Swasembada Pangan 2014 Sulit Terealisasi

Written By Kome land on Saturday, April 6, 2013 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar ekonomi, Latif Adam, mengatakan, target swasembada pangan 2014 agak sulit terealisasi jika tidak ada insentif bagi petani yang menjadi tulang punggung pasokan pangan dalam negeri.




Tulang punggung ketahanan pangan adalah petani. Namun, mereka selalu dalam posisi sulit, terutama jika terkait dengan harga pangan dalam negeri.


-- Latif Adam




"Tulang punggung ketahanan pangan adalah petani. Namun, mereka selalu dalam posisi sulit, terutama jika terkait dengan harga pangan dalam negeri," kata Latif Adam dihubungi di Jakarta, Sabtu.


Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu mengatakan, petani sering tidak menerima keuntungan besar meskipun harga pangan dalam negeri naik tinggi.


Di sisi lain, apabila harga pangan dianggap terlalu tinggi dan membahayakan konsumen, kebijakan yang diambil pemerintah juga tidak berpihak kepada kepentingan petani.


"Harga pembelian pemerintah atau HPP terhadap komoditas pangan yang ditetapkan selama ini kurang menguntungkan petani. Jika pasokan dianggap kurang, pemerintah juga mengambil kebijakan impor yang justru membuat produksi petani kurang laku," tuturnya.


Seharusnya, kata Latif, pemerintah memberikan insentif kepada petani karena mereka yang paling terlibat dalam produksi dan ketahanan pangan nasional dengan memberikan harga yang menguntungkan bagi petani.


Namun, Latif mengatakan, di sisi lain pemerintah pun sering kali berada di posisi yang sulit dalam mengambil kebijakan. Pemerintah harus sama-sama memikirkan konsumen dan petani, tetapi juga harus merealisasikan target yang sudah ditetapkan.


"Kalau harga pangan naik, konsumen yang dirugikan. Di sisi lain, apabila pemerintah menekan harga, produsen dan petani yang dirugikan," ujarnya.


Namun, meskipun target swasembada pangan sulit direalisasikan pada 2014, Latif mengatakan, swasembada pangan tetap harus dicapai demi ketahanan pangan nasional. Karena itu, dia menyarankan agar pemerintah lebih mengedepankan kebijakan yang propetani. 












Anda sedang membaca artikel tentang

Swasembada Pangan 2014 Sulit Terealisasi

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/04/swasembada-pangan-2014-sulit-terealisasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Swasembada Pangan 2014 Sulit Terealisasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Swasembada Pangan 2014 Sulit Terealisasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger