Meraup Untung Puluhan Juta dari Bisnis Sandal

Written By Unknown on Tuesday, March 12, 2013 | 4:48 PM


MAGELANG, KOMPAS.com — Fika Chandra Uyun (26) kini sudah bisa tersenyum melihat perkembangan bisnisnya. Empat tahun lalu, ia mulai merintisnya. Ya, usaha sandal dari bahan sponge yang digelutinya kini mulai berkembang. Omzetnya pun sudah mencapai Rp 20 juta per bulan. Bagi Fika, angka tersebut cukup besar untuk sebuah usaha rumahan.

Produk sandal yang diberi merek "Frogo Sandal" pun sudah tersebar tak hanya di Pulau Jawa, tetapi hingga Sumatera dan Kalimantan. Fika mengisahkan, awalnya, usaha sandal itu dikelola oleh orangtuanya yang tinggal di Tuguran, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang. Sementara Fika dipercaya mengurusi pemasaran.

"Kemudian pada tahun 2009, saya diminta orangtua untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan secara mandiri. Dan itu tantangan bagi saya," ujarnya, saat ditemui di rumahnya sekaligus outlet-nya, di Dusun Nepak, Desa Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (12/3/2013).

Fika lantas melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan usahanya. Ia terus melakukan eksperimen dan inovasi agar produk sandalnya menarik minat konsumen. Untuk pemasaran dan tenaga kerja, ia memanfaatkan jaringan yang dimiliki, seperti ibu rumah tangga dan mahasiswa.

"Hal tersebut setidaknya dapat memberikan pekerjaan sampingan bagi mereka, sekaligus dapat mengembangkan dan hitung-hitung promosi gratis," kata dia.

Sandal-sandal yang diproduksi dikerjakan secara manual dengan peralatan mesin sederhana. Warna yang cerah dan desainnya bervariasi membuat produk sandal ini banyak diminati. Untuk bahan baku berupa sponge sebagai alas dan webbing sebagai tali kaki, ia peroleh dari Yogyakarta dan Tasikmalaya.

"Sepasang sandal biasanya selesai dikerjakan dalam satu hari. Tapi kalau ada yang pesan, tiga hari baru selesai karena harus mengantre. Bisa pesan sepasang saja sampai puluhan," ujar ibu tiga anak ini.

Selain menerima pesanan pembuatan sandal, ia juga menerima pesanan desain bahkan konsumen bisa membawa atau memilih bahan sesuai selera. Harganya dibanderol mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 50.000. "Harga tersebut disesuaikan dengan ukuran dan kerumitan pembuatannya," jelasnya.

Untuk mendongkrak omzetnya, Fika juga memanfaatkan momen-momen tertentu untuk berpromosi. Seperti musim liburan sekolah, Idul Fitri, dan musim haji. Saat ini, ia sudah menjalin kerja sama dengan sebuah agen perjalanan haji dan umrah di Magelang.

"Sandal itu biasa dipakai saat melakukan salah satu rukun haji maupun umrah," kata karyawati sebuah perusahaan otomotif itu.

Untuk mengembangkan usahanya, ia juga memberikan kesempatan bagi semua orang apabila ingin ikut berwirausaha sandal ini. Pada semester pertama, ia memberikan modal berupa produk yang disebar untuk 100 toko di wilayah Kedu. Ia dibantu suaminya, Roky Ardila, yang juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan pemesanan.

"Meskipun hanya usaha rumahan, tapi alhamdulillah bisa punya masukan buat kebutuhan keluarga," ujarnya.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Meraup Untung Puluhan Juta dari Bisnis Sandal

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/03/meraup-untung-puluhan-juta-dari-bisnis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Meraup Untung Puluhan Juta dari Bisnis Sandal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Meraup Untung Puluhan Juta dari Bisnis Sandal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger