Gigitan Maut Nadal

Written By Kome land on Thursday, May 2, 2013 | 4:46 PM



Coupe des Mousquetaires


Gigitan Maut Nadal





Kamis, 2 Mei 2013 | 15:23 WIB












KOMPAS.com - Tak sampai satu bulan lagi, event akbar tenis akan bergulir, yakni Prancis Terbuka yang merupakan salah satu dari empat turnamen grand slam. Bukan hanya para petenis yang harus bersiap. Panitia juga tak kalah sibuk melakukan persiapan. Selain fasilitas lapangan, tempat latihan, ruang tunggu, kamar ganti, dan lainnya yang harus memenuhi standar, mereka juga harus mempersiapkan Coupe des Mousquetaires.

Siapa atau apakah Coupe des Mousquetaires? Ini adalah trofi untuk juara tunggal putra di Prancis Terbuka. Trofi seberat 14 kg ini dibuat pada 1981 oleh Mellerio, perusahaan keluarga yang bergerak di bidang perhiasan sejak 1613. Trofi ini melambangkan kehebatan empat petenis terkenal asal Prancis yang biasa disebut “Four Musketeers”, yakni Jacques Brugnon, Jean Borotra, Henri Cochet, dan Rene Lacoste. Karena itulah trofi ini bernama Coupe des Mousquetaires atau The Musketeers’ Trophy.

Tinggi trofi ini adalah 21 cm dengan lebar 19 cm. Bentuknya seperti cawan raksasa dengan hiasan daun anggur dan pegangan berbentuk angsa. Coupe des Mousquetaires ditempatkan di kantor presiden FFT atau Federasi Tenis Prancis dan hanya dikeluarkan sekali setahun untuk diserahkan kepada juara tunggal putra French Open.
 
Tapi para pemenang tidak boleh membawa pulang trofi ini. Untuk mereka telah disiapkan replika dengan ukuran yang lebih kecil dari aslinya dan terbuat deri perak murni. Untuk membuat replikanya saja, diperlukan waktu 100 jam lebih.

Petenis Prancis, Max Decugis, adalah peraih gelar terbanyak di Prancis Terbuka, yakni delapan. Tapi seluruhnya terjadi sebelum open era dan trofi yang diserahkan ketika itu bukanlah Coupe des Mousquetaires yang sekarang diperebutkan.

Trofi ini paling sering dipegang dan digigit oleh Rafael Nadal yang sudah tujuh kali juara di Roland Garros, atau yang terbanyak sejak open era. Petenis Spanyol ini memang punya kebiasaan menggigit setiap trofi yang dia dapatkan. Beberapa petenis lain memilih mencium bukannya menggigit trofi, untuk merayakan kemenangan.

Nadal punya kesempatan untuk mengiggit trofi ini lagi, jika dia berhasil mempertahankan gelar di Prancis Terbuka yang tahun ini akan berlangsung dari 26 Mei hingga 9 Juni.







Editor :


Pipit Puspita Rini















Anda sedang membaca artikel tentang

Gigitan Maut Nadal

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/05/gigitan-maut-nadal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gigitan Maut Nadal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gigitan Maut Nadal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger