonya tidak dipetik.


"Harga sekarang semakin rendah dan kurang menguntungkan sehingga kami enggan memasarkannya sementara ini," tandas Munir seraya menyebutkan ongkos angkut yang tidak sesuai.






Editor :


Bambang Priyo Jatmiko















Anda sedang membaca artikel tentang

Harga Kakao Anjlok Hingga 50 Persen

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/05/harga-kakao-anjlok-hingga-50-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga Kakao Anjlok Hingga 50 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga Kakao Anjlok Hingga 50 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger