Berapa Persen yang Dikeluarkan untuk Zakat Pertanian?

Written By Kome land on Friday, July 26, 2013 | 4:39 PM






Pertanyaan:
Berapa persen yang dikeluarkan untuk zakat pertanian? Di salah satu jawaban disebut 5% - 10 %  (Baca: Konsultasi: Punya Kos-kosan yang Bayarnya "Nyicil", Bagaimana Zakat Malnya?) dan di jawaban yang lain, disebut zakat pertanian 2,5%  (Baca: Konsultasi: Apakah Zakat Profesi dan Bagaimana Nisabnya?). Padahal, kalau yang masuk kategori zakat perdagangan dan yang masuk kategori zakat pertanian itu 5-10% . Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Haris, 34 tahun

Jawaban:
Saudara Haris, pertanian yang pengairannya menggunakan air hujan, air sungai, dan mata air yang tidak memerlukan biaya, zakat yang harus dikeluarkan adalah 10%.

Pertanian yang pengairannya menggunakan irigasi atau sumber air yang harus mengeluarkan biaya, jumlah zakat yang harus dikeluarkan 5%.

Dalam jawaban pertanyaan sebelumnya, "Apakah Zakat Profesi dan Bagaimana Nisabnya?" yang dibahas adalah zakat profesi yang nishabnya mengikuti nishab zakat pertanian yaitu 520 kg beras. Tetapi, jumlah zakat yang dikenakan 2,5% karena ini merupakan zakat yang dikenakan untuk zakat penghasilan dari profesi.

Jumlah yang dikiaskan dengan zakat pertanian hanya nishabnya saja bukan besaran zakat yang harus diambil. Jadi, angka 2,5% tidak berhubungan dengan zakat pertanian. Wallahu a'lam.

Anda dapat berkonsultasi seputar Ramadhan kepada Dr H Setiawan Budi Utomo di sini. Anda juga dapat membaca pertanyaan dan jawaban yang telah ditayangkan di liputan khusus Ramadhanmu 2013.




Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


















Anda sedang membaca artikel tentang

Berapa Persen yang Dikeluarkan untuk Zakat Pertanian?

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/07/berapa-persen-yang-dikeluarkan-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berapa Persen yang Dikeluarkan untuk Zakat Pertanian?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berapa Persen yang Dikeluarkan untuk Zakat Pertanian?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger