Subhan Aksa Jalani Tes Khusus, Merangkap Jadi Sopir

Written By Unknown on Wednesday, April 10, 2013 | 4:46 PM


FARO, KOMPAS.com - Tinggal tiga hari lagi Vodafone de Rally Portugal digelar. Pereli Indonesia Subhan Aksa tak henti lakukan adaptasi dengan mobil yang akan dipakai. Berbagai cara digunakan, bahkan jadi sopir sekali pun.

Itu dilakoni Subhan Aksa, satu-satunya perwakilan pereli Asia Tenggara di kancah kejuaraan dunia itu saat melakukan tes khusus di Portugal, Senin 8 April. Ia merangkap jadi sopir tim sepanjang kegiatan tes agar feeling, handling dan refleknya makin terbiasa di atas mobil dengan sistem kemudi kiri. Subhan akan bertarung di seri WRC-2 dengan Ford Fiesta RRC setir kiri.

Dalam latihan sehari penuh itu, Ubang –panggilannya- sudah menggunakan tipe mobil RRC tersebut, lengkap dengan perangkat sequential gearbox yang berada di sebelah kanan setir. Untuk hal ini pun ia harus lebih membiasakan diri dan mencari waktu sebanyak-banyaknya untuk melatih diri. Demikian kuatnya proses latihan, sampai-sampai tangan pereli Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) itu sempat membiru akibat dipaksa terus bergerak memindahkan persneling.

Tes khusus yang digelar M-Sport selaku penyuplai mobil Ubang di kancah WRC itu berlangsung di wilayah Saint Marcos, Portugal. Pilihan jalurnya pun disesuaikan dengan lintasan reli nanti yang sepenuhnya gravel.

“Treknya gabungan antara lintasan kecil dan lebar yang sangat teknikal. Karakter mobil sendiri cukup mendukung untuk melibas tipikal lintasan seperti itu. Beda banget dengan Group N, tentunya dalam konteks yang positif,” cerita Ubang dalam siaran pers yang diterima hari Rabu (10/4/2013).

Meski begitu ia belum bisa bicara banyak soal potensi pacuan maupun dirinya memsuki kompetisi nanti karena memang masih terus dalam proses adaptasi. Tes awal itu pun hanya sempat dilakukan sepanjang 68 km, jauh dari kata ideal.

“Ada peningkatan di beberapa aspek. Tapi, sama sekali belum cukup untuk menakar diri pada lomba nanti. Yang jelas, tim teknis M-Sport sangat mendukung dan profesional. Mereka sangat terlatih dan detil, saya perhatikan itu saat mengubah setingan pada suspensi maupun tenaga mesin. Suasana dalam tim juga sangat membantu. Semoga hasilnya makin bagus dalam tes resmi nanti,” harap Ubang yang sudah dinavigatori Nicola Arena (Italia).

Hari ini, Selasa (9/4/2013), dan Rabu besok, keduanya melanjutkan dengan aktifitas survei lintasan. Di luar acara itu, Ubang kembali lagi pada fungsi sampingannya sebagai sopir tim.

Rally Portugal (11-14 April) merupakan putaran ke-4 dari 13 serial lomba FIA 2013 World Rally Championship (WRC). Tiga putaran sebelumnya sudah berlangsung di Monte Carlo, Swedia dan Meksiko.

Sesuai regulasi, kontestan WRC hanya wajib mengikuti 7 putaran dari 13 seri lomba, terserah memilih yang mana saja. Dari 7 ini pun nantinya hanya 6 hasil terbaik yang dihitung untuk menentukan gelar juara dunia WRC-2 dan peringkat masing-masing peserta. Beberapa pereli WRC-2 sudah mengambil jatah di seri Monte Carlo, Swedia maupun Meksiko.




Treknya gabungan antara lintasan kecil dan lebar yang sangat teknikal. Karakter mobil sendiri cukup mendukung untuk melibas tipikal lintasan seperti itu. Beda banget dengan Group N, tentunya dalam konteks yang positif,




Hasilnya, klasemen sementara WRC-2 2013 berada di tangan Sepp Wiegand yang mengoleksi poin 40 dari dua penampilan di Monte Carlo dan Swedia. Posisi 2 dan 3 ditempati Yuriy Protasov dan Ricardo Trivino yang telah ikut dalam 3 seri terdahulu. Ubang tentu belum dapat poin karena baru mulai berlaga di sesi Portugal.

Seperti sejumlah kontestan WRC-2 lainnya, termasuk Robert Kubica yang eks pembalap Formula1, manajemen BFRT memang sengaja memilih seri Portugal sebagai ajang pertama musim ini. Pertimbangannya tak lain adalah menambah pengalaman karena belum pernah turun di lintasan gravel khas Portugal.












Anda sedang membaca artikel tentang

Subhan Aksa Jalani Tes Khusus, Merangkap Jadi Sopir

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/04/subhan-aksa-jalani-tes-khusus-merangkap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Subhan Aksa Jalani Tes Khusus, Merangkap Jadi Sopir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Subhan Aksa Jalani Tes Khusus, Merangkap Jadi Sopir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger