Penumpang Kian Padat, Stasiun Tanah Abang Akan Diperluas

Written By Kome land on Monday, August 12, 2013 | 4:24 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan mengatakan, peningkatan jumlah penumpang KRL commuterline di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, menyebabkan kepadatan penumpang di stasiun tersebut. Untuk itu, PT KAI akan memperluas bangunan Stasiun Tanah Abang. Pembangunannya akan dimulai awal September 2013.


"Kita akan bangun hall Stasiun Tanah Abang jadi dua, akan selesai 12-18 bulan. Tukangnya, segalanya sudah ada, ini awal September harus sudah mulai," katanya di Stasiun Tanah Abang, Senin (12/8/2013).


Di hall utama yang ada saat ini, kata Jonan, nantinya hanya akan digunakan untuk arus masuk penumpang, sedangkan arus keluar akan dialihkan ke hall baru. Namun, selagi menunggu pembangunan hall baru, PT KAI memisahkan arus keluar-masuk penumpang di Stasiun Tanah Abang. Penumpang keluar diarahkan di ujung peron utara stasiun yang langsung keluar di jalan raya.


"Gate out sementara ini jadi pintu keluar, khusus KRL di bawah sini sehingga untuk penumpang tidak naik (tangga) ke atas lagi, tapi langsung ke jalan. Kalau naik ke atas lagi kan akan desak-desakan," ujarnya.


Setelah penerapan tarif progresif per 1 Juli 2013, jumlah penumpang KRL komuter meningkat menjadi 589.000 penumpang per hari. Sebelum tarif progresif diberlakukan, jumlah penumpang KRL komuter sekitar 470.000 penumpang per bari.


Peningkatan jumlah penumpang menyebabkan terjadinya kepadatan penumpang, baik di dalam kereta maupun di stasiun, tak terkecuali di Stasiun Tanah Abang. Khusus untuk menangani kepadatan penumpang di dalam kereta, PT KAI telah mendatangkan beberapa rangkaian kereta baru. Rencananya, sampai akhir tahun 2013, akan ada 180 rangkaian kereta baru yang akan didatangkan oleh PT KAI.


Dalam jangka panjang, PT KAI menargetkan KRL komuter dapat mengangkut 1,2 Juta penumpang setiap hari. Target diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2016-2018.





Editor : Laksono Hari Wiwoho
















Anda sedang membaca artikel tentang

Penumpang Kian Padat, Stasiun Tanah Abang Akan Diperluas

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/08/penumpang-kian-padat-stasiun-tanah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penumpang Kian Padat, Stasiun Tanah Abang Akan Diperluas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penumpang Kian Padat, Stasiun Tanah Abang Akan Diperluas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger