Pemprov DKI Dipuji karena Terbuka soal Anggaran

Written By Kome land on Sunday, September 29, 2013 | 4:24 PM






JAKARTA, KOMPAS.com
- Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mengapresiasi cara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengelola dan menyampaikan informasi anggarannya kepada publik. Penilaian ini diberikan karena DKI Jakarta telah menyampaikan informasi menganai anggarannya secara gamblang.

Koordinator Advokasi Seknas Fitra, Maulana menuturkan, DKI Jakarta memiliki sistem keterbukaan anggaran yang cukup baik, dan dapat diakses melalui laman www.jakarta.go.id. Dalam laman tersebut juga terdapat kanal khusus mengenai informasi anggaran dan pengalokasiannya sehingga memudahkan masyarakat melakukan pengawasan bersama.

"Publikasi anggaran Jakarta sudah bagus. Secara overall kita lihat praktek keterbukan informasi anggaran sudah dilakukan sejak 2009 sampai sekarang dan ini belum terjadi di daerah lain," kata Maulana, di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (29/9/2013).

Sebelumnya, Fitra juga telah menyampaikan hasil penelitian pada website 193 pemerintah daerah di sembilan provinsi. Hasilnya, Kota Blitar dan Kabupaten Kebumen dinobatkan sebagai daerah yang paling terbuka menyampaikan informasi anggarannya.

Dalam penelitian itu, Fitra tidak menjadikan DKI Jakarta sebagai objek penelitian. Pasalnya, DKI Jakarta memiliki mekanisme penganggaran yang berbeda dengan daerah lainnya. Bila di daerah lain penyusunan anggaran dilakukan oleh tingkat I dan tingkat II, di DKI Jakarta penyusunannya digabung menjadi APBD DKI Jakarta.

"Kita tidak menjadikan DKI Jakarta sebagai daerah yang kita teliti karena sistem perencanaannya berbeda," ujarnya.




Editor : Caroline Damanik
















Anda sedang membaca artikel tentang

Pemprov DKI Dipuji karena Terbuka soal Anggaran

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/09/pemprov-dki-dipuji-karena-terbuka-soal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemprov DKI Dipuji karena Terbuka soal Anggaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemprov DKI Dipuji karena Terbuka soal Anggaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger