Ketua Umum Demokrat Dipilih Akhir Maret

Written By Kome land on Monday, March 11, 2013 | 4:39 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat akan dilakukan pada akhir bulan Maret 2013 di Bali. Kongres ini akan memilih ketua umum baru pengganti Anas Urbaningrum. Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Saan Mustopa mengatakan, saat ini tengah dilakukan sejumlah persiapan untuk penyelenggaraan KLB.

"Pak SBY sudah meminta Jero Wacik (Sekretaris Majelis Tinggi) menyiapkan, tanggal 20-an Maret. Yang pasti sebelum 9 April. Lokasi masih tentatif di Bali," ujar Saan, di Gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2013).

Saan mengungkapkan, KLB adalah jalan terbaik untuk penyelamatan Partai Demokrat. Ia menilai, penyelenggaraan KLB bisa menghindari polemik dan ketidakpastian di Demokrat. "Ini satu-satunya cara yang paling rasional," kata dia.

Menurutnya, ada sejumlah nama yang muncul dari kalangan interneal, di antaranya,  Mirwan Amir (Ketua DPD Partai Demokrat Aceh), Marzuki Alie (Wakil Ketua Dewan Pembina), Toto Riyanto (Direktur Eksekutif), Edhie Baskoro Yudhoyono (Sekretaris Jenderal), dan Soekarwo (Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur).

Sementara, dari kalangan eksternal, kata Saan, yakni Pramono Edhie (Kepala Staf Angkatan Darat) dan Djoko Suyanto (Menkopolhukam). "Dari nama-nama itu nantinya akan tergantung pada DPD dan DPC. Sampai hari ini kami belum tahu bagaimana suara-suaranya," katanya.

Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/AR) Partai Demokrat, pemilik hak suara dalam kongres dan kongres luar biasa yakni Dewan Pembina (5 suara), Dewan Pimpinan Pusat (3 suara), Dewan Pimpinan Daerah (2 suara), Dewan Pimpinan Cabang (1 suara), dan Dewan Perwakilan Luar Negeri (1 suara). Sementara, hak suara organisasi sayap diatur lebih lanjut dalam Peraturan Organisasi. Seperti diberitakan, Anas Urbaningrum keluar dari Partai Demokrat setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang.

Baca juga:

Syarief Hasan sebagai Calon Ketum Demokrat Hanya Wacana
Syarief Hasan Juga Dijagokan Gantikan Anas Urbaningrum

Masih Ketua DPR, Marzuki Alie Dianggap Tak Tepat Jadi Ketum
KPU Pastikan Tak Ada Dispensasi untuk Demokrat

Ramadhan Dukung Pramono Edhie atau Gita Wirjawan

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Krisis Demokrat






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Ketua Umum Demokrat Dipilih Akhir Maret

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/03/ketua-umum-demokrat-dipilih-akhir-maret.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketua Umum Demokrat Dipilih Akhir Maret

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketua Umum Demokrat Dipilih Akhir Maret

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger