Rudi Bisa Jadi \"Justice Collaborator\", KPK: Tergantung Keikhlasannya...

Written By Kome land on Friday, August 16, 2013 | 4:39 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan pihaknya tidak akan menawarkan tersangka kasus suap, Rudi Rubiandini untuk menjadi saksi pelaku yang bekerja sama atau justice collaborator. Menurutnya, status bisa diberikan tergantung pada ketulusan dan keikhlasannya.

"KPK tidak akan menawarkan seseorang menjadi justice collaborator. Tapi kami melihat niat, keikhlasan dan ketulusan yang bersangkutan bongkar kasus ini," kata Abraham di Kompleks Parlemen, Jumat (16/8/2013).

Jika Rudi memang terlihat berniat, barulah mantan Wakil Menteri ESDM itu bisa ditetapkan sebagai justice collaborator. KPK, lanjutnya, mempertimbangkan perilaku Rudi selama diperiksa oleh penyidik.

"Apakah kooperatif sehingga bisa membongkar kasus ini secara keseluruhan," ucap Abraham.

Apakah sampai saat ini Rudi bersikap kooperatif?

"Saya tidak bisa mengungkapkan apa saja. Yang jelas kami masih mengorek keterangan dari yang bersangkutan," imbuh Abraham.

Sebelumnya, KPK menetapkan Rudi beserta Deviardi alias Ardi dan pengusaha Simon G Tanjaya sebagai tersangka dalam kasus suap. Rudi tertangkap tangan menerima 200.000 dollar AS dari Ardi. KPK kini tengah mengembangkan motif dari pemberian itu.

KPK juga telah menggeledah kantor Kernell Oil, kantor SKK Migas, dan Kementerian ESDM. Di kantor SKK Migas, KPK menyita 60.000 dollar Singapura, 2.000 dollar AS, dan kepingan emas seberat 180 gram. Sementara itu, dari ruang kerja Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karyo, KPK menyita uang tunai 200.000 dollar AS dalam sebuah tas hitam. Asal-usul uang itu masih diselidiki KPK.




Editor : Caroline Damanik


















Anda sedang membaca artikel tentang

Rudi Bisa Jadi \"Justice Collaborator\", KPK: Tergantung Keikhlasannya...

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/08/rudi-bisa-jadi-collaborator-kpk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rudi Bisa Jadi \"Justice Collaborator\", KPK: Tergantung Keikhlasannya...

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rudi Bisa Jadi \"Justice Collaborator\", KPK: Tergantung Keikhlasannya...

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger