Pedagang Bakso Rela Beli Daging Sisa

Written By Unknown on Friday, November 16, 2012 | 4:23 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Peredaran daging sapi hilang dari pasar tradisional di Jakarta sejak dua hari terakhir. Hal tersebut terjadi setelah para pedagang daging sapi mogok berjualan.

Akibatnya, konsumen pun kebingungan mencari daging sapi. Kondisi itu terjadi di los daging Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pantauan Kompas.com, Jumat (16/11/2012), pedagang tak melakukan aktivitas jual beli. Mereka memilih santai sambil mengobrol dengan pedagang lain.

Namun, tak semua berhenti jualan. Setidaknya ada empat pedagang yang menjual daging stok lama dengan harga yang lama, yakni Rp 85 ribu per kilogram.

Maemunah (51), salah seorang warga Kramat Jati, mengaku kecewa atas hilangnya daging sapi dari pasar tradisional. Sebab, hal itu mengganggu penjualan baksonya sehari-hari di dekat rumahnya.

"Ya, saya bingung kalau enggak ada yang jualan daging. Saya mau buat bakso pakai apaan," ujarnya saat ditemui di los daging Pasar Kramat Jati.

Setelah berkeliling dari satu pasar ke pasar lain, Maemunah terpaksa membeli daging sapi stok lama yang dijual segelintir pedagang. Menurut Maemunah, hal tersebut terpaksa dilakukannya agar tetap bisa berjualan bakso dan dengan begitu asap dapurnya tetap mengepul.

Hal senada juga diungkapkan Abdul Sukur (35), pedagang martabak di daerah Kramat Jati. Meski dalam kondisi daging sapi langka dirinya bisa menggantinya dengan daging ayam, kali ini ia tidak dilakukannya. Sebab, daging ayam kerap tidak sesuai dengan selera pelanggannya.

"Sebenarnya daging sapi bisa diganti daging ayam. Cuma kadang pembeli minta. Makanya ini saya sudah muter-muter pasar dapat di sini, enggak apa apa lah daging sisa," ujarnya pasrah.

Hilangnya daging sapi dari peredaran terjadi akibat para pedagang daging sapi, terutama pengusaha pemotongan hewan di seluruh Jakarta melakukan mogok. Mereka memprotes kenaikan harga daging yang terjadi terus-menerus, disusul kelangkaan pasokan.







Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Pedagang Bakso Rela Beli Daging Sisa

Dengan url

http://householdfinancialproblems.blogspot.com/2012/11/pedagang-bakso-rela-beli-daging-sisa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pedagang Bakso Rela Beli Daging Sisa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pedagang Bakso Rela Beli Daging Sisa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger