Pemerintah Minta Masyarat Tenang Sikapi BBM

Written By Kome land on Tuesday, April 2, 2013 | 4:48 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah meminta masyarakat tenang menyikapi kemungkinan perubahan kebijakan soal bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pemerintah akan mempertimbangkan dampak terhadap masyarakat, terutama kalangan bawah dalam mengambil solusi masalah BBM bersubsidi.


"Masyarakat tenang saja, kami pasti memikirkan efek sosialnya. BBM harus hati-hati. Beri kami waktu untuk menghitung. Walaupun nanti ada perubahan (kebijakan), cukup terkelola, dan rakyat golongan menengah ke bawah ini tidak terlalu keras dampaknya," kata Menteri ESDM Jero Wacik di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa ( 2/4/2013 ).


Jero mengatakan, dua pekan lagi pemerintah akan mengumumkan keputusan tentang cara untuk mengatasi membengkaknya subsidi BBM. Namun, ia tak mau menjelaskan apa kemungkinan opsi yang diambil pemerintah. Pasalnya, isu BBM sensitif bagi masyarakat yang dikhawatirkan akan terjadi gejolak.


"Tunggu saja, sabar. Yang jelas semua sepakat subsidi BBM yang lebih dari Rp 300 triliun itu terlalu tinggi. Semua sepakat, (subsidi) itu harus diturunkan. Masalahnya bagaimana menurunkannya, itu yang masih menjadi soal," kata Jero.


Ketika disinggung kelangkaan BBM bersubsidi di sejumlah daerah, menurut Jero, hal itu terjadi karena keterbatasan kuota BBM bersubsidi. Jero mengatakan, sulit mengajak masyarakat yang mampu untuk berhemat. Apalagi ditambah pertumbuhan jumlah kendaraan.


"Pertambahan orang beli mobil dan motor ini banyak sekali karena ekonomi membaik. Ini nikmat membawa sengsara. Ekonomi masyarakat banyak yang membaik. Yang tadinya pakai motor lalu beli mobil. Yang tadinya punya mobil satu terus beli dua, buntutnya (peningkatan konsumsi) BBM," pungkas Jero.






Editor :


Palupi Annisa Auliani









Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Minta Masyarat Tenang Sikapi BBM

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/04/pemerintah-minta-masyarat-tenang-sikapi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Minta Masyarat Tenang Sikapi BBM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Minta Masyarat Tenang Sikapi BBM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger