Pemilik Lahan Bekas Kebakaran Kelapa Gading Diminta Bangun RTH

Written By Kome land on Tuesday, October 8, 2013 | 4:23 PM






JAKARTA, KOMPAS.com
- Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono angkat tangan jika warga korban kebakaran Kampung Pulogandang, Kelapa Gading, membangun kembali di atas lahan RTH. Dia menyerahkan hal tersebut kepada pihak swasta pemilik lahan tersebut.

"Warga menjadi tanggung jawab pemilik lahan, di samping rusun yang disiapkan pemda, untuk saat ini belum tersedia," ujar Bambang saat dihubungi, Selasa (8/10/2013).

Menurut Bambang, Wali Kota Jakarta Utara hanya bisa meminta kepada pemilik agar lahan tersebut dikembalikan sesuai fungsinya, yakni Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Warga RT 07, 08, dan 09 RW 13 membangun kembali huniannya di lahan tersebut karena ada kabar penutupan pos pengungsian. Sebagian warga tak mau tinggal di pos pengungsian karena alasan jauh dari lokasi kerja.

Mayoritas dari 1.325 keluarga korban kebakaran mendirikan tenda dan tinggal  di tepi Kali Sunter pascapenutupan pos pengungsian di Jalan Inspeksi Kali Sunter Kamis pekan lalu. Sebagian mengungsi ke rumah tetangga atau saudara, dan hanya 145 keluarga dengan total 553 jiwa  yang mengungsi ke pos pengungsian yang disiapkan pemerintah di Gedung Judo di Jalan Kelapa Puan Raya Kelapa Gading.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Ika Lestari menambahkan, pos pengungsian memang direncanakan dibuka selama tujuh hari pada tahap awal. Namun,  masa operasi pos pengungsian jika warga dinilai masih membutuhkannya.

"Ada beberapa pengungsi yang sudah meninggalkan pos pengungsian. Hasil pendataan kami, sekitar 45-50 persen korban kebakaran yang mengungsi adalah pengontrak di rumah kos atau kontrakan yang terbakar itu," kata Ika.

Warga mulai membangun rumah di atas lahan tersebut sejak Minggu (6/10/2013). Bersama-sama mereka membersihkan jalan yang menjadi akses utama ke petak-petak lahan di bagian dalam.




Editor : Ana Shofiana Syatiri
















Anda sedang membaca artikel tentang

Pemilik Lahan Bekas Kebakaran Kelapa Gading Diminta Bangun RTH

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/10/pemilik-lahan-bekas-kebakaran-kelapa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemilik Lahan Bekas Kebakaran Kelapa Gading Diminta Bangun RTH

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemilik Lahan Bekas Kebakaran Kelapa Gading Diminta Bangun RTH

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger