Elda Bantah Berikan Mobil kepada Luthfi Hasan

Written By Unknown on Friday, February 22, 2013 | 4:39 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum Asosiasi Pembenihan Indonesia, Elda D Adiningrat melalui pengacaranya, John Pieter Nazar mengakui pembicaraannya melalui telepon dengan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq yang menyinggung soal mobil. Luthfi merupakan salah satu tersangka kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi pada Kementerian Pertanian.

“Karena waktu itu memang Bu Elda sebagai basa-basi menanyakan ke Pak Luthfi, ‘Mobilnya enak ya Pak, dipakai?’,” kata John saat mendampingi kliennya, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (22/2/2013).

Dia menjawab pertanyaan wartawan mengenai dugaan pemberian mobil dari Elda kepada Luthfi. Adapun, Elda diperiksa KPK sebagai saksi bagi tersangka kasus daging sapi impor lainnya, Ahmad Fathanah.

John menegaskan, pembicaraan soal mobil itu bukan berarti kliennya telah memberikan mobil kepada Luthfi. Menurutnya, Elda menanyakan itu hanya sebagai basa-basi untuk membuka pembicaraan. Saat itu, katanya, Elda bertanya karena mendapatkan informasi dari Ahmad Fathanah kalau Luthfi tengah bersafari dakwah di Lampung dengan mengendarai Range Rover.

“Dia tidak memberikan mobil, dia bertanya karena dia dapat informasi dari Ahmad Fathanah bahwa Pak Luthfi safari dakwah di lampung memakai mobil Range Rover itu,” ungkap John.

Dia juga mengakui, kliennya menjadi perantara antara Direktur Utama PT Indoguna Utama Elisabeth Liman dengan Luthfi. Melalui Fathanah, Elda mempertemukan Luthfi dengan Elisabeth. Meskipun demikian, kata John, kliennya bukanlah broker proyek karena Elda tidak mendapatkan keuntungan materil dari jasanya mempertemukan Elisabeth dan Luthfi.

Elda juga mengaku tidak tahu mengenai pemberian hadiah uang dari PT Indoguna kepada Luthfi tersebut. Menurut John, pernah terjadi pertemuan antara Luthfi, Elisabeth, dan Menteri Pertanian Suswono yang berlangsung di Medan beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, katanya, dibahas perbedaan data soal daging sapi antara yang dimiliki Kementan dengan yang dipegang asosiasi perdagingan.

Meski demikian, menurut John, kliennya tidak terlibat dalam pembahasan. Elda hanya diminta Luthfi untuk mencatat hasil pertemuan tersebut. Luthfi pun menyarankan agar kemudian dibuat seminar yang menindaklanjuti hasil diskusi dalam pertemuan di Medan. “Untuk itu ditugaskan oleh Pak Luthfi kepada Elda, tolong catat ini hasil pertemuan saya. Lalu sama Elisabeth, kamu adakan seminar, bikin notulennya sama Ibu Elda,”ucapnya.

Dalam kasus dugaan korupsi impor daging sapi, KPK menetapkan Luthfi dan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Selain Luthfi, tiga orang yang menjadi tersangka adalah teman dekat Luthfi, Ahmad Fathanah; serta dua Direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Luthfi bersama-sama Fathanah diduga menerima Rp 1 miliar dari Juard dan Arya terkait kuota impor daging sapi untuk PT Indoguna Utama.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Elda Bantah Berikan Mobil kepada Luthfi Hasan

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/02/elda-bantah-berikan-mobil-kepada-luthfi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Elda Bantah Berikan Mobil kepada Luthfi Hasan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Elda Bantah Berikan Mobil kepada Luthfi Hasan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger