Ini Keputusan Presiden Soal Banjir Jakarta

Written By Unknown on Sunday, January 20, 2013 | 4:23 PM





Ini Keputusan Presiden Soal Banjir Jakarta





Penulis : Indra Akuntono | Minggu, 20 Januari 2013 | 15:56 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan rencana jangka menengah terkait pencegahan dan penanggulangan banjir di Jakarta. Berdasarkan hasil rapat yang digelar bersama pejabat terkait di pos pengungsian GOR Otista, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2013) siang, Presiden memutuskan pembuatan sodetan Sungai Ciliwung ke kanal banjir timur (KBT) dan normalisasi sungai sebagai program jangka menengah yang akan ditempuh oleh pemerintah pusat, dan pemerintah DKI Jakarta.


Presiden menyampaikan, semua telah diperhitungkan sesuai anggaran yang tersedia. Pemerintah pusat akan memulai pembuatan sodetan dan normalisasi sungai pada tahun ini. Presiden beranggapan, sodetan dari Sungai Ciliwung ke KBT akan mengurangi risiko banjir secara signifikan. Ia juga memastikan bahwa keputusan ini telah didahului dengan studi kelayakan dan studi anggaran. Rencana ini diperkirakan selesai di medio 2014 dengan kucuran dana seluruhnya dari pemerintah pusat sebesar Rp 500 miliar.


"Diperlukan sodetan dari Ciliwung yang setiap tahun meluapkan airnya. Mengapa? Ketika Jakarta banjir kali ini, kanal banjir barat (KBB) menampung air, sementara KBT relatif tak terisi. Ini tentu tak menguntungkan. Dengan sodetan, maka akan dibagi dua dan dampaknya tak seperti ini," kata Presiden saat memberikan keterangan pers di pinggir Sungai Ciliwung, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu siang.


Presiden juga akan membantu pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan normalisasi sungai. Jika pembuatan sodetan dilakukan sepenuhnya dari anggaran pemerintah pusat, sumber dana normalisasi sungai sekitar Rp 1,2 triliun dan menjadi tanggung jawab bersama antara pusat dan Pemprov DKI. Pemerintah DKI bertanggung jawab melakukan pendekatan untuk pembebasan lahannya. Presiden berpesan agar pemerintah DKI Jakarta menjamin tak ada masyarakat yang dirugikan dan diharap mendapatkan tempat tinggal yang lebih baik.


"Kami sudah meninjau lapangan, maka pemerintah memandang penting untuk mencari solusi yang lebih strategis, bukan solusi tahunan. Tapi harapan kita, solusi ini dapat mengurangi secara signifikan dampak banjir di Jakarta," ujar Presiden.


















Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Keputusan Presiden Soal Banjir Jakarta

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2013/01/ini-keputusan-presiden-soal-banjir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Keputusan Presiden Soal Banjir Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Keputusan Presiden Soal Banjir Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger