Jokowi Targetkan Dua Tahun Setu Babakan Rampung

Written By Unknown on Sunday, December 2, 2012 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan Setu Babakan pada dua tahun mendatang. Jokowi ingin menjadikan Setu Babakan sebagai Kampung Betawi menjadi karakter Jakarta.


"Saya kemarin ke Setu Babakan. Di sanalah sebuah karakter kampung Betawi," kata Jokowi, di Istora Senayan, Minggu (2/12/2012). Jokowi menyesalkan bahwa sudah dua belas tahun Setu Babakan dibangun, tetapi hingga saat ini belum juga selesai pengerjaannya. Oleh karena itu, ia menargetkan selama dua tahun akan menyelesaikan pengerjaan Setu Babakan.


"Dua belas tahun kok enggak jadi-jadi. Pokoknya kalau buat saya, dua tahun harus jadi. Syukur bisa setahun jadi," kata Jokowi.


Menurutnya, semua hal terkait pembangunan Setu Babakan sudah tersedia. "Duit dan anggarannya sudah ada, kemudian apalagi yang harus ditunggu. Ya tinggal niat dan kemauannya saja. Lha wong gambarnya sudah ada," kata Jokowi.


Jokowi lalu memaparkan upaya-upayanya untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Betawi. Misalnya, setiap Rabu sebanyak 68 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI diwajibkan untuk menggunakan pakaian khas Betawi. "Ini masih diproses, apakah itu pakaian abang none, pakaian sadariah, itu semua masih diproses. Kalau sudah ketemu, baru nanti dipakai tiap Rabu. Intinya, kota Jakarta harus punya karakter, identitas, dan ciri khas," kata Jokowi.


Jokowi juga mengatakan, ia akan memaksa Kepala Dinas Tata Ruang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan lainnya untuk dapat menciptakan nuansa khas Betawi pada setiap bangunan yang akan dibangun di DKI Jakarta. "Setiap bangun kantor, sekolah, pasar, bank, apartemen, pokoknya apapun itu harus memakai karakter Betawi. Akan saya paksa. Meskipun hanya nampak didepannya saja," kata Jokowi.


Upayanya menciptakan karakter Betawi dalam tiap bangunan itu akan ia mulai tahun depan. Menurut Jokowi, kebudayaan khas Betawi dalam bangunan itu banyak sekali, seperti rumah kabayan, rumah pesisiran, rumah joglo Betawi. Namun keberadaan budaya tersebut sudah beberapa tahun dilupakan.


Tahun depan, Jokowi juga merencanakan untuk menggerakkan sanggar-sanggar budaya yang ada di kampung-kampung. "Tahun depan akan digelar karnaval besar yang mengangkat ondel-ondel sebagai kebudayaan Betawi. Jangan sampai Jakarta kalah dengan Singapora, Kuala Lumpur, Sidney, dan London," kata Jokowi.


Untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan itu, menurut Jokowi, Pemprov DKI telah memiliki anggaran dan kemampuannya untuk membangun. "Tinggal niat saja untuk mau dan enggak mau. Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak semua masyarakat bergerak. Karena tidak mungkin Pemda sendiri yang gerak, semuanya harus digerakkan," kata Jokowi.






Editor :


Egidius Patnistik









Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Targetkan Dua Tahun Setu Babakan Rampung

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2012/12/jokowi-targetkan-dua-tahun-setu-babakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Targetkan Dua Tahun Setu Babakan Rampung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Targetkan Dua Tahun Setu Babakan Rampung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger