Setelah 6 Tahun, Presiden Bersedia Lantik Lulusan IPDN

Written By Kome land on Tuesday, August 27, 2013 | 4:39 PM






SUMEDANG, KOMPAS.com - Pascamaraknya tindak kekerasan di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya bersedia melantik pamong praja muda lulusan IPDN. Presiden akhirnya mau hadir setelah enam tahun absen dalam pelantikan.

"Ini pertama kali sejak 2006 karena ada kasus pemukulan itu. Suatu ketika dia (Presiden) mendengar tidak ada kasus kekerasan di IPDN. Lalu Presiden bersedia melantik," ujar Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi usai upacara wisuda Angkatan XX Praja IPDN, Selasa (27/8/2013) di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Pelantikan akan dilakukan di Kampus IPDN Jatinangor, Rabu (28/8/2013). Dia mengklaim, penurunan angka kekerasan praja yang lebih senior kepada juniornya disebabkan pihaknya telah sepakat untuk menertibkannya.

"Mulai 2009, sejak saya masuk jadi Mendagri, kami minta waktu IPDN dibenahi dulu. Kami benahi semua," lanjutnya.

Sejak pembenahan, setidaknya 45 praja IPDN diberhentikan karena melakukan kekerasan kepada sesama mahasiswa institut yang berada di bawah pengelolaan Kemendagri itu. Menurutnya, angka kekerasan di kampus itu kini semakin menurun. Meski demikian, dia meminta, kekerasan harus dihilangkan hingga tidak ada sama sekali.

"Bahkan momen-momen seperti ini (wisuda praja IPDN) saya bilang saya tidak main-main, tidak ragu untuk memecat 10 sampai 20 orang kalau masih ada kekerasan. Orientasi dengan kekerasan itu harus dihentikan," tukas Gamawan.

Ia meminta mahasiswa IPDN untuk mengubah paradigma lama yang menerapkan kekerasan. Pasalnya, lanjut Gamawan, mahasiswa IPDN dididik untuk mengayomi dan membimbing masyarakat.

"Sekolah ini adalah sekolah para pamong. Saudara dididik bukan untuk perang, tapi untuk mengayomi dan membimbing masyarakat kelak," tuturnya.

Ajakan untuk membenahi IPDN bukan hanya disampaikan kepada para pelajar, melainkan juga para pengajar, rektor, dan tenaga ahli. Tujuannya, lanjut Gamawan, agar IPDN menjadi kampus yang memadai di bidang pemerintahan.




Editor : Hindra Liauw
















Anda sedang membaca artikel tentang

Setelah 6 Tahun, Presiden Bersedia Lantik Lulusan IPDN

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/08/setelah-6-tahun-presiden-bersedia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Setelah 6 Tahun, Presiden Bersedia Lantik Lulusan IPDN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Setelah 6 Tahun, Presiden Bersedia Lantik Lulusan IPDN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger