Jelang Pemilihan Hakim Agung, KY Usul Tolak 1 Calon

Written By Unknown on Wednesday, January 23, 2013 | 4:39 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan segera memilih delapan hakim agung dari 24 calon yang telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan selama hampir dua pekan. Namun, menjelang pemilihan itu, Komisi III menerima surat dari Komisi Yudisial (KY) yang isinya berisi usulan penolakan salah satu hakim yang dianggap tidak bersih, yakni Nommy HT Siahaan.


Adanya surat ini pun dibenarkan oleh Ketua Komisi III I Gede Pasek Suardika. Menurut Pasek, seharusnya KY tidak usah mengirim surat lagi karena proses sepenuhnya menjadi kewenangan Komisi III. Apalagi, surat itu berdasarkan pendapat pribadi seorang yang tidak diketahui latar belakangnya.


"KY harusnya tidak usah kirim surat lagi, apalagi personal. Ini kan tidak pas," tukas Pasek, Rabu (23/1/2013), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.


Seperti diketahui, Komisi III telah merampungkan seleksi 24 calon hakim agung. Seluruh calon hakim agung itu merupakan hasil seleksi awal yang dilakukan Komisi Yudisial. Pasek pun menyayangkan sikap KY yang mengirimkan surat usulan penolakan terhadap salah satu calom hakim agung itu. Seharusnya, hal ini sudah terdeteksi lebih dulu oleh KY di tahap awal.


"Ini ternyata belum final tapi sudah dilimpahkan ke sini," tutur Pasek.


Adapun, surat yang diterima Komisi III DPR itu dikirimkan oleh Ketua KY Eman Suparman pada tanggal 16 Januari 2012 silam. Surat ini baru disebar sekretariat komisi ke seluruh anggota Komisi III.


Isi surat itu adalah sebagai berikut:


16 Januari 2013


Kepada:Ketua DPR RI dan Ketua Komisi III DPR
Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa Baharuddin Sapunan SH dengan surat tanggal 20 Desember 2012 yang ditujukan kepada Ketua KY menyampaikan keberatannya atas pengusulan DR Nommy HT sebagai calon hakim agung karena dianggap bukan hakim bersih yang layak menjadi hakim agung.


Sehubungan dengan surat tersebut, diterima oleh KY setelah pengumuman hasil selesi calon hakim agung, maka surat dimaksud kami teruskan kepada pimpinan DPR atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.


Ttd.
Prof. Dr. . Eman Suparman, SH MH.












Anda sedang membaca artikel tentang

Jelang Pemilihan Hakim Agung, KY Usul Tolak 1 Calon

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/01/jelang-pemilihan-hakim-agung-ky-usul.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jelang Pemilihan Hakim Agung, KY Usul Tolak 1 Calon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jelang Pemilihan Hakim Agung, KY Usul Tolak 1 Calon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger