Mangkir Dipanggil DPR, Dahlan Pilih Ngurus Sapi

Written By Unknown on Monday, January 21, 2013 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan sudah empat kali tidak memenuhi panggilan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (21/1/2013). Dahlan justru memilih untuk mengunjungi program integrasi sapi dan sorghum di Makassar.


Pemanggilan Dahlan ini masih terkait dengan pembahasan masalah inefisiensi PT PLN yang mencapai Rp 37,6 triliun saat Dahlan menjadi direktur utama perusahaan listrik pelat merah itu.


"Sapi sekarang menjadi bisnis yang penting. Saya lebih mengoptimalkan pengembangan bisnis sapi agar Indonesia mengurangi impor sapinya," kata Dahlan saat dihubungi Kompas.com dari Jakarta, Senin (21/1/2013).


Kunjungan Dahlan ini dalam rangka program Berdikari Integrated Farming. Program ini meliputi pembangunan ketahanan pangan melalui program integrasi peternakan sapi dan sorghum. Pengembangan program ini dilakukan di Bila River Ranch, kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Program ini melibatkan 400 peternak dan 800 petani dengan luas lahan sorghum 3.200 ha, 2.000 ha jagung. 400 ha rumput gajah.


"Program ini merupakan kerjasama antara Universitas Hasanuddin Makassar, Institut Pertanian Bogor, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII dan PTPN XIV," tambahnya.


Berdikari integrated farm adalah sistem peternakan sapi yang terpadu antara sapi betina produktif, anakan 6.000 sapi dan makanan dari hijau-hijauan dan konsentrat yang bekerjasama dengan para petani. Ke depan, hijauan ini juga akan dipanen dari sorghum. "Berdikari sekarang pada fokus pengembangan sapi, tidak lagi bisnis mebel dan asuransi," katanya.


Sekadar catatan, pemerintah Indonesia saat ini masih berupaya melakukan impor daging sapi khususnya dari Australia. Ini untuk mencukupi kebutuhan daging sapi dalam negeri.


Padahal, peternakan sapi di dalam negeri masih banyak, namun belum banyak dikembangkan. Di tanah air, distribusi sapi ini masih terhambat karena biaya distribusinya mahal, apalagi bila harus menggunakan kapal laut. Di sisi lain, distribusi ini terhambat karena gelombang air laut sedang tinggi.






Editor :


Erlangga Djumena









Anda sedang membaca artikel tentang

Mangkir Dipanggil DPR, Dahlan Pilih Ngurus Sapi

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/01/mangkir-dipanggil-dpr-dahlan-pilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mangkir Dipanggil DPR, Dahlan Pilih Ngurus Sapi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mangkir Dipanggil DPR, Dahlan Pilih Ngurus Sapi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger