Impor Daging Sapi Sebaiknya Tender

Written By Unknown on Friday, February 15, 2013 | 4:48 PM




Peternakan


Impor Daging Sapi Sebaiknya Tender





Penulis : Eny Prihtiyani | Jumat, 15 Februari 2013 | 16:17 WIB













BERITA KOTA/ANGGA BN


Ilustrasi: Harga daging sapi saat ini Rp 90.000 per kilogram, termahal di dunia. Sementara Negara lain berkisar Rp 40.000. Menurut data Bank Dunia, harga daging sapi rata-rata di Indonesia Desember 2012 mencapai 9,76 dollar AS, Malaysia 4,3 dollar AS, Thailand 4,2 dollar AS, Australia 4,2 dollar AS dan Jepang 3,9 dollar AS.




TERKAIT:





JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk menghindari berbagai bentuk praktik kecurangan dalam proses importasi daging sapi, sebaiknya digunakan sistem tender.


Sistem tersebut akan lebih transparan dan terbuka, serta mengedepankan kepentingan masyarakat yakni dalam memperoleh daging sapi dengan harga lebih murah.


Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, saat berkunjung ke Kompas, Jumat (15/2/2013).


"Jadi nggak perlu lagi pakai sistem kuota dan penunjukkan. Lakukan dengan sistem tender yang serba terbuka dan transparan. Importir yang bisa menyediakan daging harga termurah dan kualitas terjaga, maka dialah yang akan terpilih," katanya.


Menurut dia, sistem tender tersebut mengedepankan kepentingan rakyat karena harga daging akan lebih terjangkau. Sistem itu juga menghindari kongkalikong karena dilakukan secara transparan dan terbuka.


"Sistem tendernya bisa secara online, sehingga tidak ada tatap muka antara pejabat dan pelaku usaha," ujarnya. Gita mengatakan, harga daging sapi di dalam negeri saat ini masih cukup tinggi yakni sekitar Rp 85.000-Rp 90.000 per kilogram.


Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan harga daging di negara-negara tetangga sekitar. Tanpa intervensi pemerintah, harga daging tidak akan turun dan bahkan bisa melaju lebih tinggi.    







Editor :


Tjahja Gunawan Diredja
















Anda sedang membaca artikel tentang

Impor Daging Sapi Sebaiknya Tender

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/02/impor-daging-sapi-sebaiknya-tender.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Impor Daging Sapi Sebaiknya Tender

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Impor Daging Sapi Sebaiknya Tender

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger