Sutradara Palestina Nominator Oscar Sempat Ditahan Imigrasi AS

Written By Unknown on Thursday, February 21, 2013 | 4:46 PM


Ia ditahan pihak imigrasi karena dianggap tidak memiliki dokumen yang lengkap untuk membuktikan bahwa ia menjadi nominator Oscar.



Los Angeles - Petugas imigrasi Amerika Serikat (AS) menahan sutradara Palestina yang baru saja tiba di Los Angeles untuk menghadiri acara penghargaan Academy Awards di mana film dokumenternya "5 Broken Cameras" masuk dalam nominasi Oscar.



Emad Burnat mengatakan dia tiba di Bandara Internasional Los Angeles dari Turki bersama istri dan anaknya berumur 8 tahun pada Selasa (19/2) malam waktu setempat. Lalu ia ditahan pihak imigrasi karena dianggap tidak memiliki dokumen yang lengkap untuk membuktikan bahwa ia menjadi nominator Oscar.



"Kemarin malam, dalam perjalanan saya dari Turki ke Los Angeles, keluarga saya dan saya ditahan imigrasi AS selama satu jam dan diinterograsi soal tujuan saya ke AS," katanya dalam siaran persnya.



"Walau ini merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, ini adalah hal biasa yang dialami warga Palestina, setiap hari, di West Bank," ujarnya.



Burnat sebelumnya menghabiskan hampir enam jam di pos pemeriksaan Israel saat dia mengendarai mobil menuju Amman untuk mengejar penerbangannya ke AS.



Penahanannya di AS itu pertama kali dilaporkan oleh sutradara film dokumenter terkenal di AS sekaligus teman Burnat, Michael Moore, yang mengatakan ia menerima pesan darurat dari Burnat dari penjepit bolpoin di bandara.



Menurut unggahan di blog Moore, dia meminta Burnat memberitahu petugas imigrasi nama dan nomor telepon Moore sehingga ia dapat menjelaskan mengapa Burnat berada di AS.



Burnat baru saja berada di AS dua minggu sebelumnya untuk melakukan sesi wawancara bersama seorang sutradara yang ikut membantunya membuat film, aktivis Israel Guy Davidi.



Pihak Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan tidak berkomentar mengenai kasus tersebut, tapi dalam pernyataannnya pihak bea cukai mengatakan mereka "berusaha memperlakukan semua pengunjung dengan hormat dan cara yang profesional untuk menjaga fokus mereka untuk melindungi semua warga negara dan pengunjung di AS".



Film "5 Broken Cameras" menceritakan perjalanan Burnat dalam merekam ragam peristiwa dengan kameranya itu. Tapi ia tak pernah berhasil menjaga kameranya untuk tetap utuh, sehingga kemudian lelaki asal Palestina ini terpaksa mengganti kameranya hingga lima kali.

Burnat mengabadikan protes warga Tepi Barat melawan perluasan pembangunan pemukiman oleh otoritas Israel di tanah Palestina, serta pemaksaan secara brutal pembangunan pemukiman Yahudi di desa Bil'in di wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel.



Dari setiap kameranya yang rusak itu terdapat sejarah dan menjadi saksi bisu atas berbagai kekerasan yang ia dan warga desa Bil'in alami.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sutradara Palestina Nominator Oscar Sempat Ditahan Imigrasi AS

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/02/sutradara-palestina-nominator-oscar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sutradara Palestina Nominator Oscar Sempat Ditahan Imigrasi AS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sutradara Palestina Nominator Oscar Sempat Ditahan Imigrasi AS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger