Indonesia Akan Kembangkan I-pop

Written By Unknown on Saturday, March 9, 2013 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com- Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa, masing-masing mempunyai ciri khas yang berbeda. Hal ini menjadi salah satu potensi yang perlu dikembangkan secara optimal.


Melihat potensi tersebut, khususnya dalam bidang seni musik, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan serius mengembangkan dan memperkenalkan musik nasional, sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.


"Untuk merintis I-pop, kami akan terlebih dahulu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada dunia musik Tanah Air, antara lain pelanggaran HKI, kurangnya apresiasi terhadap musik daerah, musik yang dianggap masih kurang bersaing, minimnya minat masyarakat terhadap lagu anak serta minimnya ruang publik untuk pertunjukan bagi musisi lokal," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ukus Kuswara, Sabtu (9/3/2013).


Menghadapi permasalahan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan merangkul para pemengku kepentingan agar memberikan solusi terhadap permasalahan seputar dunia musik. "Kami akan memperkenalkan musik lokal dengan memberikan tempat di ruang publik bagi musisi lokal, melakukan workshop untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas musisi lokal, mengembangkan model bisnis yang dapat mendukung peng embangan musik, serta memperbanyak festival musik rakyat," lanjutnya lagi.


Mengenai rencana pengembangan I-pop yang terinspirasi dari kesuksesan K-pop atau Korea Pop, Ukus menjelaskan bahwa tampilan I-pop akan berbeda dengan tampilan K-pop. "Kami akan mengangkat musik yang benar-benar mencirikan Indonesia, sehingga musik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mendunia," sambungnya.


Diakui Ukus, untuk mengembangkan I-pop, Indonesia belajar banyak dari pengembangan K-pop. "Kami mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap pengembangan segala unsur seni pertunjukan yang ditampilkan K-pop. Kami akan mempelajari langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Korea untuk bisa diadaptasi dan diimplementasikan pada I-pop. Selain itu, kami juga melihat bahwa pengembangan K-pop memberikan dampak postif bagi pengembangan dunia pariwisata Korea. Hal ini juga menjadi salah satu inspirasi untuk memajukan industri tanah air," tambahnya.


Dalam rangka memajukan musik Tanah Air, Kemenparekraf akan menggelar acara bertajuk Indonesia Berdendang. Acara yang diadakan dalam tahun inimeliputi festival lagu daerah, festival lagu jazz, festival lagu anak, festival lagu pop, festival lagu dangdut dan festival musik internasional.






Editor :


Marcus Suprihadi









Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Akan Kembangkan I-pop

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/03/indonesia-akan-kembangkan-i-pop.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Akan Kembangkan I-pop

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Akan Kembangkan I-pop

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger