Pemprov DKI Jangan Dirikan Sekolah Bertaraf Internasional

Written By Unknown on Tuesday, January 8, 2013 | 4:23 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan sekolah dengan label rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) terus menuai polemik. Di satu pihak, pemerintah bersikukuh dengan RSBI untuk menjadi wadah siswa-siswa dengan kecerdasan di atas rata-rata, sementara banyak pihak lain yang keras menolak, bahkan menuntut dihapus karena RSBI menciptakan jurang di dunia pendidikan.


Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua mengatakan, sebaiknya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar tidak ikut menyelenggarakan RSBI. Pasalnya, pembangunan pendidikan di Jakarta masih belum berimbang, baik secara kualitas maupun prasarananya.


"Pendidikan Jakarta ini masih compang-camping. Ada yang gedung sekolahnya bagus banget, ada juga yang jelek. Guru-gurunya juga begitu, ada yang bagus, ada yang sebaliknya," kata Inggard kepada Kompas.com di Gedung DPRD DKI, Selasa (8/1/2013).


Namun demikian, Inggard tak menolak jika label RSBI hanya digunakan oleh sekolah-sekolah swasta. Namun demikian, untuk sekolah negeri, menurutnya, masih banyak hal yang dibenahi dan dipersiapkan untuk menuju RSBI.


"Bukannya enggak setuju dengan RSBI, kalau swasta terserah, tapi kalau sekolah negeri saya pikir nanti dulu," ujarnya.


Sekadar informasi, hari ini Mahkamah Konstitusi (MK) bakal mengeluarkan putusannya terkait evaluasi RSBI. Hal itu terkait dengan gugatan yang dilayangkan Koalisi Anti Komersialisasi Pendidikan (KAKP) pada MK di 2012.


KAKP menuding sekolah berlabel RSBI menciptakan jurang kastanisasi dan mengarah pada liberalisasi pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan standar biaya yang mahal, digunakannya bahasa asing sebagai bahasa pengantar dan pengkhususan RSBI untuk siswa dengan kemampuan akademik di atas rata-rata.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Pemprov DKI Jangan Dirikan Sekolah Bertaraf Internasional

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/01/pemprov-dki-jangan-dirikan-sekolah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemprov DKI Jangan Dirikan Sekolah Bertaraf Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemprov DKI Jangan Dirikan Sekolah Bertaraf Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger