Hadapi Pembajakan Karya Musik, Kemparekraf dan Pappri Gelar Seminar

Written By Kome land on Thursday, September 18, 2014 | 4:46 PM


Jakarta - Para pelaku industri musik memerlukan cara dan kiat yang cerdas untuk menghadapi pembajakan atau illegal downloading yang hingga kini masih menjadi momok. Satu cara yang paling efektif untuk menghadapi pembajakan adalah berteman dengan dunia siber.


Direktur Pengembangan Seni dan Industri Musik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Juju Masunah di Jakarta, Rabu (17/9), menyatakan kemajuan teknologi digital sudah tak bisa dihindari. Bahkan sejak lama, industri musik diprediksi akan diserang oleh era digital. Hal itu terbukti pada awal 2000 lewat tren RBT (ring back tone) yang meningkat.


"Sejak adanya Keppres 10/2013 tentang Hari Musik Nasional, kami dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri) mencoba mencari jalan tengah yang menguntungkan pelaku musik dan industri. Kami berusaha memecahkan sebagian besar permasalahan dalam industri, seperti hak cipta, pembajakan, dan illegal downloading," kata Juju dalam jumpa pers "Roadshow Seminar Distribusi Digital Nasional".


Berkenaan dengan upaya Kemparekraf dan Pappri menyelesaikan momok dalam industri, rencananya pada pertengahan September digelar "Roadshow Seminar Distribusi Digital Nasional" di Surabaya dan Bandung. Roadshow tersebut merupakan kelanjutan perayaan Hari Musik Nasional yang dilaksanakan pada 22 September 2014 di Hotel Twin Surabaya, kemudian pada 29 September 2014 di Bandung.


Pembicara dalam seminar adalah Andy Ayunir, J Wendy, Edmond Makarim, Agus Sardjono, Rahayu Kertawiguna, Dian Farida, dan Aldo Sianturi.


Sementara itu, Ketua Umum DPP Pappri, Tantowi Yahya menyatakan seminar akan memberikan transfer pengetahuan tentang musik di era digital. Terkait pemilihan dua kota, yakni Bandung serta Surabaya, karena kedua kota tersebut dikenal sebagai sentra musik.


"Harapan saya seminar seperti ini akan dilaksanakan setiap tahun, mengingat presiden terpilih kita adalah orang yang cinta musik dan industri kreatif. Ke depan, saya yakin industri musik kita akan mengalami perbaikan. Paling tidak dari 95 persen pembajakan yang terjadi saat ini, bisa berkurang hingga setengahnya," tegasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hadapi Pembajakan Karya Musik, Kemparekraf dan Pappri Gelar Seminar

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2014/09/hadapi-pembajakan-karya-musik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hadapi Pembajakan Karya Musik, Kemparekraf dan Pappri Gelar Seminar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hadapi Pembajakan Karya Musik, Kemparekraf dan Pappri Gelar Seminar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger